TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Hal Perlu Dilakukan saat Menerima Saran Tidak Relevan

Hadapi dengan pemikiran objektif

ilustrasi meminta saran (pexels.com/Karolina Grabowska)

Sebenarnya saran orang lain cukup membantu kita dalam menghadapi masalah. Masukan dari orang-orang akan menjadi bahan pertimbangan untuk mengambil keputusan lebih lanjut. Meskipun begitu, Tidak semua orang mampu memberikan keputusan yang bijak. Karena beberapa diantaranya justru memberikan saran tidak relevan.

Menerima saran tersebut, kita harus memilah kembali dengan cermat. Saran-saran yang tidak relevan berpotensi menjerumuskan. Jika diterapkan, tidak menutup kemungkinan menimbulkan masalah baru. Lantas, apa yang harus dilakukan jika dirimu menerima saran tidak relevan? Mari simak tulisan ini sampai selesai untuk mengetahui solusinya!

1. Tetap tenang dan terbuka

ilustrasi mengobrol (pexels.com/Alexy Almond)

Hidup sebagai makhluk sosial kita akan berinteraksi satu sama lain. Tidak terkecuali menerima saran dari orang-orang sekitar. Tapi saran mereka tidak selalu relevan dengan persoalan yang sedang dibahas. Tentu kita harus mampu mengambil langkah yang tepat.

Dalam hal ini, penting untuk tetap bersikap tenang dan terbuka. Hindari bereaksi negatif atau langsung menolak. Dengan mengedepankan sikap tenang dan terbuka, kita dapat berkonsentrasi mengambil langkah yang tepat. Ketika menanggapi saran dari orang lain tidak terburu-buru.

Baca Juga: 5 Cara Hemat Air Saat Berkebun di Musim Panas, Jangan Sampai Layu 

2. Mengevaluasi kembali saran yang masuk

ilustrasi memberi saran (pexels.com/Kampus Production)

Ada kalanya seseorang memberikan saran mengenai beberapa hal yang harus dilakukan. Tapi dalam hal ini kita juga harus mampu menanggapi dengan bijaksana. Karena tidak semua saran yang masuk dari orang lain itu harus dilaksanakan.

Dalam hal ini, kita perlu mengevaluasi kembali saran yang masuk. Cobalah untuk memahami alasan di balik saran tersebut. Meskipun tampak tidak relevan pada awalnya, mungkin ada bagian yang bisa diaplikasikan dengan sedikit penyesuaian. Tentu Ini menghasilkan keputusan atau strategi yang lebih efektif.

3. Menyaring kembali dengan sudut pandang objektif

ilustrasi memberi saran (pexels.com/SHVETS Production)

Seringkali kita dibikin repot saat menerima saran yang tidak relevan. Jika tetap memaksa diterapkan, tentu menimbulkan masalah baru. Bahkan menghambat tercapainya tujuan yang sudah tersusun. Lantas, apa yang harus dilakukan?

Kita perlu menyaring kembali dengan sudut pandang yang lebih objektif. Pilih bagian dari saran yang memang bisa diambil manfaatnya. Fokus saja pada yang bisa diterapkan, meskipun sebagian besar tidak sesuai.

4. Berkonsultasi dengan orang lain yang lebih bijak

ilustrasi diskusi (pexels.com/ThisIsEngineering)

Keberadaan saran-saran yang tidak relevan memang menjadi tantangan sekaligus hambatan. Kita sudah kita terganggu saat hendak mengambil keputusan untuk menyelesaikan masalah. Tentunya kita harus mampu mengambil langkah yang tepat agar tidak mengalami kendala yang lebih besar di kemudian hari.

Terjebak dalam situasi tersebut, kita perlu berkonsultasi dengan orang lain yang lebih bijak. Perspektif baru akan membuka pola pikir lebih luas. Setelah berkonsultasi, kita dapat menentukan langkah yang tepat untuk menyikapi keputusan tidak relevan. Apakah ingin menerapkan dengan modifikasi, atau mengabaikan sepenuhnya.

5. Menyesuaikan dengan permasalahan yang terjadi

ilustrasi mengobrol (pexels.com/Jopwell)

Sudah berapa kali kamu menerima saran-saran tidak relevan? Terkadang memang menjadi persoalan sederhana. Tapi menerapkan saran-saran tersebut juga berpotensi menimbulkan masalah yang menghambat tercapainya tujuan.

Beberapa hal perlu dilakukan saat menerima saran tidak relevan. Diantaranya menyesuaikan dengan permasalahan yang terjadi. Kamu bisa memodifikasi saran-saran yang masuk, untuk selanjutnya mengambil keputusan yang lebih terencana.

6. Fokus pada elemen yang bisa diterapkan

ilustrasi menyusun rencana (pexels.com/RDNE Stock Project)

Menghadapi saran yang tidak relevan memang menjadi tantangan rumit. Jika saran tersebut ditolak, tentu dapat mengganggu kehidupan kita sebagai makhluk sosial. Tapi jika diterapkan justru tidak sesuai dengan permasalahan.

Apa yang harus dilakukan saat menghadapi situasi demikian ini? Kita hanya perlu fokus pada elemen yang bisa diterapkan. Ambil bagian-bagian tertentu yang memang masih bisa disesuaikan dengan kondisi. Aplikasikan elemen tersebut dengan kombinasi dari ide-ide yang lain.

Menerima saran tidak relevan memang sedikit menyulitkan. Kita harus menentukan langkah yang tepat dalam situasi seperti ini. Bukan dengan langsung menolak, kita bisa mengambil bagian-bagian tertentu dari saran tersebut untuk dilaksanakan. Untuk selanjutnya kita dapat mengambil langkah atau keputusan yang lebih efektif.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Perlu Berubah Mengikuti Saran Pasangan

Verified Writer

Mutia Zahra

Be grateful for everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya