TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal yang Bikin Kamu Gak Kunjung Dapat Inspirasi, Enggan Belajar?

Enggan mengamati fenomena lingkungan sekitar

ilustrasi tidak bersemangat (pexels.com/Karolina Grabowska)

Inspirasi menjadi dasar ketika seseorang hendak berkarya. Adanya inspirasi membuat kita tahu karya seperti apa yang akan dibuat, tapi pada kenyataannya mendapatkan inspirasi juga bukan hal yang mudah. Banyak orang selalu diliputi kebingungan karena tidak kunjung mendapatkan inspirasi.

Tentu saja ini tidak terlepas dari berbagai sebab. Entah itu sebab yang sepele maupun serius. Bisa jadi kebiasaan dan sikap buruk kita lah yang membuat inspirasi itu susah didapat. Sebagai pelajaran penting bagi kita semua, berikut ini merupakan lima hal yang membuatmu gak kunjung dapat inspirasi.

1. Terpaku pada sudut pandang pribadi

ilustrasi keras kepala (pexels.com/Mikhail Nilov)

Pernah mendengar peribahasa seperti katak dalam tempurung? Ini merupakan sebutan bagi seseorang yang hanya terpaku pada kebenarannya sendiri tanpa mau melihat dan memahami lebih jauh. Padahal sudut pandang seperti ini bersifat subjektif dan bisa saja masih salah.

Tahukah kamu? Terpaku sudut pandang sendiri menjadi penyebab mengapa seseorang tidak kunjung mendapatkan inspirasi. Kamu memiliki perspektif yang terbatas sehingga tidak bisa menilai suatu fenomena dengan cermat. Padahal inspirasi ada di mana saja asal kamu bisa memiliki sudut pandang yang luas.

Baca Juga: 5 Sikap yang Membuatmu Diidolakan, Jadilah Inspirasi!

2. Malas mengamati karya orang lain

ilustrasi menerima kertas (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kesempurnaan adalah sesuatu yang susah diraih. Bisa dikatakan, kesempurnaan sendiri merupakan rangkaian proses yang dilalui secara bertahap. Termasuk bagaimana kita memperbaiki setiap kekurangan dan selalu termotivasi untuk terus belajar dari lingkungan sekitar.

Lantas, bagaimana jadinya jika seseorang malas mengamati karya orang lain? Apalagi dengan adanya anggapan bahwa karyanya  paling unggul. Sudah pasti ini menjadi salah satu alasan mengapa inspirasi tak kunjung didapat. Padahal inspirasi bisa jadi terletak pada karya orang lain yang memiliki kualitas tinggi.

3. Menjadi individu enggan belajar

ilustrasi bermain hp (pexels.com/Karolina Grabowska)

Sebagai manusia, sudah kewajiban bagi kita untuk belajar sepanjang hayat. Ada beragam hal yang harus dipelajari dari waktu ke waktu. Tapi sayangnya, masih banyak tipe orang cenderung enggan dalam belajar. Terlebih lagi dengan adanya anggapan bahwa dirinya sudah menguasai segalanya.

Tanpa disadari, sikap seperti ini menjadi salah satu penyebab mengapa inspirasi sulit didapat. Enggan belajar membuat kita tertinggal akan beragam pengetahuan dan wawasan yang seharusnya dipelajari. Kualitas berpikir tidak mengalami perkembangan dan kemajuan. Kita tidak mampu mengasah inovasi dan kreativitas untuk berkarya.

4. Hanya berpangku tangan

ilustrasi tidak bersemangat (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pernahkah kamu menginginkan segala sesuatu secara instan? Tentu saja ini menjadi sesuatu yang lumrah dijumpai di lingkungan sekitar. Seseorang ingin bisa menghasilkan karya terbaik, namun enggan bersusah payah. Mereka ingin meraih pencapaian membanggakan tanpa harus bersusah payah.

Hanya berpangku tangan dan mengharapkan keberhasilan instan rupanya menjadi salah satu penyebab inspirasi susah didapat. Bagaimanapun juga, yang namanya inspirasi tidak datang begitu saja. Ada beragam usaha dan pengamatan yang harus dilakukan untuk bisa mendapatkan ide-ide cemerlang.

5. Tidak mau mengamati lingkungan sekitar

ilustrasi tidak bersemangat (pexels.com/Igor Korzh)

Fenomena di lingkungan sekitar mungkin terlihat sederhana. Bahkan banyak orang yang mengacuhkan dan cenderung apatis. Mereka tutup mata dengan apa yang terjadi di lingkungan sekitar. Tanpa disadari, ternyata ada banyak ide-ide cemerlang yang bisa muncul dari pengamatan lingkungan sekeliling.

Jika kamu masih sering apatis dengan lingkungan sekitar, lebih baik jangan lakukan lagi. Ini menjadi salah satu sebab mengapa inspirasi tak kunjung didapat. Terlalu acuh dengan lingkungan sekitar membuat banyak momen-momen penting terlewat. Tanpa sadar kita juga membuang peluang berharga.

Inspirasi menjadi pondasi penting ketika kita hendak berkarya. Saat sadar gak kunjung dapat inspirasi, sudah saatnya mengevaluasi diri. Barangkali ini dipengaruhi oleh sudut pandang yang cenderung subjektif. Bisa juga dipicu oleh sikap bermalasan dan enggan belajar. Sekarang mari introspeksi diri, apakah kelima hal di atas masih ada dalam dirimu?

Baca Juga: 5 Hal yang Dapat Membantu Mengubah Kebiasaan Buruk

Verified Writer

Mutia Zahra

Be grateful for everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya