TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Fokus Pada Keahlian dan Kekuatan, Jangan Minder!

Fokus pada pengembangan yang berkelanjutan

ilustrasi percaya diri (pixabay.com/RobinHiggins)

Kehidupan ini sesungguhnya memberi kita kesempatan yang adil. Tidak hanya memiliki sisi kelemahan. Tapi sebagai manusia kita juga dibekali dengan berbagai macam hal yang menjadi sisi keunggulan. Hanya saja, semua kembali lagi pada tekad dan kemauan diri sendiri.

Apakah kita mampu menjadi orang yang fokus pada keahlian dan kekuatan, atau malah menjadi orang yang minder? Semuanya memiliki konsekuensi masing-masing yang harus ditanggung. Jika kamu ingin fokus pada keahlian dan kekuatan diri, perhatikan deretan tips berikut.

1. Tentukan prioritas berdasarkan kekuatan

ilustrasi membuat to do list (pexels.com/RDNE Stock Project)

Kehidupan yang kita jalani pada faktanya tidak bisa dilepaskan dari prioritas. Diantara berbagai macam tuntutan atau kepentingan, kita harus menyaring kembali. Tentukan mana yang benar-benar penting dan harus diutamakan. Dan mana yang tidak terlalu penting dan masih bisa di nomorduakan.

Ternyata ini menjadi salah satu tips berfokus pada keahlian dan kekuatan. Kita harus menentukan prioritas berdasarkan kekuatan. Jangan ragu mendelegasikan atau mengurangi tugas yang sekiranya di luar kapasitas diri. Ini tidak hanya meningkatkan produktivitas tetapi juga memberikan motivasi lebih besar.

2. Memberi ruang untuk mengembangkan bakat dan potensi diri

ilustrasi sosok percaya diri (pexels.com/RDNE Stock Project)

Keahlian dan kekuatan merupakan salah satu aspek yang pasti ada terdapat dalam diri setiap individu. Hal ini berkaitan erat dengan bakat dan potensi diri. Tapi ada kalanya sebagai manusia kita memilih berpangku tangan. Kemudian merasa terpuruk saat sadar tertinggal dengan yang lain.

Mengapa kita tidak mencoba fokus pada keahlian dan kekuatan? Salah satunya memberi ruang untuk mengembangkan bakat dan potensi diri. Cari tahu kembali apa yang memang menjadi minat dan sisi keunggulan. Bakat dan potensi diri yang terasah dengan baik dapat menjadi pilar pendukung kesuksesan.

Baca Juga: 5 Cara Memiliki Keahlian untuk Berdiskusi yang Menyenangkan

3. Berfokus pada pengembangan berkelanjutan

ilustrasi sosok optimis (pexels.com/Kampus Production)

Sampai kapan kita mau mengesampingkan sisi keahlian dan kekuatan? Seolah tidak menyadari keunggulan yang sudah tertanam dalam diri. Padahal fokus pada keahlian dan kekuatan merupakan faktor penting pendukung kesuksesan.

Semoga dengan adanya tips ini bisa membantu. Dalam hal ini, kita perlu berfokus pada pengembangan berkelanjutan. Keterampilan harus diasah secara konsisten dan terstruktur. Dengan pengembangan berkelanjutan, sisi keahlian dan kekuatan akan terasah dengan optimal.

4. Mencari proyek yang selaras dengan keterampilan

ilustrasi sosok kreatif (pexels.com/Gustavo Fring)

Kita seringkali dihadapkan dengan banyaknya tuntutan atau proyek. Mengambil seluruh tantangan tersebut tentu hal yang mustahil. Alih-alih meraih hasil yang optimal, kita justru kelelahan dan kehilangan fokus. Dalam hal ini, perlu mencari proyek yang selaras dengan keterampilan.

Langkah tersebut juga menjadi salah satu tips fokus pada keahlian dan kekuatan. Mencari proyek yang selaras dengan keterampilan sekaligus ajang mengasah kualitas diri. Kita dapat mengaktualisasikan bakat dan kemampuan yang dimiliki melalui aksi nyata.

Verified Writer

Mutia Zahra

Be grateful for everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya