TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Sikap yang Bikin Orang Nyaman Berada di Dekatmu, Jarang Berkonflik!

Kamu paham cara membawa diri di lingkungan sosial 

ilustrasi pertemanan (unsplash.com/Austin Blanchard)

Pernahkah kamu melihat sosok yang disukai banyak orang? Banyak yang betah berlama-lama mengobrol dengannya. Ia juga selalu mendapat tempat berkesan di lingkungan sosial, bahkan hampir tidak pernah berkonflik dengan siapa pun.

Tentunya ini dipengaruhi sikap dan pembawaan diri, sehingga seseorang tersebut nyaman berada di dekatmu. Masyarakat pun bisa menerimamu dengan baik di lingkungan pergaulan. Untuk menjadi sosok seperti itu, kamu bisa menanamkan lima sikap berikut dalam dirimu.

1. Tahu cara menempatkan diri baik dengan yang tua maupun muda 

ilustrasi berbicara dengan orang tua (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mungkin kita bisa berinteraksi dengan siapa pun di lingkungan sosial. Namun, apakah kamu sudah menjamin mereka nyaman berada di dekatmu? Bisa jadi seseorang merasa tertekan dan berusaha menghindar, agar gak berkomunikasi denganmu.

Inilah pentingnya menanamkan sikap yang baik. Salah satu yang bikin orang nyaman berada di dekatmu adalah cara menempatkan diri. Jadilah sosok yang bisa menghormati orang yang lebih tua, sekaligus mampu mengayomi mereka yang lebih muda.

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Menjaga Hubungan dengan Teman-teman Pasangan

2. Selalu mendengarkan pendapat seseorang sampai akhir 

ilustrasi berdiskusi (pexels.com/Fauxels)

Berpendapat adalah hak semua orang, kamu tidak bisa memotongnya di tengah jalan. Pendapat yang muncul bisa jadi sejalan dengan kehendakmu. Namun, tidak jarang juga bertentangan dengan pemikiranmu.

Selalu mendengarkan pendapat seseorang sampai akhir mungkin terlihat sederhana. Namun, pembawaan seperti ini membuat mereka merasa diapresiasi. Orang-orang nyaman berada di dekatmu, karena tahu dirinya dan jalan pemikirannya dihargai.

3. Tidak menyudutkan seseorang karena suatu kekurangan 

ilustrasi berdiskusi (pexels.com/Ivan Samkov)

Setiap orang tentunya tidak luput dari kekurangan, tapi kita sering lupa akan hal tersebut. Kamu dengan mudahnya menyudutkan orang lain atas kekurangan. Seolah tidak memberinya kesempatan memperbaiki diri.

Padahal ini kunci penting bergaul di lingkungan masyarakat. Tidak mudah menyudutkan seseorang merupakan sikap yang bikin mereka nyaman di dekatmu. Orang-orang merasa dirinya diterima dan diperlakukan dengan baik oleh lingkungan.

4. Tidak menjadikan perbedaan sebagai perselisihan 

ilustrasi saling menghargai sesama (pexels.com/Gustavo Fring)

Sebagai makhluk sosial tentunya kita tidak bisa berdiri sendiri. Selalu ada interaksi dengan orang lain. Walaupun menyangkut hal sepele sekalipun, tentunya kamu harus memiliki sikap yang membuat mereka nyaman berada di dekatmu.

Apa itu? Salah satunya tidak menjadikan perbedaan sebagai perselisihan. Jangan pernah membuat seseorang tersisih, karena merasa dirinya minoritas. Perbedaan bukan suatu hal yang harus diperdebatkan, tapi diterima dengan kelapangan hati sebagai bagian dari keberagaman.

Baca Juga: 5 Tips Menghadapi Teman yang Sedang Bad Mood agar Tidak Ikut Emosi

Verified Writer

Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya