TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Alasan Tidak Merendahkan Orang Lain Hanya karena Finansial

Kondisi keuangan bisa berubah sepanjang waktu

ilustrasi memegang uang (pexels.com/Oleksandr P)

Kondisi finansial memang menjadi aspek penting dalam menjalani hidup. Ketika seseorang memiliki kondisi keuangan yang baik, tentu berpeluang memperoleh kehidupan berkualitas. Ketika kondisi finansial mengalami penurunan, maka kualitas hidup juga akan mengikuti sedemikian rupa. Jika kita membahas tentang kondisi finansial, antara satu orang dengan yang lainnya tentu memiliki kondisi berbeda.

Meskipun menjadi bagian penting dalam hidup, tapi bukan satu hal untuk dibanggakan secara berlebihan. Apalagi merendahkan orang lain hanya karena mengukur dari kondisi finansial sesaat. Termasuk meremehkan gaya hidupnya yang terkesan sederhana. Tentu ada beberapa alasan yang mendasari mengapa kita tidak boleh merendahkan orang lain karena alasan tersebut. Apa sajakah itu? Simak tulisan ini sampai selesai

1. Kondisi bisa berubah sepanjang waktu

ilustrasi memegang uang (unsplash.com/Alexander Grey)

Pernahkah merendahkan orang lain hanya karena kondisi finansial? Tentu kita sudah tidak asing dengan kondisi satu ini. Orang yang memiliki kehidupan sederhana justru dianggap rendah. Padahal menjalani hidup dengan cara seperti ini bukan pilihan yang bijaksana. Terdapat beberapa alasan mengapa kita tidak boleh merendahkan orang lain hanya karena alasan finansial.

Ini dikarenakan keuangan seseorang bisa berubah sewaktu-waktu. Sebagaimana fakta yang ada, lingkungan bersifat dinamis. Seseorang yang memiliki kondisi keuangan stabil bisa saja melakukan kecerobohan. Sedangkan orang-orang yang memiliki kondisi finansial kurang bisa saja mengambil peluang menguntungkan. Ini adalah konsep dari dinamika lingkungan yang tidak dapat dibantah dengan alasan apapun.

Baca Juga: 5 Motivasi Seseorang Suka Memamerkan Barang Mewahnya di Publik 

2. Setiap orang memiliki martabat yang sama

ilustrasi memegang uang (pexels.com/WoodysMedia)

Kebiasaan buruk yang terdapat di lingkungan sekitar adalah merendahkan orang lain hanya karena alasan finansial. Bahkan sampai menganggap orang-orang tersebut tidak berhak memperoleh kesempatan yang layak. Termasuk mendiskriminasi secara berlebihan. Tidak seharusnya kita merendahkan orang lain hanya karena tolak ukur dalam hal keuangan.

Perlu dicatat, setiap orang memiliki martabat yang sama. Kondisi keuangan tidak bisa dijadikan alasan untuk mengukur nilai dan harga diri. Merendahkan orang hanya karena status finansial, berarti kita sudah menjatuhkan nilai-nilai dan martabat kemanusiaan. Cara tidak sadar tumbuh menjadi individu yang tidak memiliki empati dan kepedulian.

3. Uang bukan penentu nilai seseorang

ilustrasi memegang uang (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Tanpa disadari kita terlalu sering menilai seseorang hanya berdasarkan sudut pandang materi. Contohnya mengucilkan orang-orang yang memiliki kemampuan finansial terbatas. Seolah menganggap mereka sebagai sosok manusia yang berada dalam status sosial rendah. Serta menjadi manusia yang berhak diperlakukan semena-mena.

Kesalahan besar jika kita mempraktikkan sikap demikian dalam hidup. Karena uang bukan cerminan nilai dan kualitas seseorang. Semua kembali lagi dari segi sikap dan tingkah laku. Meskipun memiliki kondisi finansial yang terbatas, tapi dengan sikap dan tingkah laku yang baik menandakan bahwa ia manusia terhormat.

Verified Writer

Mutia Zahra

Be grateful for everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya