TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Alasan Seseorang Suka Wisata Sejarah, Banyak Fakta Menarik!

Terdapat pengalaman edukatif di dalamnya

ilustrasi wisata bersejarah (pexels.com/Murat Sahin)

Berwisata merupakan salah satu cara untuk mengisi waktu luang sekaligus memulihkan energi yang sempat terkuras karena kelelahan. Jika memilih tempat wisata yang hendak dikunjungi, sebagian besar orang cenderung memilih taman atau pemandangan alam. 

Nah, pilihan tersebut bukanlah keseluruhan, lho! Ada beberapa di antara penikmat wisata yang lebih suka liburan di tempat bersejarah. Contohnya berwisata ke bangunan kuno yang memiliki sejarah tertentu. Lantas, mengapa seseorang suka wisata sejarah, ya? Barangkali enam hal ini jadi alasannya.

1. Memang memiliki minat pada sejarah dan budaya

ilustrasi wisata bersejarah (pexels.com/SHVETS Production)

Seringkali kita dibuat heran dengan seseorang yang lebih gemar berwisata sejarah, contohnya seperti mengunjungi bangunan cagar budaya. Padahal ada banyak tempat wisata alam dengan pemandangan estetik.

Orang-orang tersebut memiliki alasan tersendiri mengapa mereka gemar berwisata sejarah. Diantaranya memang memiliki minat pada sejarah dan budaya. Mereka menikmati belajar tentang peristiwa di masa lalu, memahami karakter tokoh-tokoh berjasa, dan bagaimana peristiwa tersebut membentuk dunia saat ini.

Baca Juga: 5 Cara Atasi Mental Breakdown saat Didesak Target yang Menumpuk

2. Terdapat pengalaman edukatif di dalamnya

ilustrasi wisata bersejarah (pexels.com/Ufuk Avcuoglu)

Pasti kamu sudah tidak asing dengan orang yang gemar berwisata alam, contohnya mengunjungi pantai yang masih asri atau mereka berwisata alam dengan menikmati pemandangan pegunungan. Di sisi lain, ternyata juga ada tipe orang yang gemar berwisata sejarah.

Hal ini tidak terlepas dari berbagai alasan yang menyertai. Dengan berwisata sejarah, seseorang dapat memetik pengalaman edukatif di dalamnya. Ini memberikan pemahaman yang lebih baik daripada hanya membaca buku atau menonton dokumenter.

3. Tempat bersejarah memiliki koneksi emosional

ilustrasi wisata bersejarah (pexels.com/BECCA Siegel)

Apakah kamu termasuk tipe orang yang gemar berwisata sejarah? Seperti mengunjungi bangunan-bangunan kuno atau tempat ibadah yang sudah berdiri selama beberapa abad. Seseorang gemar berwisata sejarah ke tempat-tempat tersebut punya beberapa alasan.

Salah satunya koneksi emosional yang kuat. Banyak orang merasa terhubung secara emosional dengan tempat-tempat bersejarah. Mungkin mereka memiliki leluhur atau keluarga yang terkait dengan peristiwa atau lokasi tertentu, sehingga mengunjungi tempat tersebut memberikan rasa kedekatan dan pemahaman yang lebih dalam.

4. Apresiasi pada seni dan arsitektur

ilustrasi wisata bersejarah (pexels.com/Haley Black)

Tidak semua orang memilih waktu luang untuk bersantai di rumah, beberapa diantaranya gemar berwisata. Bukan untuk mengunjungi pemandangan alam atau taman kota, melainkan wisata yang dimaksud adalah mengunjungi tempat-tempat bersejarah.

Tipe orang seperti mereka sangat mengagumi seni dan arsitektur. Sebagaimana yang kita tahu, tempat bersejarah memiliki desain dan corak yang khas. Seperti ukiran dari kayu jati, pilar yang bertahan selama beberapa abad, atau perpaduan akulturasi budaya yang mengagumkan.

Verified Writer

Mutia Zahra

Be grateful for everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya