TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Kendala Jika Sering Menganggap Remeh Suatu Proses

Harus pandai kendalikan diri ya

ilustrasi meremehkan proses (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mindset atau pola pikir merupakan hal yang paling penting untuk dimiliki. Makanya kita harus selalu menjaga pikiran supaya bisa beraktivitas dengan lancar. Salah satu hal yang tidak boleh dilakukan supaya bisa menjalani hidup dengan baik adalah jangan menganggap suatu proses selalu mudah.

Hal ini jatuhnya malah meremehkan suatu proses yang belum tentu demikian mudah dilakukan. Menganggap remeh suatu proses bisa mengakibatkan beberapa kendala, seperti:

1. Kualitas hasil yang buruk

ilustrasi wanita menyesal (pexels.com/Liza Summer)

Perlu diwaspadai, menilai sesuatu dengan remeh akan membuat seseorang tidak mempunyai rasa kehati-hatian. Apalagi jika diterapkan saat hendak menjalani suatu proses. Hindari bersikap demikian ya jiak tidak ingin kualitas hasil menjadi buruk. 

Jika proses dianggap remeh, kemungkinan besar tidak akan diberikan perhatian dan upaya maksimal, yang dapat mengakibatkan hasil yang kurang memuaskan atau bahkan cacat. Kamu sangat menghindari hasil seperti ini bukan?

2. Penundaan atau keterlambatan

ilustrasi cewek malas (unsplash.com/Aleksandra Sapozhnikova)

Jangan menilai sesuatu dengan remeh sebab kita tidak tahu apa yang terjadi di depan nanti. Di tambah hidup ini dipenuhi ketidakpastian dan perubahan yang bisa kapan saja datang. Maka dari itu meremehkan suatu proses apa pun dalam hidup sangat membahayakan. 

Menganggap remeh suatu proses bisa membuat seseorang cenderung menunda-nunda atau mengabaikan langkah-langkah yang sebenarnya penting, yang pada akhirnya dapat menyebabkan keterlambatan dalam penyelesaian tugas atau proyek.

Baca Juga: 5 Hal untuk Direnungkan Sebelum Menganggap Remeh Sesuatu

3. Kegagalan untuk belajar

Ilustrasi cowok gagal (unsplash.com/Francisco De Legarreta C.)

Tak berhenti di situ saja, kendala berikutnya yang mungkin saja mengenai orang yang menganggap remeh ialah jadi menyepelekan semua hal. Apalagi kendala tersebut berupa melewatkan hal-hal yang berharga dalam hidup. 

Dengan menganggap remeh suatu proses, seseorang mungkin melewatkan kesempatan untuk belajar hal-hal baru atau meningkatkan keterampilan mereka karena mereka tidak menginvestasikan waktu atau energi yang cukup.

Verified Writer

Maftukhatul Azizah

I write to inspire and connect with you. Follow me on my Instagram journey @maftukhazizah.🌹

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya