TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Cara Menikmati Hidup secara Perlahan dan Bermakna, Terapkan Slow Living

Mau terapin juga gak?

ilustrasi wanita bahagia (unsplash.com/Eye For Ebony)

Hidup yang serba cepat bikin pikiran jadi cepat lelah. Apapun harus dipikirkan jika tidak ingin ketinggalan. Namun, sebenarnya segala trend yang ada gak perlu diikuti demi kebaikan hati dan pikiran. 

Daripada bikin kepala pusing, lebih baik coba untuk menerapkan hidup yang lebih santai namun juga menciptakan kebahagiaan. Seperti menerapkan pola hidup yang lebih damai serta santai. Berikut adalah empat cara menikmati hidup secara perlahan dan bermakna dengan menerapkan prinsip slow living.

1. Kurangi kesibukan yang tidak perlu

ilustrasi bahagia (unsplash.com/Mateus Campos Felipe)

Identifikasi dan kurangi aktivitas atau komitmen yang tidak mendatangkan kebahagiaan atau nilai dalam hidupmu. Fokus pada kegiatan yang benar-benar berarti dan memberikan kepuasan. Dengan mengurangi kesibukan yang tidak perlu, kamu bisa memiliki lebih banyak waktu untuk menikmati momen-momen kecil dan hidup dengan lebih sadar.

Lakukan hal-hal yang penting saja untuk diprioritaskan. Sebab, ini akan bantu kamu untuk bisa hidup lebih berkesadaran penuh. Mudah bagimu untuk bisa menikmati waktu yang ada dengan damai. 

2. Praktikkan mindfulness

Ilustrasi cewek bahagia (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mindfulness atau kesadaran penuh melibatkan hidup di saat ini dan menghargai setiap momen. Latih diri kamu untuk lebih hadir dan menikmati aktivitas sehari-hari, seperti makan, berjalan, atau berbicara dengan orang lain.

Mindfulness membantumu merasakan kehidupan dengan lebih mendalam dan mengurangi stres yang sering datang dari terlalu banyak berpikir tentang masa lalu atau masa depan.

Mempraktikkan hal ini tentu membuatmu lebih tenang. Melakukan segala hal dengan konsentrasi tanpa adanya distraksi. Hidupmu jauh lebih membahagiakan, sebab kamu menempatkan diri dengan tepat.

Baca Juga: 5 Manfaat Ajarkan Mindfulness pada Anak, Bisa Bantu Mengatasi Stres

3. Kurangi ketergantungan pada teknologi

Ilustrasi duduk (unsplash.com/Євгенія Височина)

Batasi penggunaan gadget dan media sosial untuk mengurangi gangguan dan meningkatkan kualitas interaksi tatap muka. Cobalah untuk memiliki waktu tanpa teknologi setiap hari, seperti saat makan atau sebelum tidur. Ini membantumu lebih hadir dalam momen dan mengurangi stres yang sering diakibatkan oleh informasi berlebihan.

Mulai sekarang coba perlahan untuk mengurangi cek sosial media. Apabila dilakukan secara konsisten kamu tidak akan stress terpapar informasi gak penting. Gunakan smartphone untuk hal penting dan sewajarnya saja.

4. Terapkan slow living

Ilustrasi bahagia (pexels.com/mellamed)

Slow living adalah gaya hidup yang menekankan pada kualitas daripada kuantitas, menikmati momen dan menjalani hidup dengan lebih sadar dan bermakna. Fokus pada melakukan sesuatu dengan sepenuh hati dan tanpa terburu-buru. Nikmati proses daripada hanya hasil akhirnya, baik itu dalam bekerja, makan, atau berinteraksi dengan orang lain.

Tentu jika sudah dibiasakan hidup akan jauh dari kebisingan. Ketenangan dapat kamu rasakan dengan utuh. Makanya terapkan dari sekarang jika ingin merasakan kenikmatannya.

Dengan menerapkan cara-cara ini, kamu bisa menikmati hidup dengan lebih perlahan, penuh kesadaran, dan bermakna, sehingga meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan kamu.

Baca Juga: 5 Keuntungan Memiliki Pasangan dengan Gaya Hidup Slow Living

Verified Writer

Maftukhatul Azizah

I write to inspire and connect with you. Follow me on my Instagram journey @maftukhazizah.🌹

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya