TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara agar Gak Membenci Orang Lain Secara Berlebihan, Sabar!

Ingat, yang buruk sikapnya bukan orangnya 

ilustrasi perempuan merenung (pexels.com/Ivan Samkov)

Momen kumpul Lebaran sudah usai. Tapi tidak dengan bermacam kenangannya. Salah satu yang teringat dalam pikiran adalah kenangan buruk. Seperti mendapat kalimat menyakitkan. Atau perlakuan kurang ramah.

Perasaan benci akan mengikuti. Jika dibiarkan, kamu terjebak dendam berkepanjangan. Tentunya juga akan mempengaruhi ketenangan. Untukmu yang mendapat momen kurang menyenangkan saat Lebaran, berikut cara agar tidak membenci orang lain secara berlebihan.

1. Bersihkan hati dari keinginan balas dendam 

ilustrasi perempuan rambut coklat (pexels.com/Garon Piceli)

Ajang kumpul Lebaran harusnya mempererat tali persaudaraan. Tapi suasana ini tidak selalu terwujud. Apalagi dengan kehadiran orang yang memiliki perangai buruk. Entah berlaku sombong, atau berbicara tanpa berpikir terlebih dahulu.

Pada akhirnya, timbul kebencian terhadap seseorang. Wajar jika perasaan benci muncul, tapi kamu harus bisa mengatasinya. Bersihkan hati dari keinginan balas dendam. Perbuatan buruk tidak seharusnya dibalas dengan sikap serupa.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Membenci Semua Orang, Bisa Jadi Tanda Kecemasan Sosial

2. Pahami bahwa membenci hanya merusak ketenangan hidup 

ilustrasi saling membenci (pexels.com/RF._.Studio)

Lebaran memang sudah usai. Kamu juga sudah kembali ke rutinitas kehidupan yang sesungguhnya. Tapi kenangan buruk dari seseorang akan selalu menancap di hati. Lambat laun berubah menjadi kebencian.

Kamu harus bisa mengontrolnya, jangan sampai membenci orang lain secara berlebihan. Pahami bahwa kebencian hanya merusak ketenangan hidup. Kamu diliputi kekhawatiran tanpa alasan yang jelas.

3. Kamu harus paham manusia tidak luput dari salah dan kekurangan 

ilustrasi saling marah (pexels.com/Pixabay)

Kita tercipta sebagai manusia biasa. Tentu tidak luput dari khilaf dan kekurangan. Entah itu berasal dari ucapan. Atau perilaku yang tidak disengaja. Ini menjadi catatan tersendiri untuk kamu yang membenci orang lain secara berlebihan.

Kamu harus memahami nasihat ini dengan baik. Sebagai manusia biasa, kesalahan dan kekurangan pasti menyertai. Menuruti kebencian tidak ada habisnya. Cobalah untuk memaafkan yang sudah berlalu dengan setulus hati.

4. Cobalah melihat sisi positif dalam dirinya walaupun hanya setitik 

ilustrasi saling marah (pexels.com/RODNAE Productions)

Bermacam fenomena baru bisa saja terjadi saat momen lebaran. Ada satu atau dua perkataan kurang menyenangkan. Kalimat itu menggoreskan luka di hati. Tapi apakah kamu harus membenci orang lain secara berlebihan?

Tentu saja tidak. Cobalah melihat sisi positif dalam dirinya walaupun hanya setitik. Seburuk-buruknya orang, pasti ia memiliki sisi kebaikan. Tanpa disadari, ia juga pernah berbuat kebaikan kepadamu.

Baca Juga: 5 Cara Agar Bisa Tetap Berbuat Baik kepada Orang yang Membenci Kita

Verified Writer

Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya