TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Tips Menanam Sayur di Halaman Rumah, Manfaatkan Ruang Kosong

Jangan lupa mempersiapkan sistem rotasi tanaman

ilustrasi menanam sayur (pexels.com/Alfo Medeiros)

Sayur-mayur memang menjadi salah satu sumber pangan menyehatkan. Contohnya seperti sawi, bayam, brokoli, atau sayur-mayur lainnya yang bisa dijumpai di lingkungan sekitar. Daripada membeli, pernahkah kamu kepikiran untuk menanam sayur di halaman rumah?

Apalagi masih memiliki sisa pekarangan yang cukup luas di sekitar rumah. Selain untuk menghemat, kita juga bisa memperoleh sayuran organik. Untuk kamu yang ingin menanam sayur di halaman rumah, ikuti saja tips-tips di bawah ini. 

1. Memilih lokasi yang tepat

ilustrasi menanam sayur (pexels.com/Kampus Production)

Sungguh disayangkan jika kamu membiarkan pekarangan rumah berakhir kosong. Apalagi hanya ditumbuhi rumput-rumput liar. Padahal, pekarangan tersebut bisa dimanfaatkan untuk menanam sayur-mayur.

Jika kamu ingin menanam sayur di halaman rumah, kunci pertama dengan memilih lokasi yang tepat. Pastikan dekat dengan sumber air, namun tidak mudah tergenang. Selain itu, pastikan juga untuk memilih tempat dengan penyinaran matahari yang cukup.

2. Mempersiapkan kesuburan tanah

ilustrasi menanam sayur (pexels.com/Ronaldo Gaion)

Sayur memang dikenal sebagai sumber makanan yang kaya akan gizi. Tidak heran banyak orang gemar mengkonsumsi sayur-mayur. Tapi apakah kamu berencana untuk menanam sayur sendiri di pekarangan rumah? Apalagi dengan memanfaatkan halaman yang kosong dan hanya ditumbuhi rumput liar.

Tips penting yang harus kamu terapkan adalah mempersiapkan kesuburan tanah. Gunakan kompos atau pupuk organik. Contohnya dengan memanfaatkan dedaunan kering, atau jerami. Dengan kondisi tanah yang tepat, sayur-mayur akan tumbuh subur.

3. Memilih jenis sayuran yang sesuai

ilustrasi menanam sayur (pexels.com/Kampus Production)

Barangkali kamu termasuk tipe orang yang gemar merawat tanaman. Tentu ini bisa menjadi pilihan jika memiliki pekarangan rumah yang masih kosong. Selain menanam bunga, tidak ada salahnya menyertakan sayur-mayur.

Tapi terdapat tips yang harus diikuti. Usahakan untuk memilih jenis sayuran yang sesuai, terutama dengan musim dan iklim setempat. Sayur hijau seperti bayam, kangkung, dan sawi cocok ditanam saat musim hujan. Sedangkan tumbuhan cabai, tomat, dan terong cocok dijadikan tanaman pada musim kemarau.

Baca Juga: 5 Tanaman Peneduh yang Cocok untuk Halaman Rumah, Lebih Sejuk

4. Memperhatikan penyemaian dan penanaman

ilustrasi menanam sayur (pexels.com/Binyamin Mellish)

Merawat tanaman memang membutuhkan kesabaran. Tidak terkecuali untuk kamu yang berencana menanam sayur-mayur di halaman rumah. Sayur-mayur tersebut tidak langsung tumbuh subur dan bisa dipanen. Namun harus melalui penyemaian dan penanaman terlebih dahulu.

Memperhatikan penyemaian dan penanaman merupakan tips saat kamu ingin menanam sayur di halaman rumah. Semai bibit di tempat yang terlindung sebelum dipindahkan ke lahan. Pastikan ada cukup ruang antar tanaman untuk pertumbuhan yang optimal.

5. Pemupukan teratur sesuai yang dibutuhkan

ilustrasi menanam sayur (pexels.com/Anna Tarazavich)

Salah satu cara produktif adalah memanfaatkan pekarangan yang masih kosong di sekitar rumah. Daripada ditumbuhi rumput-rumput liar, kita bisa menggunakan untuk menanam berbagai jenis sayur-mayur. Ternyata ini tidak susah asal mampu menerapkan tips yang tepat.

Menanam sayur di halaman rumah, pemupukan harus teratur sesuai yang dibutuhkan. Gunakan pupuk organik atau kompos setiap beberapa minggu sekali. Sesuaikan pemupukan dengan jenis sayur-mayur yang ditanam.

6. Pengendalian hama dan penyakit tanaman

ilustrasi menanam sayur (pexels.com/Anna Tarazavich)

Menanam sayur di halaman rumah bukan perkara mudah. Apalagi di sekitar pekarangan tersebut rawan tumbuh rumput liar. Pengendalian hama dan penyakit tanaman menjadi poin utama yang harus diperhatikan.

Luangkan waktu untuk memeriksa tanaman secara rutin. Dengan cara ini dapat membantu mendeteksi hama dan penyakit sejak awal. Pengendalian hama dan penyakit tanaman yang baik dapat membantu sayur-mayur tumbuh subur.

Verified Writer

Mutia Zahra

Be grateful for everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya