TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Bahan Alami untuk Menyerap Bau, Bisa Netralkan Aroma Ruangan

Pasang di setiap sudut ruangan, dijamin bikin rumah nyaman

Ilustrasi penyerap bau (pexels.com/Anna Shvets)

Menggunakan penyegar udara pada ruangan menjadi hal yang wajib untuk menjaga kenyamanan seisi rumah. Umumnya masyarakat akan memilih menggunakan produk wewangian yang mengandung bahan kimia yang sebenarnya dapat beresiko untuk kesehatan kulit dan pernapasan.

Ternyata ada bahan alami yang dapat digunakan sebagai penyerap bau tidak sedap pada hunian atau barang-barang seperti sepatu, laci, hingga saluran air. Simak baik-baik uraian dibawah ini untuk mengubah hunianmu selalu segar dan nyaman.

1. Kopi bubuk

Ilustrasi penyerap bau (pexels.com/Olha Ruskykh )

Kopi bubuk sudah menjadi rahasia umum dalam menghilangkan bau yang terdapat pada kulkas atau ruangan rumahmu. Aroma yang kuat dapat menyerap bau-bau tidak sedap yang berasal dari makanan, debu dan sumber aroma kuat lainnya.

Caranya mudah sekali, cukup letakkan bubuk kopi pada wadah kecil di sudut kulkas dan loker atau bulir kopi pada pouch kecil dan gantungkan ke ruangan yang pengap. Aroma kopi bisa menetralkan dan membuat ruanganmu jadi lega kembali.

2. Soda kue

Ilustrasi penyerap bau (pexels.com/Kaboompics .com)

Baking soda atau soda kue merupakan bahan yang bisa menyerap bau pada barang-barang bahkan ruangan pada hunianmu. Caranya cukup gampang dengan menaburkan soda kue ke barang seperti kasur, lemari dan sepatu diamkan selama 30 menit hingga semalaman kemudian vacum untuk menghilangkan baking soda.

Pada pakaian kamu bisa merendam cucian dengan tambahan baking soda dan untuk ruangan rumah cukup letakkan semangkuk soda kue di pojok tersembunyi. Hal ini berfungsi menyerap dan menetralkan bau di udara.

3. Tanaman hias

Ilustrasi penyerap bau (pexels.com/Oksana Shchegolkova)

Jika kamu sedang mencari solusi untuk menghilangkan bau pada ruangan sekaligus memberi kesan keindahan tanaman hias bisa jadi opsi yang sesuai untuk kebutuhanmu. Bunga geranium, lavender, dan melati arab, bunga sedap malam hingga mint adalah jenis yang direkomendasikan karena wanginya.

Letakkan pot yang berisi tanaman cantik itu pada sudut-sudut ruang untuk memberi aroma menenangkan. Penggunaan tanaman ini bisa menjaga aroma hunianmu selalu terkondisikan dan tentunya menjadikannya indah dipandang mata.

Baca Juga: 5 Cara Simpel agar Ruangan Rumah Terlihat Lebih Luas

4. Air lemon

Ilustrasi penyerap bau (pexels.com/SHVETS production)

Masalah saluran pembuangan apda wastafle dapur memang menjadi hal yang menyebalkan. Selain mengganggu keindahan bau yang ditimbulkan tidak nyaman untuk indera penciuman. Sekarang kamu tidak perlu khawatir, siapkan lemon dan hempaskan bau pada saluran air.

Siramkan dua cangkir air perasan lemon ke saluran air wastafle atau pembuangan sampah yang bau. Air lemon dapat membuatnya bersih karena kandungan asamnya mengikis kerak minyak dan sampah serta menimbulkan aroma segar.

5. Cuka putih

Ilustrasi penyerap bau (pexels.com/Lisa Fotios)

Saat ruangan rumah berbau bangkai tikus atau hewan lainnya yang mengganggu gunakan cuka putih untuk membantu menetralisir aroma pada ruanganmu. Tuangkan secukupnya cuka putih ke dalam wadah plastik dan lapisi dengan penutup rapat yang telah dilubangi.

Bahan ini akan menyerap bau tidak sedap, meskipun tidak langsung membuat baunya hilang namun hal akan berhasil setelah beberapa waktu. Tempatkan dalam sudut ruangan atau bagian yang menjadi sumber bau menguar.

6. Kertas bekas

Ilustrasi penyerap bau (pexels.com/Suzy Hazelwood)

Laci dan ruang pada lemari penyimpananmu menimbulkan aroma kayu yang menyengat atau aroma tidak sedap lainnya? Hal ini perlu ditangani untuk menjaga barang atau makanan pada lemari agar tidak terkontaminasi baunya.

Serat selulosa kayu pada kertas koran dapat menyerap bau dengan optimal, cukup remas-remas kemudian lipat dengan rapi menjadi alas pada laci penyimpanan. Jangan lupa untuk menjaga kelembapan agar selalu kering ya.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Tanaman dalam Ruangan agar Tumbuh Segar 

Verified Writer

Mega Ansav

Waspada dulu, tenang kemudian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya