TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Membangun Karakter Diri yang Positif, Disiplin Salah Satunya!

Termasuk bersikap sopan santun di manapun berada

ilustrasi perempuan tersenyum (pexels.com/Tim Mossholder)

Hidup bersosialisasi dengan orang lain, mau tidak mau kita juga harus siap dengan penilaian orang lain terhadap kita. Entah itu penilaian positif maupun negatif, semua tergantung pada dirimu. Tidak terkecuali dengan bagaimana kamu bersikap dan karakter seperti apa yang kamu tampilkan ketika sedang bersosialisasi.

Mengingat akan hal tersebut, sudah seharusnya kita untuk bisa membangun karakter positif yang kuat. Ini penting agar integritasmu tidak dipandang sebelah mata dalam lingkup kehidupan bermasyarakat. Lantas, bagaimana caranya membangun karakter diri yang positif? Berikut penjelasannya di bawah ini.

1. Menjaga tutur kata 

ilustrasi mengobrol (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pernah mendengar mulutmu harimaumu? Sebaris kalimat ini memang benar adanya, lho. Apa yang kita ucapkan bisa menjadi bumerang yang akan melukai diri sendiri. Tidak terkecuali dengan sepatah kata yang terkesan sepele dan sering kita anggap sebagai candaan.

Menjaga tutur kata termasuk salah satu di antara tips yang bisa dilakukan untuk membangun karakter diri positif. Menjadi seseorang yang bisa menjaga tutur kata, kamu akan dihormati dan dipercaya oleh orang-orang di sekitar.

Baca Juga: [QUIZ] Pilih Satu Kata yang Menggambarkan Dirimu untuk Melihat Karakter Pasanganmu

2. Membiasakan disiplin 

ilustrasi wanita karier (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Apa yang pertama kali terlintas di benakmu ketika mendengar kata disiplin? Apakah perilaku menaati aturan atau menghargai waktu? Semua itu benar, kok. Keduanya merupakan cerminan dari sikap disiplin yang sudah seharusnya kita terapkan.

Membiasakan diri menjadi sosok disiplin merupakan salah satu tips yang bisa diterapkan untuk membangun karakter positif dalam diri. Orang-orang akan respek dan menilaimu sebagai sosok yang berintegritas tinggi. Baik itu orang-orang di lingkungan sekitar rumah maupun dalam lingkup dunia kerja.

3. Menghargai antar sesama 

ilustrasi berkumpul teman (pexels.com/Kampus Production)

Bersosialisasi dengan orang lain, tentu kita akan bertemu beragam orang dengan ciri khasnya masing-masing. Perbedaan dari segi pendapat, pola pikir, dan juga prinsip sudah pasti akan mewarnai. Sikap mau menghargai sesama sangat diperlukan.

Meskipun sudah berulang kali disampaikan, tapi rupa-rupanya ini menjadi salah satu hal yang bisa membangun karakter positif dalam diri. Ketika memiliki sikap mau menghargai antar sesama, orang-orang sekitar akan semakin respek dan menaruh hormat kepadamu.

4. Memiliki prinsip yang kuat 

ilustrasi perempuan menyangga dagu (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Prinsip biasanya ditanamkan pada diri masing-masing orang sejak usia dini. Jika diibaratkan, keberadaan prinsip ini seperti sebuah tali pegangan kuat yang membuat kita tidak mudah tergelincir apalagi sampai terjerumus ke dalam hal-hal yang merugikan.

Menanamkan prinsip yang kuat termasuk salah satu di antara tips yang perlu diterapkan, lho untuk membangun karakter diri yang positif. Menjadi seseorang yang berprinsip kuat, kamu tidak mudah terbawa dalam arus pergaulan yang menjerumuskan.

Baca Juga: 6 Cara Efektif Memahami Karakter Diri Sendiri, Simak Baik-Baik!

Verified Writer

Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya