TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Manfaat Membaca Komik atau Manga, Banyak Efek Positifnya

Dapat pengetahuan dan hiburan sekaligus

ilustrasi membaca komik atau manga (istock.com/ChuangTzuDreaming)

Kamu pembaca komik atau manga dan sering dipandang buruk oleh lingkunganmu? Entah dianggap membuang-buang waktu, kegiataan gak bermanfaat, hingga kekanakan. Padahal komik atau manga tidak hanya menghibur, terdapat pula sisi terang lainnya.

Tanpa banyak orang sadari, membaca komik atau manga memiliki banyak manfaat. Mulai dari sisi akademik hingga kesehatan mental. Gimana, penasaran apa saja manfaatnya? Yuk, simak penjelasan dari lima manfaat membaca komik atau manga buat kamu!

1. Bikin hal rumit jadi mudah dipahami

ilustrasi membaca komik atau manga (istock.com/Marco_Piunti)

Persoalan rumit kadang susah dipahami. Meskipun sudah mencari jawaban dengan berbagai cara. Mulai dari mencari penjelasannya di buku hingga bertanya pada orang lain.

Nah, komik atau manga bisa membantu masalah ini. Komik atau manga menyajikan informasi dengan cara yang lebih menarik dan mudah dicerna. Informasi dalam komik atau manga tidak dikemas dalam bentuk teks saja, namun dikemas dengan alur cerita dan visual yang menarik. Proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan gampang diingat. Sehingga, kamu dapat memahami konteks dari suatu persoalan dengan mudah.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Buku Robert Kiyosaki, Cocok untuk Investor Pemula

2. Asah skill berpikir kritis dan kreatif

ilustrasi berpikir kreatif (istock.com/Creative-Touch)

Kemampuan berpikir kritis dan kreatif sangat bermanfaat dalam kehidupan. Terdapat banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengasahnya. Salah satunya dengan cara membaca komik atau manga. Memangnya bisa, ya?

Saat membaca komik atau manga, kamu tidak hanya mengikuti alurnya saja. Kamu juga mencoba menganalisis dan memahami tokoh serta situasi yang ada di dalamnya. Tanpa kamu sadari, proses tersebut memaksamu berpikir secara mendalam tentang motif, keputusan, dan konsekuensi dari tindakan dari para tokoh.

Selain itu, penggambaran situasi dalam komik atau manga juga mempengaruhi cara kamu mengolah informasi. Detail kecil gambar bisa menjadi petunjuk sebuah plot twist pada jalan cerita. Sehingga, saat coba menghubungkan tiap elemen dan jalan ceritanya, otak akan berpikir secara tajam dan kreatif. Ditambah lagi, kamu terlatih lebih cepat memecahkan masalah dan berpikir out of the box.

3. Melatih kemampuan menyusun informasi

ilustrasi menyusun informasi (istock.com/Sakorn Sukkasemsakorn)

Dalam komik atau manga, informasi disajikan secara visual dan tekstual. Jadi, kamu harus pintar-pintar dalam menyusun elemen-elemen cerita. Seperti karakter, alur, dan latar belakang agar dapat memahami alur cerita dalam komik atau manga.

Aktivitas ini secara intensif otak bekerja dalam hal mengorganisasi informasi dan mengaitkan berbagai informasi. Ketika pembaca komik atau manga sudah terbiasa, habit ini pun dapat digunakan dalam berbagai situasi. Termasuk dalam masalah akademik hingga pekerjaan.

4. Mengembangkan kepekaan emosional

ilustrasi membaca komik atau manga (istock.com/Imgorthand)

Pernah gak, sih, ketika baca suatu cerita kamu ikut terbawa suasana dan jadi emosional? Entah kamu jadi marah, menangis, ataupun bahagia saat mengikuti alurnya. Hal ini juga kerap dirasakan pembaca komik atau manga.

Komik atau manga seringkali menggabungkan ilustrasi yang kuat dengan narasi yang menyentuh. Ilustrasi dan narasi tersebut, membantu para pembaca untuk connect dengan tokoh didalamnya. Seolah kamu sendiri yang sedang mengalaminya.

Secara tidak sadar pun kamu lebih peka terhadap orang lain dan lebih berempati. Selain memupuk kepekaan, kamu juga dapat lebih bersemangat dan pantang menyerah ketika menghadapi suatu permasalahan. Keren bukan efek baca komik atau manga?

5. Media untuk bikin pesan serius secara positif

ilustrasi membaca komik atau manga (istock.com/miodrag ignjatovic)

Komik atau manga menggabungkan gambar dan teks. Penyajian komik atau manga menampilkan cerita dengan karakter-karakter yang relatable dan situasi yang bisa dipahami secara mudah. Informasi yang biasanya berat atau membuat stres pun bisa disajikan dengan cara yang menyenangkan dan engaging. Dapat dikatakan, manga atau komik tak sekadar menghibur, namun juga media untuk refleksi diri bahkan cara untuk belajar akademik. 

Terbukti, baca komik atau manga bukan hal yang sia-sia. Berbagai macam manfaat membaca komik atau manga pun dapat diaplikasikan dalam kehidupan. So, gak usah malu lagi jika kamu suka komik atau manga!

Baca Juga: 10 Rekomendasi Manga Terbaik dengan Setting di Masa Depan

Verified Writer

Masrurotul Hikmah

Cheesecake addict!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya