TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Sikap Perlu Diasah Agar Mampu Mencari Solusi Secara Efektif

Sudahkah kamu memiliki keterampilan berkomunikasi?

ilustrasi fokus bekerja (pexels.com/Mikhail Nilov)

Mencari solusi harus dilakukan secara efektif dan efisien. Jangan sampai membuang banyak waktu dan sumber daya. Karena ini bisa masuk kategori pemborosan, dan membuat keadaan jadi lebih buruk dari sebelumnya.

Agar mampu mencari solusi secara efektif dan efisien, turut melibatkan beberapa sikap. Baik dari segi pengendalian emosi, kemampuan berpikir, sekaligus relasi dengan orang-orang sekitar. Paling tidak, kamu harus mengasah enam sikap agar memiliki keterampilan pemecahan masalah yang baik.

1. Kemampuan berpikir kritis

ilustrasi fokus bekerja (pexels.com/diva Plavalaguna)

Kemampuan mencari solusi secara efektif  berkaitan erat dengan kemampuan berpikir kritis. Tipe orang dengan keterampilan seperti ini mampu mempertimbangkan tiap risiko dengan matang. Mereka tidak akan mengambil langkah yang bisa membahayakan diri sendiri maupun orang lain.

Sebagaimana yang kita tahu, orang-orang dengan kemampuan berpikir kritis tidak mengambil tindakan nekat. Mereka selalu mengidentifikasi dan menganalisis informasi secara objektif dan rasional. Pengambilan keputusan berdasarkan pemikiran logis dan tahu betul kemungkinan yang akan dihadapi.

2. Keterampilan berkomunikasi dengan orang-orang sekitar

ilustrasi berdiskusi (pexels.com/Edmond dantes)

Manusia selalu berkomunikasi dengan masyarakat sekitar. Kodratnya sebagai makhluk sosial tidak dapat dihindari. Komunikasi ini tidak hanya menyangkut obrolan biasa. Seringkali terlibat diskusi penting untuk mencari pemecahan atas suatu persoalan.

Mencari solusi secara efektif dan efisien juga diperlukan sikap khusus. Seseorang diharuskan memiliki keterampilan berkomunikasi dengan orang-orang sekitar. Ia bisa menyampaikan maksud dan tujuannya secara jelas dan mudah dipahami. Cara berkomunikasi yang baik meminimalisir kesalahpahaman.

Baca Juga: 5 Sikap Autentik yang Bikin Kamu Dikagumi Banyak Orang 

3. Kedisiplinan yang tinggi

ilustrasi sosok disiplin (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Kedisiplinan sering dipandang sebelah mata. Beberapa orang cenderung malas jika harus belajar menjadi manusia disiplin. Mereka tidak mau tahu jika kedisiplinan juga mempengaruhi banyak aspek penting dalam hidup. Tidak terkecuali dengan upaya mencari solusi.

Wajib bagi kita untuk mengasah kedisiplinan agar terlatih dengan baik. Ketika seseorang terbiasa disiplin, ia bisa menempatkan dirinya secara tepat. Sosok disiplin sangat menjunjung tinggi konsistensi. Ia tidak setengah-setengah dalam menunjukkan kinerjanya, apalagi terkait upaya mengambil keputusan.

4. Kesabaran dalam menghadapi tantangan

ilustrasi sosok disiplin (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tantangan tidak bisa dihadapi dengan sikap gegabah. Apalagi mengambil keputusan secara terburu-buru. Tindakan seperti ini justru memperburuk situasi. Alih-alih menemukan solusi yang tepat, justru mendatangkan sejumlah persoalan baru.

Mari tanamkan kesabaran dalam menghadapi tantangan. Sikap positif ini perlu diasah agar mampu mencari solusi secara efektif dan efisien. Mereka yang sabar tidak akan bertindak nekat, apalagi mengambil keputusan tanpa perencanaan. Ia mempertimbangkan dengan matang dan mengambil solusi di saat yang tepat.

5. Keuletan dalam berusaha

ilustrasi pekerja kantor (pexels.com/Cedric Fauntleroy)

Upaya memecahkan masalah tidak bisa dilakukan dalam satu waktu. Terkadang, harus dilakukan secara bertahap. Kebanyakan orang tidak telaten jika harus memecahkan masalah dengan cara seperti ini. Baru setengah jalan sudah menyerah dan menganggap itu sebagai jalan buntu.

Padahal, mencari solusi atas suatu persoalan harus efektif dan efisien. Ternyata kuncinya ada pada keuletan dalam berusaha. Saat sifat ulet diasah, bisa tumbuh menjadi individu yang konsisten dan pantang menyerah. Kamu mampu menjaga konsentrasi dalam jangka panjang sehingga solusi bisa diterapkan secara maksimal.

Baca Juga: 5 Sikap Bijak untuk Hidup Tenang di Usia Sekarang

Verified Writer

Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya