TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Alasan Seseorang Kesulitan dalam Membuat Keputusan Finansial

Pernahkah kamu mengalami situasi tersebut?

ilustrasi memegang uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Menjaga kondisi keuangan agar tetap stabil memang penting.  Kita harus tahu bagaimana cara mengelola uang dengan cermat. Terutama dalam mengalokasikan pemasukan yang tersedia.

Di satu sisi, tidak jarang seseorang kesulitan dalam membuat keputusan finansial. Mereka bingung bagaimana cara mengelola uang yang dimiliki. Tidak jarang kondisi lebih besar pasak daripada tiang. Ternyata, ada beberapa hal yang menjadi sebab seseorang kesulitan dalam membuat keputusan finansial. Berikut tujuh diantaranya.

1. Pengetahuan finansial yang masih minim

ilustrasi menata uang (pexels.com/Towfiqu Barbhuiya)

Kondisi finansial memang menjadi persoalan yang tidak ada habisnya. Karena keuangan mempengaruhi berbagai aspek hidup. Ketika seseorang memiliki kondisi finansial yang tidak memadai, bisa dipastikan kualitas hidup akan terganggu.

Oleh sebab itu, kita harus mengetahui sebab seseorang kesulitan dalam membuat keputusan finansial. Tidak menutup kemungkinan mereka memiliki pengetahuan keuangan yang masih minim. Ia merasa ragu-ragu atas keputusan finansial yang hendak diambil.

2. Kecenderungan untuk menghindari risiko

ilustrasi rasa takut (pexels.com/Daniel Reche)

Cara kita dalam mengelola keuangan turut menentukan kualitas hidup. Jika kondisi keuangan tertata dengan baik, tentu akan tercipta keseimbangan. Hal sebaliknya terjadi ketika seseorang kesulitan dalam membuat keputusan finansial.

Mengapa seseorang bisa mengalami kesulitan dalam membuat keputusan finansial? Salah satunya kecenderungan untuk menghindari risiko. Contohnya seperti kerugian atau keuntungan yang tidak sesuai ekspektasi. Mereka takut keputusan finansial yang diambil berdampak besar pada kondisi keuangan.

3. Overthinking yang terlalu berlebihan

ilustrasi overthinking (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Mengambil keputusan finansial yang sesuai penting agar kondisi keuangan tetap stabil. Baik keputusan finansial dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Tapi di satu sisi, beberapa orang cenderung mengalami kebingungan saat hendak mengambil keputusan finansial.

Hal ini bisa saja didasari oleh sikap overthinking yang terlalu berlebihan. Seseorang terlalu banyak mempertimbangkan faktor-faktor yang sebenarnya tidak memiliki pengaruh berarti. Akibatnya, terlalu lama dalam menganalisis sehingga keputusan yang diambil tidak tepat sasaran.

Baca Juga: 5 Cara Agar Terhindar dari Konflik Finansial dalam Pernikahan, Catat!

4. Menghadapi tekanan emosional

ilustrasi memegang uang (pexels.com/WoodysMedia)

Mungkin kamu pernah menghadapi situasi kesulitan dalam mengambil keputusan finansial. Atau orang-orang di sekitarmu barangkali sedang terjebak dalam situasi tersebut. Sebagai upaya untuk meminimalisir,  kita harus mengetahui mengapa seseorang kesulitan dalam membuat keputusan finansial.

Salah satu sebab yang mendasari adalah menghadapi tekanan emosional. Keputusan finansial sering kali melibatkan emosi, terutama jika terkait dengan peristiwa penting dalam hidup. Emosi dapat mengaburkan logika dan membuat pandangan menjadi tidak realistis.

5. Pengaruh dari lingkungan sekitar

ilustrasi belanja (pexels.com/Gustavo Fring)

Sebagai makhluk sosial, kita pasti berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Sedikit banyak, kebiasaan dan pola pikir mereka akan mempengaruhi. Baik yang membawa sisi positif maupun negatif. Ternyata ini membawa pengaruh dalam hal finansial.

Pengaruh dari lingkungan sekitar juga menjadi sebab mengapa seseorang kesulitan dalam membuat keputusan finansial. Contohnya saat ia dihadapkan dengan lingkungan yang memiliki gaya hidup hedon. Secara perlahan, kebiasaan tersebut otomatis akan mempengaruhi.

6. Tidak mengetahui tujuan finansial yang ingin dicapai

ilustrasi uang (pexels.com/Ahsanjaya)

Kesulitan dalam membuat keputusan finansial memang membawa pengaruh negatif. Tentu kita sudah tidak asing dengan kondisi keuangan yang tidak stabil. Untuk selanjutnya, kualitas hidup mengalami penurunan. Dalam hal ini, keputusan finansial memegang peranan penting.

Apa yang membuat seseorang kesulitan dalam membuat keputusan finansial? Mereka tidak mengetahui tujuan keuangan yang ingin dicapai. Tanpa tujuan finansial yang jelas, seseorang mungkin kesulitan menentukan apa yang harus dilakukan dengan uang mereka.

Verified Writer

Mutia Zahra

Be grateful for everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya