TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Tanda Kamu Sudah Arogan ke Orang Lain, Yuk Sadar!

Jangan tunggu ditegur orang lain dulu baru sadar!

ilustrasi sikap arogan (pexels.com/Eman Genatilan)

Pernah bertemu dengan orang yang sombong? Tentu rasanya memuakkan dan bikin kepala mendidih, bukan? Siapa pun pasti gak ada yang senang bergaul dengan orang sombong atau arogan. Sayangnya, terkadang tanpa sadar kamu sendiri yang berlaku seperti itu ke orang lain.

Nah, supaya hubunganmu dengan orang lain bisa berjalan dengan mulus dan harmonis, sebaiknya cari tahu apakah kamu termasuk orang yang arogan atau enggak.

Sebelum sampai ditegur orang lain karena sikap aroganmu, sebaiknya cepat-cepat cari tahu tanda kamu arogan ke orang lain termasuk apa saja, sih? Ini daftarnya!

1. Langganan telat

ilustrasi menunggu (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Sesekali telat mungkin masih bisa dimaklumi. Akan tetapi, kalau sampai sudah langganan telat dan kamu merasa tidak bersalah, itu tanda kamu arogan ke orang lain.

Bisa jadi, kesengajaanmu untuk datang terlambat bersumber dari pemikiran kalau waktumu lebih berharga dibanding orang lain, sehingga bebas-bebas saja untuk telat. Kamu merasa walaupun telat, toh, bakal tetap ditunggu. Sikap demikian sudah termasuk arogan, lho.

2. Sering memotong pembicaraan

ilustrasi rekan kerja (pexels.com/Los Muertos Crew)

Menyela pembicaraan bisa menunjukkan kalau kamu merasa ada hal yang lebih penting diomongkan dibanding apa yang sedang disampaikan oleh orang lain. Perilaku seperti ini bisa memperlihatkan tanda kamu arogan ke orang lain dan tidak menghargai orang lain. Hati-hati, sikap seperti ini termasuk attitude yang buruk dan akan merusak personal image kamu, lho.

Baca Juga: 5 Alasan untuk Tidak Membalas Tindakan Arogan dengan Sikap Serupa

3. Merasa superior dibanding orang lain

ilustrasi sikap arogan (pexels.com/Анна Хазова)

Baik dari segi penampilan, status, gelar pendidikan, atau hal lain kamu merasa lebih unggul. Terkadang perasaan seperti ini memang bagus untuk meningkatkan rasa percaya diri. Hanya saja, kalau sudah sampai mendorong tindakan yang meremehkan orang lain pertanda rasa percaya dirimu itu sudah kelewat batas!

4. Gak mau melakukan tugas remeh

ilustrasi suasana kerja (pexels.com/Werner Pfennig)

Di tempat kerja memang masing-masing sudah punya job description-nya. Meski demikian, gak berarti kamu benar-benar ‘alergi’ untuk mengerjakan hal yang tampak remeh dan tidak sesuai status atau jabatanmu. Apa salahnya, sih, untuk fotokopi dokumen sendiri. Jangan apa-apa minta junior atau OB (Office Boy) melakukannya karena merasa pekerjaan tersebut gak level dengan posisimu.

5. Tidak mau mendelegasikan tugas ke orang lain

ilustrasi suasana kerja (unsplash.com/Anthony Da Cruz)

Tanda kamu arogan ke orang lain, yakni sulit sekali untuk percaya pada orang lain. Kamu merasa tidak ada yang mampu mengerjakan tugas sebaik dirimu, sehingga apa-apa ingin dikerjakan sendiri.

Kondisi seperti ini selain bisa bikin kewalahan dan gampang burnout juga berakibat buruk terhadap teamwork, lho. Jika kamu seorang leader, juniormu akan merasa tidak diberi kesempatan untuk berkembang. Bila kamu berada di posisi setara, rekan kerjamu akan merasa cuma jadi aksesoris dan bakal kapok jika bekerja satu tim lagi denganmu.

6. Sulit untuk melakukan introspeksi

ilustrasi tatapan wanita (unsplash.com/Genessa Panainte)

Merasa sudah sempurna dan jadi pribadi terbaik, kamu kesulitan untuk melakukan introspeksi. Cara pandang inilah yang bikin dirimu jadi anti kritik. Kendati saran atau kritikan yang diberikan dilakukan dengan baik-baik, respons yang kamu berikan selalu bikin sebal. Emang susah, deh, kalau orang sudah merasa selalu benar!

Baca Juga: 5 Cara Elegan Menghadapi Orang Arogan, Gak Perlu Dibalas

Verified Writer

L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya