TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Keuntungan Menjadi Orang yang Tenang dalam Menghadapi Tantangan

Tidak mudah terombang-ambing di tengah situasi

ilustrasi sosok tenang (pexels.com/George Milton)

Membahas tentang lika-liku kehidupan, tentu kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya tantangan. Bahkan ini menjadi syarat wajib yang harus dilewati sebelum kita meraih pencapaian terbaik. Setiap orang memiliki cara tersendiri dalam menghadapi tantangan. Baik mereka yang memiliki sikap gegabah, maupun orang-orang yang memiliki ketenangan secara nyata.

Menjadi orang yang tenang dalam menghadapi tantangan menjadi sisi positif tersendiri. Kita tumbuh menjadi orang yang tidak mudah terombang-ambing di tengah situasi. Keterangan dalam menghadapi tantangan juga menghindarkan kita dari situasi terburuk. Untuk selengkapnya, pembukaan jawabannya dalam tujuh poin di bawah ini.

1. Memiliki keputusan yang lebih terencana

ilustrasi sosok tegas (pexels.com/Engin Akyurt)

Ada saja tantangan yang hadir dalam menyertai perjalanan hidup. Terkadang tantangan ini berasal dari suatu hal yang tidak terduga. Kita kerap menganggap tantangan sebagai masalah. Pada faktanya menghadapi tantangan dibutuhkan ketenangan.

Memiliki sikap tersebut, tentu kamu harus bersyukur. Orang yang tenang dalam menghadapi tantangan memiliki keputusan yang lebih terencana. Mereka mampu menganalisis situasi dengan berdasarkan sudut pandang objektif.

2. Tidak mudah terombang-ambing di tengah situasi

ilustrasi sosok tegas (pexels.com/Dana Tentis)

Sejauh mana upaya yang sudah kamu lakukan dalam menghadapi tantangan? Apakah masih menjadi orang yang memiliki kebiasaan menghadapi tantangan dengan terburu-buru? Tentu kita harus mengubah kebiasaan tersebut. Dalam menghadapi tantangan sangat diperlukan ketenangan.

Orang yang tenang tidak mudah terombang-ambing yang di tengah situasi. Meskipun ia sedang dihadapkan dengan masalah dan ketidakpastian. Melalui ketenangan, seseorang dapat menjaga hidup agar tetap pada prinsip dan pedoman yang dianut.

3. Dapat menghindarkan diri dari risiko terburuk

ilustrasi menghadapi risiko (pexels.com/Ric Rodrigues)

Siapa yang mau berhadapan dengan risiko terburuk? Sudah tentu tidak ada. Bahkan setiap dari kita akan mempersiapkan langkah antisipasi agar risiko buruk tidak terjadi. Tentunya ini kembali lagi dari sikap dan pola pikir yang diterapkan dalam menghadapi tantangan.

Bersyukur jika kita menjadi individu yang memiliki karakter tenang dalam berbagai situasi. Karena ketenangan dapat menghindarkan diri dari risiko terburuk. Kita dapat berpikir dengan jernih dan menganalisis setiap kemungkinan yang terjadi sejak awal.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Pengelolaan Emosi yang Buruk agar Hidup Lebih Tenang

4. Meningkatkan kemampuan penyelesaian masalah

ilustrasi berpikir (pexels.com/Antoni Shkraba)

Permasalahan tentunya tidak bisa dibiarkan berlarut-larut. Karena ini akan mempengaruhi kestabilan dan kualitas hidup. Sebaliknya, kita harus mampu mencari langkah pemecahan masalah yang efektif dan efisien. Ternyata ini berkaitan erat dengan ketenangan yang tertanam dalam diri.

Ketenangan dalam menghadapi tantangan adalah sikap dan pembawaan yang sangat berharga. Melalui ketenangan, kita dapat menyelesaikan masalah dengan cepat. Ini membantu dalam mencari alternatif solusi yang lebih kreatif dan efektif.

5. Turut menjaga keseimbangan mental dan emosional

ilustrasi merasa bahagia (unsplash.com/Alexey Demidov)

Keseimbangan hidup sangat berperan penting dalam menciptakan keteraturan. Hal ini tentunya tidak bisa dipisahkan dari kondisi mental dan emosional. Kesejahteraan hidup akan tercapai saat kita mampu mengendalikan kedua hal tersebut dengan efektif.

Ternyata ini menjadi bagian dari ketenangan dalam menghadapi tantangan. Secara tidak langsung kita turut menjaga keseimbangan mental dan emosional. Orang yang tenang cenderung lebih mampu mengelola emosi mereka. Ini membantu mencegah reaksi berlebihan, seperti marah atau panik, yang bisa memperburuk situasi.

6. Meningkatkan rasa percaya diri

ilustrasi perempuan optimis (pexels.com/Shazard R)

Tidak semua orang memiliki ketenangan dalam menghadapi tantangan. Beberapa di antaranya mengedepankan rasa takut dan panik. Bahkan sudah terpaku dengan pemikiran buruk sejak awal. Padahal memiliki keterangan dalam menghadapi tantangan justru menghadirkan sejumlah keuntungan.

Salah satunya adalah peningkatan rasa percaya diri. Dengan kemampuan untuk tetap tenang, seseorang tidak gegabah dalam menghadapi situasi terburuk. Ia mampu menumbuhkan keyakinan pasti bisa menghadapi dan menyelesaikan setiap permasalahan.

7. Mampu mengembangkan pola pikir kritis

ilustrasi berpikir (pexels.com/Vanessa Garcia)

Ketenangan dalam menghadapi tantangan sejatinya adalah aset berharga. Perlu kita harus menjaga salah satu ini dengan baik. Karena ketenangan dalam menghadapi tantangan berkaitan erat dengan pola pikir yang diterapkan.

Berawal dari ketenangan, kita mampu mengembangkan pola pikir kritis. Dalam menghadapi tantangan selalu memiliki pertimbangan matang dan realistis. Ketika seseorang memiliki pola pikir yang tertata, ia tidak akan gegabah dalam mengambil langkah. Keputusan yang diambil selalu terstruktur dan terencana.

Sudahkah menjadi orang yang tenang dalam menghadapi tantangan? Sikap satu ini sangat mempengaruhi pola pikir dan tindakan. Dengan menjadi orang yang tenang, kita dapat membawa diri dengan baik. Dalam menghadapi tantangan memiliki keputusan yang lebih terencana sekaligus keseimbangan diri yang terjaga.

Baca Juga: 13 Cara Ampuh Mengatasi Masalah Hidup Sehari-hari yang Bikin Tenang

Verified Writer

Mutia Zahra

Be grateful for everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya