TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Ide Dekorasi Dapur Klasik, Kombinasikan dengan Material Kayu!

Ruangan terlihat kokoh dan elegan

ilustrasi dapur klasik (pexels.com/Christa Gover)

Membahas area dalam rumah, di antara area yang tidak bisa ditinggalkan adalah dapur. Salah satu yang cukup menjadi favorit yakni dapur bertema klasik. Konsep dekorasi ruangan dengan tema ini mengusung kesan elegan dan berkelas.

Mendekorasi dapur bertema klasik, kita harus memperhatikan beberapa hal. Apalagi dapur bukan ruangan untuk bersantai yang mengedepankan nilai estetika. Namun juga harus mempertimbangkan fungsi nyata. Bagaimana cara mendekorasi dapur bertema klasik? Semoga tujuh ide ini bisa membantu.

1. Menambahkan barang-barang antik

ilustrasi dapur klasik (pexels.com/Dmitry Zvolskiy)

Ruangan bertema klasik memang memiliki kesan tersendiri. Kita tidak hanya memiliki ruangan yang mengedepankan nilai estetika. Namun juga turut terhubung dengan masa lampau. Konsep dekorasi klasik ini bisa diterapkan dalam beberapa ruangan.

Termasuk dengan area dapur. Dalam hal ini, kamu bisa menambahkan aneka barang-barang antik atau barang-barang yang memiliki nilai sentimental. Seperti teko teh vintage, vas bunga keramik, atau koleksi piring antik.

2. Pilih aksesoris dengan gaya vintage

ilustrasi dapur klasik (pexels.com/Curtis Adams)

Ruangan dengan gaya klasik memang memiliki kesan unik dan menarik. Tidak heran beberapa orang tetap menjadikan dekorasi klasik sebagai pilihan. Bahkan ruangan bertema klasik memiliki kesan abadi dan elegan.

Untuk kamu yang ingin mendekorasi dapur bertema klasik, pilih aksesoris dengan gaya vintage. Pilih pegangan laci atau lemari dari bahan kuningan. Sebagai opsi lain, kamu juga bisa menggunakan besi yang diukir untuk menunjukkan nilai estetika.

3. Pilih lantai yang terkesan alami

ilustrasi dapur klasik (pexels.com/Get Lost Mike)

Tidak dapat dimungkiri jika ruangan yang mengusung tema klasik terlihat unik dan menarik. Ternyata kita bisa menerapkan konsep klasik ini secara totalitas. Tidak hanya berkaitan dengan aksesoris atau furnitur. Tapi nuansa klasik ini juga bisa ditunjukkan melalui lantai ruangan.

Dalam rangka mendekorasi dapur klasik, pilih lantai yang terkesan alami. Lantai kayu atau ubin dengan pola vintage bisa menjadi pilihan. Atau kamu juga bisa menggunakan lantai yang berasal dari batu alam seperti marmer. Lantai yang terlihat alami menampilkan kesan sederhana namun berkelas.

Baca Juga: 8 Ide Elemen Dekorasi Kamar yang Bisa Meningkatkan Mood Kamu

4. Padukan dengan furniture yang berasal dari kayu

ilustrasi dapur klasik (pexels.com/Curtis adams)

Ruangan bertema klasik mengedepankan konsep kokoh dan elegan. Hal ini turut didukung dengan pemilihan furnitur yang tepat. Tentu menjadi hal yang patut diperhatikan jika kamu ingin mendekorasi dapur dengan konsep klasik.

Tidak ada salahnya kamu mencoba mengombinasikan dengan furnitur yang berasal dari kayu. Kamu bisa memperlihatkan hal ini pada meja, lemari, atau kursi. Selain itu, Tambahkan rak terbuka dari kayu dengan detail ornamen klasik untuk memajang koleksi piring keramik, gelas kaca, atau peralatan dapur antik.

5. Pilih warna-warna yang lembut

ilustrasi dapur klasik (pexels.com/Curtis Adams)

Mendekorasi ruangan tidak bisa dipisahkan dari pemilihan warna yang tepat. Hal ini juga berlaku jika kamu ingin mendekorasi ruangan dengan konsep klasik. Karena pemberian warna turut memperkuat karakter dan menampilkan kesan elegan. Lantas, apa saja warna yang bisa dipilih untuk menghiasi dapur bertema klasik?

Gunakan palet warna yang bertema lembut dan netral. Kamu bisa memilih warna seperti putih, krem, abu-abu muda, atau pastel. Pemilihan warna yang lembut dan netral memberikan sentuhan klasik yang kuat. Ruangan terlihat kokoh dan berkelas.

6. Tambahkan lampu gantung atau lampu dinding

ilustrasi dapur klasik (pexels.com/Max Vakhtbovycn)

Dengan banyaknya jenis desain dan dekorasi ruangan yang bisa dipilih, pada faktanya tema klasik tetap menjadi pilihan. Konsep ini dapat diterapkan ke dalam beberapa area ruangan. Tidak terkecuali dengan area dapur dalam suatu rumah.

Untuk menguatkan kesan klasik pada dapur, perhatikan pencahayaan dengan detail. Gunakan lampu gantung kristal atau chandelier untuk menambah kesan elegan. Kamu juga bisa menambahkan lampu dinding (wall sconce) dengan desain klasik di sudut-sudut dapur untuk memberikan cahaya tambahan dan kesan yang lebih hangat.

Verified Writer

Mutia Zahra

Be grateful for everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya