TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Rahasia Orang Mudah Marah, Ternyata Mereka Lebih Bahagia

Fakta seputar sifat mudah marah

ilustrasi marah (pexels.com/Karolina Grabowska)

Kamu mungkin sering mendengar bahwa marah itu tidak baik untuk kesehatan dan kebahagiaan. Orang yang mudah marah dianggap sebagai orang yang stres, tidak sabar, atau bahkan gila.

Namun, tahukah kamu bahwa ada beberapa kejutan yang membuat orang yang mudah marah ternyata lebih bahagia daripada orang yang jarang marah? Penasaran apa saja kejutan tersebut? Yuk, simak ulasan berikut ini.

1. Orang yang mudah marah lebih optimis

ilustrasi marah (pexels.com/Liza Summer)

Fakta pertama adalah bahwa orang yang mudah marah ternyata lebih optimis. Menurut sebuah penelitian dari Universitas Toronto, Kanada, orang yang marah cenderung melihat sisi terang dalam situasi yang suram.

Mereka juga lebih yakin dengan kemampuan mereka dan berani mengambil tantangan untuk mencapai impian mereka. Orang yang optimis pasti lebih bahagia karena mereka tidak mudah putus asa dan selalu berharap pada hal-hal baik.

Baca Juga: 5 Tanda Orang yang Sulit Mengontrol Emosi dan Mudah Marah

2. Orang yang mudah marah lebih kreatif

ilustrasi marah (pexels.com/SHVETS production)

Fakta kedua adalah bahwa orang yang mudah marah ternyata lebih kreatif. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Personality and Social Psychology Bulletin menemukan bahwa orang yang marah lebih mampu menciptakan ide-ide baru dan unik.

Hal ini karena marah membuat otak lebih terbuka dan fleksibel dalam memproses informasi. Orang yang kreatif biasanya lebih puas dengan diri mereka sendiri dan menikmati kehidupan lebih banyak.

3. Orang yang mudah marah lebih produktif

ilustrasi marah (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Fakta ketiga adalah bahwa orang yang mudah marah ternyata lebih produktif. Sebuah penelitian dari Universitas Pittsburgh, Amerika Serikat, menunjukkan bahwa orang yang marah lebih termotivasi untuk bekerja keras dan menuntaskan pekerjaan mereka.

Marah memberikan dorongan dan semangat untuk mengatasi rintangan dan masalah. Orang yang produktif pasti lebih bahagia karena mereka merasa berhasil dan berguna.

4. Orang yang mudah marah lebih jujur

ilustrasi marah (pexels.com/Timur Weber)

Fakta keempat adalah bahwa orang yang mudah marah ternyata lebih jujur. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Psychological Science menemukan bahwa orang yang marah lebih cenderung mengungkapkan pendapat dan perasaan mereka secara langsung dan tegas.

Mereka juga lebih berani mengkritik atau menolak hal-hal yang tidak sesuai dengan nilai-nilai mereka. Orang yang jujur biasanya lebih bahagia karena mereka tidak menyimpan dendam atau kekecewaan.

Baca Juga: 5 Hal yang Memicumu Mudah Marah hingga Tak Terarah

Verified Writer

Muhamad Aldifa

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya