TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal yang Bikin Seseorang Terobsesi dengan Gaya Hidup Orang Lain

Mereka memiliki kecenderungan membandingkan diri

ilustrasi merasa iri (pexels.com/ArtHouse Studio)

Gaya hidup antara satu orang dengan yang lainnya tidak bisa disamakan. Ini kembali lagi pada selera maupun kemampuan finansial. Tapi yang menjadi masalah, tidak semua orang menikmati alur kehidupan yang dijalani. Alih-alih bersyukur, mereka justru terobsesi dengan gaya hidup orang lain.

Contohnya mendambakan gaya hidup yang terlihat bergelimang kemewahan. Tidak jarang terobsesi mengikuti orang lain agar terlihat memiliki kehidupan serba glamour. Tentu ada beberapa hal yang membuat seseorang terobsesi dengan gaya hidup orang lain. Apa saja itu?

1. Pengaruh tren media sosial yang berkembang pesat

Pixabay.com/Eric_Lucatero

Pernahkah kamu mengamati lingkungan sekitar secara detail? Bisa dipastikan menemukan fakta menarik di baliknya. Terutama mengenai gaya hidup orang yang bernama macam-macam. Bahkan individu satu dengan yang lainnya sudah memiliki gaya hidup berbeda.

Namun demikian, ternyata ada tipe orang yang justru terobsesi dengan gaya hidup orang lain. Mereka bersikap demikian karena pengaruh tren media sosial yang berkembang pesat. Dengan mengikuti gaya hidup orang lain, ia merasa bangga karena tidak ketinggalan tren yang saat ini dijadikan patokan

Baca Juga: 5 Cara Bijak Menghadapi Tetangga yang Suka Mengganggu, Didiamkan?

2. Kecenderungan untuk membandingkan diri

ilustrasi membandingkan diri (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Adakalanya manusia tidak bisa bersyukur atas kehidupan yang sudah dijalani. Alih-alih berfokus untuk meningkatkan kualitas, justru sibuk melihat kehidupan orang lain. Kemudian terobsesi memiliki gaya hidup sedemikian rupa. Tentu ada alasan mengapa seseorang terobsesi dengan gaya hidup orang lain.

Karena mereka memiliki kecenderungan untuk membandingkan diri. Manusia secara alami cenderung membandingkan diri dengan orang lain. Saat melihat orang lain yang tampak lebih sukses, kaya, atau bahagia, seseorang bisa menjadi terobsesi untuk memiliki kehidupan yang sama atau lebih baik.

3. Tuntutan memperoleh validasi sosial

ilustrasi mencari validasi (pexels.com/SHVETS Production)

Sebenarnya gaya hidup antara satu orang dengan yang lainnya sudah pasti berbeda. Karena setiap individu memiliki perspektif maupun selera masing-masing. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan ada seseorang yang terobsesi dengan gaya hidup orang lain secara berlebihan.

Ini terjadi karena adanya tuntutan memperoleh validasi sosial. Dalam banyak kasus, obsesi ini bisa terkait dengan keinginan untuk mendapatkan pengakuan dari orang lain. Mengikuti gaya hidup orang yang populer atau berstatus tinggi bisa menjadi cara untuk mendapatkan validasi dari lingkungan sosial.

4. Persepsi terhadap kesuksesan atau kebahagiaan

ilustrasi hidup mewah (pexels.com/RDNE Stock Project)

Seberapa sering kamu terobsesi dengan gaya hidup orang lain? Atau malah memaksa diri untuk memiliki gaya hidup sebagaimana mereka? Tentu ada fakta yang menarik untuk diketahui. Terutama mengenai penyebab seseorang terobsesi dengan gaya hidup yang diterapkan oleh orang lain.

Diantara penyebabnya mereka memiliki persepsi terhadap kesuksesan atau kebahagiaan. Terdapat anggapan bahwa gaya hidup tertentu adalah tanda kesuksesan dan kebahagiaan. Seseorang mungkin berpikir bahwa meniru gaya hidup selebriti atau tokoh terkenal akan membawa mereka pada kebahagiaan yang sama.

Verified Writer

Mutia Zahra

Be grateful for everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya