TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kebebasan Dirasakan Saat Menekuni Pekerjaan Bidang Kreatif

Kita bebas mengeksplorasi ide maupun inovasi

ilustrasi konten kreator (pexels.com/Ivan Samkov)

Perkembangan teknologi digital berlangsung dengan sangat pesat. Hal ini berbanding positif dengan peluang baru yang muncul di bidang karier dan pekerjaan. Termasuk diantaranya pekerjaan yang menggeluti bidang kreatif. Ternyata ini menjadi salah satu karier yang didambakan oleh generasi muda.

Hal tersebut tidak terlepas dari kebebasan yang dirasakan saat menekuni pekerjaan di bidang kreatif. Kita merasa lebih ekspresif dan tidak tertekan. Sekaligus fleksibilitas waktu serta eksplorasi ide dan inovasi. Menekuni pekerjaan di bidang kreatif, kamu akan merasakan kebebasan berikut.

1. Kebebasan dalam mengekspresikan diri

ilustrasi orang kreatif (pexels.com/Mikhail Nilov)

Kita tidak bisa menghentikan laju perkembangan teknologi digital yang berlangsung. Satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah dengan menyesuaikan diri. Termasuk dengan mencoba sejumlah pekerjaan yang berkaitan dengan bidang kreatif. Karena ini yang akan menghadirkan kebebasan dalam menjalani hidup.

Saat kita menekuni pekerjaan di bidang kreatif, tentu lebih leluasa dalam mengekspresikan diri. Baik mengenai ide, emosi, maupun gagasan-gagasan unik. Kita memiliki kebebasan untuk menciptakan karya yang mencerminkan pandangan dan visi pribadi. Tanpa mengurangi esensi dari suatu karya tersebut.

2. Eksplorasi ide maupun inovasi

ilustrasi sosok kreatif (pexels.com/Gustavo Fring)

Pekerjaan di bidang kreatif memang banyak bermunculan sekarang ini. Apalagi didukung dengan perkembangan teknologi digital secara masif. Menekuni pekerjaan di bidang kreatif pada faktanya memang menjanjikan. Selain itu, kita juga dapat merasakan pola kerja yang penuh dengan kebebasan.

Karena saat bekerja di bidang kreatif, kita memiliki kesempatan mengeksplorasi ide maupun inovasi. Terutama mengenai gagasan-gagasan yang membawa pembaruan. Dalam bekerja kita tidak terbatas pada prosedur atau aturan kaku. Namun memiliki keleluasaan dalam bereksperimen dan mencoba hal-hal baru.

Baca Juga: 5 Tips Ciptakan Kebebasan Finansial untuk Generasi Muda

3. Memiliki pola kerja dengan waktu yang fleksibel

ilustrasi bekerja remote (pexels.com/Karolina Grabowska)

Zaman dulu mungkin bekerja identik dengan berangkat pagi dan pulang sore. Waktu memulai dan mengakhiri pekerjaan sudah ditentukan sedemikian rupa. Tapi apakah pola kerja seperti ini masih relevan dengan kehidupan di era digital seperti sekarang? Pada faktanya kita dihadapkan dengan sejumlah peluang kerja yang berkaitan dengan bidang kreatif.

Kebebasan akan dirasakan saat kita menekuni bidang pekerjaan tersebut. Diantaranya memiliki pola kerja dengan waktu yang lebih fleksibel. Kita bisa mengatur waktu kapan mulai bekerja dan beristirahat. Termasuk mengatur jadwal yang sesuai dengan ritme dan rutinitas sehari-hari.

4. Pengembangan diri yang berkelanjutan

ilustrasi bekerja (pexels.com/Alena Darmel)

Mungkin kita dibuat heran dengan banyaknya pekerjaan di bidang kreatif. Tidak heran jika pola kerja satu ini menjadi dambaan generasi muda. Hal ini tidak terlepas dari kebebasan yang dirasakan saat seseorang menekuni pekerjaan di bidang kreatif. Terutama mengenai pengembangan karier dan keterampilan.

Kita akan dihadapkan dengan kesempatan mengembangkan diri yang bersifat kontinyu. Kebebasan untuk terus belajar dan mengembangkan keterampilan baru adalah bagian dari budaya kreatif. Kita bebas mengeksplorasi bakat dan potensi diri untuk menciptakan kontribusi nyata.

Verified Writer

Mutia Zahra

Be grateful for everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya