TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Membangun Kebiasaan Membaca di Tengah Kesibukan Sehari-hari

Biarpun sibuk, literasi juga penting

ilustrasi membawa buku (unsplash.com/Elin Melaas)

Membangun kebiasaan membaca di tengah kesibukan harian bisa jadi tantangan tersendiri, terutama bagi kita yang hidup di era digital ini. Banyak dari kita yang lebih sering terpaku pada layar gadget daripada membuka lembaran buku. Membaca nggak cuma bikin kita tambah pintar, tapi juga bisa jadi cara yang efektif buat melepaskan diri dari stres dan rutinitas yang monoton.

Banyak cara yang bisa kita coba untuk membuat membaca menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari. Yuk, simak tips-tips berikut ini untuk menambah asupan literasi di tengah kesibukan!

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Rasa Malas agar Tetap Produktif Setiap Hari

1. Tentukan waktu khusus untuk membaca

ilustrasi membaca buku (unsplash.com/Prasanna Kumar)

Meluangkan waktu khusus untuk membaca setiap hari bisa jadi langkah pertama yang efektif. Cobalah untuk menyisihkan 15-30 menit setiap pagi atau malam hari khusus untuk membaca. Waktu tersebut bisa kamu jadikan sebagai momen me-time, di mana kamu benar-benar fokus pada buku yang sedang kamu baca tanpa gangguan.

Membaca sebelum tidur juga bisa membantu kamu lebih rileks dan tidur lebih nyenyak. Jadi, daripada scrolling media sosial sebelum tidur, lebih baik habiskan waktu tersebut dengan membaca beberapa halaman buku. Kebiasaan ini akan membantu otakmu untuk beralih dari mode kerja atau mode bersosial media ke mode istirahat.

2. Selalu bawa buku atau e-Reader

ilustrasi membawa buku (unsplash.com/Offscreen Magazine)

Selalu membawa buku atau e-Reader ke mana pun kamu pergi bisa membuatmu lebih mudah menyempatkan waktu untuk membaca. Kamu bisa memanfaatkan waktu-waktu luang seperti saat menunggu di antrean, naik transportasi umum, atau bahkan saat istirahat makan siang untuk membaca.

Dengan membawa buku atau e-Reader, kamu juga bisa mengurangi ketergantungan pada gawai. Daripada terus-terusan mengecek notifikasi atau media sosial, membuka buku bisa menjadi alternatif yang lebih bermanfaat dan menyenangkan.

Baca Juga: 5 Tips Membangun Kebiasaan Membaca Buku supaya Konsisten

3. Gabung ke komunitas atau klub buku

ilustrasi buku-buku (unsplash.com/Giulia Bertelli)

Bergabung dengan komunitas atau klub buku bisa memberikan motivasi tambahan untuk terus membaca. Di dalam komunitas, kamu bisa berdiskusi tentang buku yang sedang dibaca, mendapatkan rekomendasi buku baru, dan merasa lebih termotivasi karena ada teman-teman yang memiliki minat yang sama.

Selain itu, ikut komunitas buku juga bisa membuka wawasanmu tentang berbagai genre dan penulis yang mungkin belum pernah kamu kenal sebelumnya. Ini bisa membuat aktivitas membaca jadi lebih seru dan menantang karena kamu selalu punya buku baru yang menarik untuk dibaca.

4. Manfaatkan audiobook

ilustrasi audiobook (unsplash.com/Aaron Burden)

Kalau kamu merasa sulit menemukan waktu untuk duduk dan membaca, cobalah mendengarkan audiobook. Audiobook bisa menjadi solusi praktis buat kamu yang sering berada di jalan atau punya kegiatan yang tidak memungkinkan untuk membaca buku fisik.

Dengan audiobook, kamu bisa tetap menikmati cerita atau materi dari buku sambil melakukan aktivitas lain, seperti berolahraga, berkendara, atau bahkan saat membersihkan rumah.

Verified Writer

Heyleen

Mahasiswa ekonomi yang tertarik dengan tulisan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya