TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Langkah Sederhana untuk Mendukung Keberlanjutan Lingkungan

Lingkungan akan diwariskan ke generasi selanjutnya

ilustrasi gubuk (pexels.com/Tyrone Sanders)

Kehidupan kita selalu berdampingan dengan lingkungan sekitar. Keberadaan lingkungan tidak hanya milik satu individu. Tapi ini akan diwariskan pada generasi selanjutnya. Menjadi keharusan kita untuk mendukung lingkungan secara berkelanjutan agar generasi di masa depan masih dapat menikmati.

Sudahkah kita menerapkan langkah-langkah untuk mendukung keberlanjutan lingkungan? Pada faktanya ini tidak selalu dimulai dengan langkah yang besar. Justru kita bisa menerapkan dari cara-cara kecil dan sederhana. Apa saja langkah tersebut? Selengkapnya bisa kamu temukan dalam tulisan di bawah ini.

1. Meminimalisir limbah plastik yang dapat mencemari lingkungan

ilustrasi plastik (pexels.com/Anna Shvets)

Keberadaan sampah plastik memang menjadi permasalahan utama dalam lingkungan. Jenis sampah ini tidak akan terurai dalam waktu dekat. Untuk ini dapat menimbulkan pencemaran, baik di tanah maupun air. Zat-zat kimia yang terkandung dalam plastik membuat lingkungan terganggu.

Tidak perlu dimulai dari langkah yang besar dan menghabiskan banyak biaya. Kamu bisa memulai lingkungan berkelanjutan dengan mengurangi penggunaan plastik. Terutama yang berkaitan erat dengan aktivitas sehari-hari. Saat berbelanja, kamu bisa membawa tas dari rumah daripada menggunakan kantong plastik sebagai wadah.

2. Mematikan perangkat elektronik yang tidak digunakan

ilustrasi menonton televisi (pexels.com/JESHOOTS.com)

Kehidupan di era modern pasti berkaitan dengan perangkat elektronik. Tidak hanya satu, namun kita menggunakan beberapa dalam waktu yang sama. Namun demikian, apakah penggunaan perangkat elektronik tersebut benar-benar penting? Atau malah kita membiarkan perangkat elektronik hidup namun tidak difungsikan secara jelas.

Mematikan perangkat elektronik yang tidak digunakan juga menjadi langkah mendukung keberlanjutan lingkungan. Kamu bisa mematikan AC atau televisi yang memang tidak difungsikan pada saat tersebut. Meskipun terlihat sederhana, tapi ini menjadi salah satu cara yang bisa digunakan untuk menghemat energi.

Baca Juga: Dampak dari Dilakukannya Ekspor Pasir, Selain Merusak Lingkungan

3. Memanfaatkan kembali barang-barang bekas

ilustrasi kerajinan barang bekas (pexels.com/Karolina Kaboompics)

Keberlanjutan lingkungan seharusnya menjadi tanggung jawab seluruh orang di dalamnya. Tidak terkecuali kita yang menjadi bagian dari lingkungan tersebut. Jika kamu berpikir ini harus dimulai dari langkah yang besar dan menghabiskan banyak biaya, tentu salah.

Justru keberlanjutan lingkungan bisa dimulai dari hal-hal sederhana. Salah satunya dengan memanfaatkan kembali barang-barang bekas. Entah digunakan untuk berbagai macam kerajinan tangan, atau barang-barang bekas tersebut kembali didaur ulang. Cara ini efektif dalam mengurangi limbah sehingga menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman.

4. Menanam pohon di sekitar rumah

ilustrasi menanam bunga (pexels.com/David Brown)

Mungkin kita sudah tidak asing dengan beberapa area yang terlihat gersang. Bahkan hampir tidak ada ruang hijau sama sekali. Padahal keberadaan ruang hijau sangat penting untuk menjaga kelestarian lingkungan. Sekaligus sebagai daerah resapan air yang mencegah banjir dan erosi.

Sebagai langkah sederhana mendukung keberlanjutan lingkungan, kita bisa menanam pohon di sekitar rumah. Buat taman rumah untuk menambah area hijau dan mendukung keanekaragaman hayati. Kita juga bisa mendukung reboisasi atau proyek penghijauan lingkungan di wilayah lokal.

5. Menghemat penggunaan air

ilustrasi kran air (pexels.com/Kindel Media)

Mendukung keberlanjutan lingkungan sangat penting di era sekarang. Karena lingkungan ini tidak akan dinikmati oleh satu individu. Namun akan berlangsung ke generasi selanjutnya. Padahal untuk mendukung keberlanjutan lingkungan itu tidak susah. Kita bisa menyesuaikan kembali dengan rutinitas sehari-hari.

Salah satu yang patut diperhatikan adalah menghemat penggunaan air. Gunakan air secukupnya untuk mencuci atau membersihkan. Matikan keran air jika memang sedang tidak diperlukan. Meskipun terlihat sederhana, tapi ini menjadi salah satu upaya dalam menghemat energi.

Menjaga dan mendukung keberlanjutan lingkungan menjadi tanggung jawab semua orang. Untuk memulainya, kita bisa mengambil langkah-langkah kecil dan sederhana. Termasuk menyesuaikan kembali dengan kegiatan sehari-hari. Dalam rangka mendukung keberlanjutan lingkungan, pastikan lima langkah di atas sudah kamu terapkan.

Baca Juga: 8 Ide Small Business Skala Rumahan yang Ramah Lingkungan

Verified Writer

Mutia Zahra

Be grateful for everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya