TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Tips Ciptakan Gaya Hidup Sederhana yang Mendukung Kesehatan Mental

Menjalani gaya hidup sederhana tanpa merasa terbebani

ilustrasi sosok sederhana (pexels.com/Tommy Huang)

Memiliki gaya hidup sederhana bukan berarti tidak mampu. Konsep berpikir ini yang harus kita tanamkan dalam diri. Memiliki gaya hidup yang sederhana, justru mendukung kesejahteraan mental dalam jangka panjang. Kita tidak merasa tertekan dengan pola hidup yang dijalani.

Setiap orang berkesempatan menciptakan gaya hidup sederhana yang mendukung kesehatan mental. Tentu kita harus mendidik diri agar mampu menerapkan pola hidup demikian ini. Baik dari segi keuangan, cara dalam menyikapi informasi, sampai dengan fokus pada momen yang dijalani saat ini. Semoga tujuh tips berikut bisa membantu.

Baca Juga: 5 Kiat Jaga Kesehatan saat Wisata Kuliner, Harus Selektif!

1. Mengurangi barang-barang yang tidak diperlukan

ilustrasi menata kotak (pexels.com/SHVETS Production)

Memiliki gaya hidup sederhana tidak selalu buruk. Justru Ini yang berpengaruh besar terhadap kenyamanan sekaligus ketenangan. Dengan memiliki gaya hidup sederhana, seseorang tidak akan tertekan dengan tuntutan di luar batas kemampuan.

Tentu kita harus mengetahui tips menciptakan gaya hidup sederhana yang mendukung kesehatan mental. Di antaranya dengan mengurangi barang-barang yang tidak diperlukan. Lakukan penyortiran barang secara berkala dan sumbangkan atau jual barang yang tidak terpakai.

2. Lebih berfokus pada kualitas daripada kuantitas

ilustrasi perempuan bahagia (pexels.com/Matthias Cooper)

Tanpa sadar dalam menjalani hidup kita kerap mengedepankan kuantitas daripada kualitas. Contohnya memburu barang-barang dengan harga yang fantastis hanya untuk mengikuti tren. Seolah lupa jika suatu barang yang paling diperlukan adalah fungsinya. Ini berkaitan erat dengan upaya menciptakan kehidupan sederhana yang mendukung kesehatan mental.

Sudah saatnya kita lebih berfokus pada kualitas daripada kuantitas. Alih-alih mengejar barang dengan harga fantastis, lebih baik berfokus pada fungsi yang diperoleh. Dalam beberapa situasi, harga fantastis hanya berkaitan dengan tren. Namun kualitasnya tidak jauh berbeda dengan harga yang terjangkau.

3. Menyikapi arus informasi dengan bijaksana

ilustrasi scrolling handphone (pexels.com/Cottonbro studio)

Informasi di era sekarang memang mengalir deras. Apalagi dengan adanya pengaruh teknologi digital yang berkembang pesat. Tapi tidak semua informasi terjamin kebenarannya. Beberapa di antaranya justru arus informasi yang bersifat menjerumuskan.

Dalam rangka menciptakan gaya hidup mewah yang mendukung kesejahteraan mental, kita harus bijak menyikapi arus informasi. Prioritaskan konten yang memberikan nilai positif dan bermanfaat bagi kesejahteraan. Jangan pernah mengambil keputusan hanya untuk mengikuti tren yang sedang viral.

4. Berfokus pada pengalaman, bukan benda

ilustrasi merasa bahagia (pexels.com/Radu Florin)

Kesehatan mental seharusnya menjadi prioritas utama. Ketika mental terjaga dengan baik, kita dapat mengerahkan konsentrasi secara penuh dalam menjalani kehidupan. Di sinilah pentingnya mengetahui cara menciptakan gaya hidup sederhana yang mampu mendukung kesejahteraan mental.

Salah satunya berfokus pada pengalaman, bukan benda. Alihkan perhatian dari membeli barang ke mencari pengalaman. Perlu digarisbawahi, pengalaman cenderung memberikan kebahagiaan jangka panjang karena lebih bermakna dan menciptakan kenangan.

Baca Juga: 5 Alasan Menangis Penting bagi Kesehatan Mental, Mood Jadi Baik

5. Menetapkan kembali prioritas secara terperinci

ilustrasi susunan prioritas (pexels.com/Karolina Kaboompics)

Menjalani hidup emang tidak bisa asal-asalan. Kita harus mampu mengenali prioritas secara detail dan teliti. Prioritas berkaitan dengan urusan atau hal-hal yang bersifat penting dan harus diutamakan. Jika prioritas terbengkalai, keteraturan hidup pasti terganggu.

Oleh sebab itu, kita perlu menetapkan kembali prioritas secara terperinci. Ini merupakan upaya menciptakan gaya hidup sederhana yang mendukung kesehatan mental. Fokus pada hal-hal yang benar-benar penting, seperti hubungan, kesehatan, dan pencapaian tujuan pribadi yang bermakna.

6. Berusaha mempraktikkan kehidupan yang mindfullness

ilustrasi perempuan tersenyum (pexels.com/Gabriela Cheloni)

Harus diakui bahwa gaya hidup sederhana kerap dipandang sebelah mata. Tidak jarang dianggap sebagai simbol kehidupan dengan kemampuan finansial rendah. Padahal anggapan ini tidak selalu benar. Justru gaya hidup sederhana mampu mendukung kesehatan mental.

Bagaimana cara kita menciptakan gaya hidup tersebut? Diantaranya dengan mempraktikkan kehidupan yang mindfullness. Gaya hidup sederhana seringkali berkaitan dengan kehadiran penuh dalam momen. Praktikkan mindfulness untuk lebih fokus pada apa yang sedang terjadi saat ini, sehingga pikiran tidak terlalu terbebani dengan hal-hal yang tidak perlu.

Verified Writer

Mutia Zahra

Be grateful for everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya