TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan untuk Gak Mengumbar Kondisi Finansial, Cukup Kamu yang Tahu!

Kondisi finansial bagian dari privasi 

ilustrasi memegang uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Di era sekarang ini perilaku pamer kerap diwajarkan. Apalagi dengan kehadiran media sosial yang turut menyemarakkan. Antar orang tidak mau kalah, termasuk dari segi finansial.

Padahal kondisi keuangan termasuk isu sensitif. Tidak seharusnya kamu menunjukkan kepada orang lain. Apalagi sekadar pamer karena mengikuti tren. Mengapa demikian? Inilah lima alasan untuk gak mengumbar kondisi finansial.

Baca Juga: 5 Keuntungan Gak Mengumbar Privasi di Media Sosial, Hidup Jadi Tenang

1. Kondisi finansial menjadi bagian dari privasi 

ilustrasi memegang uang (pexels.com/Jonathan Borba)

Di era sekarang ini pamer keuangan menjadi perilaku yang diwajarkan. Contohnya dengan mengunggah slip gaji di media sosial. Atau menunjukkan jumlah tabungan yang dimiliki. Apakah perilaku seperti ini bijaksana?

Jawabannya sudah pasti tidak. Kondisi finansial menjadi bagian dari privasi. Tidak seharusnya kamu menunjukkan kepada orang lain. Cukup dirimu yang tahu berapa jumlah pendapatan, pengeluaran, dan juga tabungan.

Baca Juga: 5 Konsekuensi Mengumbar Masalah Hubungan ke Media Sosial

2. Pamer kondisi keuangan bisa dicap flexing 

ilustrasi memegang uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Mungkin kamu pernah melihat orang yang hobi pamer kondisi keuangan. Seperti menunjukkan jumlah pendapatan per bulan, juga jumlah tabungan. Padahal sikap seperti ini bisa dibilang kurang bijaksana.

Untukmu yang sering pamer kondisi keuangan, segera hentikan. Akibat perilaku seperti ini kamu bisa dicap flexing. Padahal di atas langit masih ada langit. Banyak orang yang kondisi keuangannya jauh lebih stabil namun tidak melakukan tindakan demikian.

3. Kamu bisa jadi incaran mereka yang berniat kurang baik 

ilustrasi perampok (pexels.com/MART PRODUCTION)

Lingkungan sekitar tidak selalu dikelilingi orang-orang baik dan berhati tulus. Tapi juga ada mereka yang hobi memanfaatkan satu sama lain. Atau sering melakukan tindakan kriminal.

Inilah alasan untuk gak mengumbar kondisi keuangan kepada orang lain. Kamu bisa jadi incaran mereka yang berniat kurang baik. Seperti pembobolan tabungan atau target perampokan. Tentunya kamu tidak ingin merasakan hal tersebut, kan?

4. Bisa menimbulkan rasa iri 

ilustrasi merasa iri (pexels.com/Polina Zimmerman)

Mungkin kamu menganggap pamer kondisi keuangan hal yang lumrah. Toh banyak orang melakukan tindakan serupa di media sosial. Kamu pun ikut-ikutan tanpa pikir panjang. Pokoknya tidak mau kalah dengan yang lain.

Bagimu tindakan ini mungkin sederhana. Tapi tidak bagi mereka yang hatinya dipenuhi kebencian. Perilaku pamer kondisi keuangan bisa menimbulkan rasa iri. Bahkan bisa memperburuk citra dirimu di hadapan orang-orang sekitar.

Baca Juga: Cara Menempatkan Investasi saat Atur Finansial, Simak Ya! 

Verified Writer

Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya