TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Pentingnya Menghindari Pertemanan yang Memiliki Prinsip Hidup Hedon

Jangan sampai terjebak dalam lingkungan hedon ya

ilustrasi gaya hidup hedon (pexels.com/Denys Gromov)

Boleh saja kita memilih circle pertemanan sesuai dengan kecocokan. Kamu bisa menemukan lingkungan pergaulan yang nyaman dan menjadi support system.

Tapi jika tidak selektif, tidak menutup kemungkinan justru terjebak lingkungan pergaulan yang didominasi orang-orang hedon. Mereka ini gemar menghamburkan uang untuk berfoya-foya, terutama menuruti tren dan tuntutan gengsi sesaat.

Lingkup pertemanan seperti ini yang harus dijauhi. Kurang lebih ada tujuh alasan yang menjadi penjelasan mengapa kamu harus menghindar dari circle pertemanan yang memiliki prinsip hidup hedon.

1. Kamu akan terjebak pada perilaku konsumtif

ilustrasi gaya hidup hedon (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Menjalani gaya hidup hedon memang menjadi tren bagi sebagian generasi muda. Mereka rela menghabiskan berapapun uang untuk hal-hal yang tidak diperlukan. Menjadi tantangan tersendiri saat kamu berada di tengah orang-orang yang memiliki circle pertemanan hedon.

Lingkup pertemanan demikian ini yang harus dihindari. Kamu bisa saja terjebak pada perilaku konsumtif jika tetap bertahan di dalamnya. Bagi mereka, gaya hidup hedon sudah menjadi kebiasaan sehari-hari. Jika tidak memiliki pendirian yang kuat, tentu kamu akan terseret pengaruh tersebut.

2. Ketenangan hidup akan terganggu

ilustrasi merasa tertekan (pexels.com/David Garrison)

Kehidupan yang bahagia pastinya disertai dengan ketenangan. Kamu tidak pernah merasa tertekan juga terburu-buru. Kehidupan bisa dijalani dengan bebas dan nyaman. Tapi apa jadinya saat terjebak gaya hidup hedon? Kenyamanan hidup perlahan tersingkir dengan kebiasaan berfoya-foya.

Pastinya kamu tidak ingin merasakan kehidupan yang seperti ini. Tentu saja menjadi penjelasan mengapa harus menghindari circle pertemanan yang memiliki kebiasaan hedon. Timbul perasaan minder dan pesimis jika tidak bisa mengikuti gaya hidup sebagaimana mereka.

3. Tumbuh menjadi orang yang tidak bisa membedakan prioritas

ilustrasi gaya hidup hedon (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kunci utama agar kehidupan tidak banyak masalah harus mampu membedakan prioritas. Mulai dari yang penting dan harus terpenuhi, sampai yang tidak penting dan tidak harus dipenuhi dalam waktu sekarang. Saat kamu tidak bisa membedakan prioritas, kehidupan yang dijalani berakhir kekacauan.

Di sinilah alasan mengapa kamu harus menghindari circle pertemanan orang-orang hedon. Berada di tengah-tengah mereka, kamu bisa tumbuh menjadi orang yang tidak bisa membedakan prioritas. Karena prinsip utama mereka yang memiliki gaya hidup hedon adalah kesenangan sesaat.

Baca Juga: 5 Tips Hadapi Teman yang Gemar Ngajak Hedon, Bikin Kantong Jebol!

4. Circle pertemanan hedon bisa mengganggu kestabilan finansial

ilustrasi gaya hidup hedon (pexels.com/Robert Bogdan)

Kamu bisa saja dikelilingi lingkup pertemanan dengan gaya hidup hedon. Berfoya-foya dan kesenangan sesaat menjadi prinsip utama. Tapi apakah bertahan di tengah lingkup pertemanan demikian merupakan pilihan yang tepat?

Tentu menjadi hal yang harus dipertimbangkan ulang. Perlu diketahui, lingkup pertemanan hedon bisa saja mengganggu kestabilan finansial. Karena terpengaruh oleh mereka, kamu larut dalam kebiasaan boros sampai pengeluaran melebihi batas pemasukan.

5. Mengurangi esensi kehidupan yang bermakna

ilustrasi gaya hidup hedon (pexels.com/Cottonbro studio)

Tanpa sadar, kamu memilih bertahan di tengah lingkup pertemanan yang memiliki gaya hidup hedon. Kesenangan sesaat dijadikan tujuan dalam menjalani kehidupan. Tanpa disadari, lingkup pertemanan seperti ini yang seharusnya dihindari.

Berada di tengah orang yang memiliki gaya hidup hedon bisa mengurangi esensi kehidupan. Tujuan utamanya hanya untuk memenuhi kesenangan sesaat. Kamu tidak benar-benar merasakan kebahagiaan dalam jangka panjang. Apalagi memperoleh support system yang sesungguhnya.

6. Kamu tidak benar-benar menemukan arti pertemanan di dalamnya

ilustrasi gaya hidup hedon (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Jika membahas pertemanan, pastinya berkaitan dengan orang yang mampu menjadi support system. Seorang teman juga diharapkan bisa membawa pengaruh yang lebih baik. Tapi bergaul di lingkungan sosial ternyata tidak sesederhana itu.

Penjelasan tersebut menjadi alasan mengapa kamu harus menghindari circle pertemanan hedon. Kamu tidak akan menemukan arti pertemanan di dalamnya. Karena orang-orang yang memiliki gaya hidup hedon hanya mementingkan kesenangan sendiri. Mereka tidak benar-benar memiliki jiwa sosial.

Verified Writer

Mutia Zahra

Be grateful for everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya