TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Cara Mengidentifikasi Masalah dengan Berlandaskan Pikiran Rasional

Harus mampu memisahkan antara fakta dan opini

ilustrasi berpikir (pexels.com/SHVETS Production)

Seringkali kita merasa terganggu dengan berbagai macam masalah yang hadir. Baik permasalahan dalam lingkup profesional atau permasalahan yang menyangkut relasi antar individu. Tidak dapat dimungkiri jika masalah-masalah yang muncul dapat mengganggu kenyamanan dalam menjalani hidup.

Namun, dalam mengidentifikasi masalah kita juga tidak bisa bertindak asal. Dalam hal ini penting untuk mengedepankan pemikiran rasional. Tujuannya agar mampu mencari langkah pemecahan yang tepat. Bagaimana cara mengidentifikasi masalah dengan pikiran rasional? Simak tujuh cara di bawah ini.

1. Identifikasi permasalahan secara objektif

ilustrasi berpikir logis (pexels.com/Antoni Shkraba)

Kehadiran berbagai macam masalah memang dapat mengganggu ketenangan. Tentunya permasalahan tidak bisa dibiarkan berlarut-larut. Kita harus menyelesaikan permasalahan secepat mungkin agar tidak semakin bertambah rumit.

Tentunya ini dilandasi dengan pemikiran rasional. Dalam rangka mengidentifikasi masalah, kita harus mengedepankan pandangan objektif. Definisikan garis besar masalah dengan jelas dan teliti. Ketika kita mengidentifikasi secara objektif, turut menghindarkan dari bias dan kesalahpahaman.

2. Pisahkan antara fakta dengan opini

ilustrasi berdiskusi (pexels.com/Cedric Fauntleroy)

Upaya dalam menyelesaikan masalah tidak selalu berjalan mulus. Kita akan menghadapi beberapa hambatan yang membuat situasi semakin rumit. Tidak terkecuali dengan argumen dari orang-orang sekitar yang terdengar meyakinkan.

Di sinilah kunci mengidentifikasi masalah dengan pikiran rasional. Kita harus mampu memisahkan antara fakta dengan opini. Karena argumen yang terdengar meyakinkan belum tentu dapat divalidasi kebenarannya. Bisa jadi hanya bersumber dari tuntutan emosi sesaat.

Baca Juga: 5 Motivasi Hidup untuk Meraih Kesuksesan bagi Generasi Milenial

3. Gunakan pendekatan analitis

ilustrasi berpikir bijaksana (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pada faktanya kehidupan diwarnai dengan berbagai macam masalah. Ini menjadi sebuah tantangan agar kita mampu menyusun solusi yang efektif dan efisien. Tapi sebelumnya, upaya dalam menyelesaikan masalah harus dilandasi oleh pemikiran rasional.

Bagaimana caranya? Kita perlu menggunakan pendekatan yang bersifat analitis. Gunakan metode seperti analisis sebab-akibat, diagram alir, atau brainstorming untuk memahami keterkaitan antara berbagai aspek masalah. Cari pola atau keteraturan yang mungkin muncul dari data analisis yang kamu miliki.

4. Evaluasi dengan berbagai perspektif

ilustrasi berpikir realistis (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Siapa yang tidak pusing ketika dihadapkan dengan permasalahan rumit? Satu belum selesai sudah muncul lagi permasalahan yang lain. Memilih pasrah tentu bukan keputusan yang tepat. Kita perlu mengidentifikasi masalah dengan pemikiran rasional.

Apa yang harus dilakukan? Salah satunya mengevaluasi dengan berbagai perspektif. Lihat masalah dari sudut pandang yang berbeda. Pendekatan rasional melibatkan melihat bagaimana pihak lain mungkin melihat situasi. Hal ini membantu kita memahami masalah dengan lebih luas.

5. Pertimbangkan konsekuensi dari berbagai solusi yang diterapkan

ilustrasi berpikir logis (pexels.com/Furkanfdemir)

Menyelesaikan masalah otomatis harus memiliki solusi yang tepat. Kita mampu menerapkan strategi sekaligus langkah pelaksanaan yang efektif serta efisien. Tadi upaya dalam menyelesaikan masalah juga tidak terlepas dari konsekuensi yang harus dihadapi.

Tentu ini menjadi salah satu cara mengidentifikasi masalah dengan pikiran rasional. Kita perlu mempertimbangkan konsekuensi dari berbagai solusi yang diterapkan. Untuk selanjutnya mencari langkah antisipasi dari kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi.

6. Tidak terpaku pada orang lain secara penuh

ilustrasi mengobrol (pexels.com/Mart Production)

Upaya kita dalam menyelesaikan masalah adakalanya mendapat campur tangan dari lingkungan sekitar. Beberapa orang memaksakan pendapat atau kehendaknya agar dilaksanakan. Tapi mereka tidak mengetahui permasalahan yang kita hadapi secara menyeluruh.

Di sinilah kunci mengidentifikasi masalah dengan pikiran rasional. Kita tidak perlu terpaku pada orang lain secara berlebihan. Ketika mereka memberikan saran dan arahan, cermati kembali dan sesuaikan dengan strategi pemecahan yang hendak diambil.

Verified Writer

Mutia Zahra

Be grateful for everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya