TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pesan Kehidupan Sosial dari Momen Lebaran, Ajarkan Solidaritas

Kita juga diajarkan untuk hidup penuh keharmonisan

ilustrasi perempuan berhijab (pexels.com/PNW Production)

Libur Lebaran sudah berlalu, tapi tidak dengan kenangan yang tertinggal. Momentum Lebaran bukan sekadar ajang kumpul keluarga atau duduk bersama menikmati opor ayam dan ketupat.

Tentunya ada pesan penting tentang kehidupan sosial yang harus diresapi, mulai dari sikap saling menghargai antar sesama ataupun solidaritas tanpa batas. Lima pesan kehidupan sosial ini terselip di balik semaraknya momen Lebaran.

1. Lebaran mengajarkan tentang kehidupan sosial yang harmonis 

ilustrasi perempuan berhijab (pexels.com/PNW Production)

Lingkungan sosial yang harmonis pastinya dambaan semua orang. Tidak ada sikap saling mencela sana-sini. Semua hidup rukun dengan ekspresi keramahan dan ketenangan.

Inilah pesan sosial yang disampaikan momen Lebaran. Harusnya kita bisa menjaga kehidupan sosial agar tetap harmonis, tidak hanya saat Lebaran. Dengan adanya sikap saling memaafkan, kehidupan sosial terasa rukun dan menenangkan.

Baca Juga: 5 Cara agar Kembali Produktif Setelah Libur Lebaran

2. Kita harus memiliki prinsip solidaritas tanpa batas 

ilustrasi perempuan berhijab (pexels.com/RODNAE Productions)

Kita boleh saja memiliki prinsip mandiri, tapi bukan berarti menarik diri dari lingkungan sekitar. Kita tercipta sebagai makhluk sosial, sudah seharusnya memiliki sikap solidaritas satu sama lain.

Solidaritas tanpa batas termasuk pesan penting yang disampaikan momentum Lebaran. Bukan sekadar makan bersama menikmati ketupat dan opar ayam, tapi Lebaran jadi momen untuk menjalin tali persaudaraan juga keakraban.

3. Lebaran juga mengingatkan kita tentang perilaku menghargai antar sesama 

ilustrasi perempuan berhijab (pexels.com/Thirdman)

Aktivitas yang tidak boleh dilewatkan saat Lebaran adalah kumpul bersama keluarga besar. Sayangnya, tidak semua orang dikaruniai jatah rezeki yang sama. Sebab, antar individu memiliki keberuntungan masing-masing.

Lebaran juga mengingatkan kita tentang perilaku menghargai antar sesama. Kita harus bisa berlapang hati menghargai perbedaan. Jangan membandingkan kehidupan satu sama lain, apalagi sampai merendahkan sosok yang dianggap kurang mampu.

4. Lebaran mengingatkan bahwa kita hidup tidak hanya sendiri 

ilustrasi perempuan berhijab (pexels.com/Alena Darmel)

Ada banyak momen berharga saat Lebaran, mulai dari reuni keluarga maupun pertemuan dengan teman. Hal yang paling penting adalah momentum Lebaran juga memiliki pesan mendalam tentang kehidupan sosial.

Kita diingatkan bahwa hidup tidak hanya sendiri, tapi juga dikelilingi orang lain. Sudah seharusnya kita bisa menempatkan diri dengan baik di tengah lingkungan masyarakat, bukan malah apatis ataupun individualis.

Baca Juga: 5 Kesalahan Mengelola Uang yang Kerap Terjadi Pasca Lebaran

Verified Writer

Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya