TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Tips Mengembangkan Soft Skill di era Digital, Manfaat Teknologi!

Manfaatkan platform online yang tersedia

ilustrasi membawa laptop (pexels.com/Christina Morillo)

Siap atau tidak, kita akan dihadapkan dengan pengembangan teknologi digital yang berkembang pesat. Tanpa disadari, ini membawa perubahan terhadap setiap aspek kehidupan. Tidak terkecuali dengan keterampilan yang dibutuhkan di era modern. Perubahan turut mempengaruhi peluang karier dan kesempatan berkreativitas. Tapi bukan berarti kita memilih pasrah saat dihadapkan dengan laju perubahan tersebut.

Di era modern seperti sekarang, soft skill harus ditingkatkan. Karena ini menjadi pilar utama pendukung kesuksesan. Ketika seseorang memiliki soft skill mumpuni, ia mampu mengaktualisasikan diri secara tepat. Namun, apakah mengembangkan soft skill di era digital seperti sekarang itu susah? Jawabannya tidak. Dengan menerapkan tips yang tepat, kita tetap bisa mengembangkan keterampilan diri secara utuh di tengah perkembangan teknologi yang pesat.

Baca Juga: 8 Life Skill yang Penting Diajarkan pada Anak Sebelum Usia 10 Tahun

1. Bergabung dengan komunitas online

ilustrasi perempuan menghadap laptop (pexels.com/Tranmautritam)

Laju perubahan zaman memang tidak bisa dikendalikan. Perkembangan teknologi digital berlangsung sangat pesat. Tentu ini bukan persoalan sederhana. Apalagi kita sadar perkembangan teknologi digital membawa pengaruh terhadap aspek penting kehidupan. Dihadapkan dengan situasi demikian, kita harus mampu mengembangkan soft skill agar tidak tenggelam oleh teknologi.

Ternyata ada cara yang bisa diterapkan. Tidak ada salahnya mencoba bergabung dengan komunitas-komunitas online. Kita akan berbagi pengalaman dengan orang yang memiliki minat dan kegemaran serupa, termasuk memperoleh umpan balik yang membangun. Ini sangat penting untuk membangun keterampilan yang lebih baik di waktu mendatang.

Baca Juga: 5 Life Skill Perlu Diajarkan Orang Tua pada Anak Remaja

2. Menggunakan teknologi untuk mengasah keterampilan

ilustrasi menulis di laptop (unsplash.com/Daniel Thomas)

Menghadapi era digital memang susah-susah gampang. Mungkin kita akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas teknologi digital. Bahkan ini bisa mempersingkat ruang dan waktu. Tapi di sisi lain, tanpa mengembangkan soft skill secara konsisten tentu akan tertinggal. Bahkan kita tidak bisa bersaing di tengah perkembangan yang pesat.

Tapi dengan tips yang tepat, bukan tidak mungkin untuk mengembangkan soft skill secara menyeluruh. Tentu kita harus mampu menggunakan teknologi untuk mengasah keterampilan. Terdapat banyak aplikasi dan platform yang dirancang untuk membantu mengembangkan soft skill. Jika kita mampu memanfaatkan teknologi secara bijak, soft skill akan terasah dengan optimal.

Verified Writer

Mutia Zahra

Be grateful for everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya