TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Seseorang Kerap Meminta Pendapat Kepadamu, Dianggap Bijak!

Pertimbangan yang kamu berikan masuk akal

ilustrasi meminta pendapat (pexels.com/RDNE Stock Project)

Mungkin kamu beranggapan biasa saja dan tidak memiliki sisi kebijaksanaan sama sekali. Namun, orang-orang sekitar justru sering meminta pendapat padamu. Mulai dari permasalahan sepele sampai yang rumit sekali pun, pertimbanganmu kerap dijadikan patokan.

Sering kali kamu merasa aneh akan hal tersebut. Bahkan sudah menolak pun mereka tetap memaksa. Seolah-olah pertimbanganmu adalah kunci utama dalam memecahkan permasalahan. Mereka bersikap demikian karena lima alasan berikut ini. Meskipun kamu tidak menyadari, tapi orang sekitar tahu betul siapa dirimu.

1. Setiap pertambangan yang kamu berikan masuk akal

ilustrasi meminta pendapat (pexels.com/RDNE Stock Project)

Timbul keheranan saat kamu sadar selalu dimintai pendapat. Apabila belum mendengarkan pertimbangan darimu, orang-orang tidak berani mengambil keputusan. Padahal kamu tidak merasa memiliki kuasa apa pun. Namun, orang-orang sekitar menempatkanmu sebagai sosok yang penting untuk memecahkan persoalan.

Salah satu alasannya karena pertimbangan yang kamu berikan selalu masuk akal. Kamu menyampaikan hal tersebut bukan berdasarkan pemikiran pribadi. Namun, selalu menyesuaikan dengan situasi nyata. Orang-orang bisa menerima dengan mudah, karena pendapat yang kamu berikan sangat sesuai dengan permasalahan mereka.

Baca Juga: 5 Peran Penting Beropini dalam Kehidupan, Mengemukakan Pendapat?

2. Arahan darimu bisa dipahami dengan mudah

ilustrasi meminta pendapat (pexels.com/Mike Jones)

Tidak semua orang mampu menghadapi permasalahan sendiri. Apalagi sadar jika persoalan yang dihadapi terlalu rumit dan berpotensi melebar ke mana-mana. Terkadang sampai meminta pertimbangan kepadamu. Kejadian ini tidak satu dua kali, tapi ia meminta pendapatnya secara berulang. Apakah kamu tahu alasannya?

Salah satunya karena arahan darimu bisa dipahami dengan mudah. Kamu berbicara langsung pada intinya. Tidak bertele-tele dengan kalimat panjang. Apalagi menyampaikan hal-hal tidak penting. Bahkan, perkataanmu yang hanya satu kalimat pun bisa langsung dipahami oleh orang-orang tersebut.

3. Nasihatmu tidak terkesan menyudutkan

ilustrasi meminta pendapat (pexels.com/Edmond Dantes)

Beberapa orang lebih memilih menghadapi permasalahan sendiri. Mereka takut jika bercerita atau meminta pertimbangan orang lain justru memperburuk situasi. Di saat pikiran sudah kacau justru semakin tersudut. Di samping orang-orang yang seperti itu, ternyata ada mereka yang lebih suka meminta pertimbangan kepadamu.

Tentu ini tidak terlepas dari caramu dalam menyampaikan nasihat. Kamu memilih kalimat yang bijak dan tidak terkesan menyudutkan. Alih-alih tersinggung, nasihat yang kamu sampaikan membuat orang-orang termotivasi dan tahu letak kekurangannya. Mereka tergerak untuk jadi sosok yang lebih baik dari hari kemarin.

4. Rencana yang kamu susun selalu efektif dan efisien

ilustrasi meminta pendapat (pexels.com/Artem Podrez)

Terkadang ada saja seseorang yang meminta pendapat kepadamu. Mungkin ia merasa sudah tidak mampu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Bisa juga ia meminta pertimbangan atas tujuan hidupnya. Pertanyaan pun muncul mengapa mereka bisa bersikap seperti itu. Padahal banyak orang lain yang bisa dimintai pertimbangan.

Rupanya ada alasan yang menyertai. Kamu tipe orang yang cermat dan analitis. Setiap rencana yang disusun berjalan efektif dan efisien. Bahkan berjalan mulus hampir tidak ada hambatan.

Hal itu membuat orang-orang terkesima dan menginginkan perencanaan serupa. Dari pendapatmu, ia bisa mengukur apakah rencananya sudah betul atau masih perlu dibenahi.

Baca Juga: 5 Alasan Seseorang Selalu Meminta Pendapat dari Orang Sekitarnya

Verified Writer

Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya