TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Menyeimbangkan Pikiran di Tengah Kesibukan dan Tanggung Jawab

Jangan lupa diterapkan secara rutin, ya

ilustrasi menjaga pikiran tetap damai (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Menjalani kehidupan dewasa kerap membuat kita beradu dengan kesibukan dan tanggung jawab yang diemban. Hal demikian berkaitan dengan pekerjaan maupun peran yang kita jalani dalam kesehariannya. Mendapati kondisi tersebut, tak jarang pikiran kita terasa penuh dan jauh dari perasaan damai.

Untuk mengatasi pikiran yang tidak tenang, kita perlu mencari solusi guna menyeimbangkannya. Pasalnya, apabila dibiarkan terus-menerus, maka kesehatan mental kita bisa terganggu. Sehingga, kita perlu menerapkan beberapa tips guna menyeimbangkan pikiran di tengah kesibukan dan tanggung jawab

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Kesehatan Mental Introvert di Tengah Kesibukan

1. Berusaha untuk tetap terhubung dengan diri sendiri

ilustrasi berdialog dengan diri sendiri (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Terhubung dengan diri sendiri menjadi sarana refleksi yang memungkinkan bagi seseorang memahami pikiran, emosi, maupun tekanan yang dialami. Menjalin koneksi dengan diri sendiri membuat kita mampu memahami diri untuk memaksimalkan beragam aspek kehidupan. Pasalnya, kita mampu mengetahui potensi diri, menentukan priotitas, dan memahami kebutuhan diri untuk kemudian mengembangkannya.

Oleh karena itu, kita perlu merawat hubungan dengan diri sendiri meskipun di tengah kesibukan dan tanggung jawab. Hal demikian dapat dimulai dengan cara sederhana, yakni meluangkan waktu sejenak untuk melakukan self talk positif. Aktivitas tersebut mampu meningkatkan koneksi dengan diri sendiri.

2. Rutin meluangkan waktu untuk bermeditasi

ilustrasi perempuan melakukan meditasi (pexels.com/Mikael Blomkvist)

Meski kita menghadapi beragam kesibukan dan tanggung jawab, kita tak boleh lupa dengan diri sendiri. Pastikan kita mengambil jeda sejenak untuk melakukan meditasi secara rutin. Pembiasaan demikian mampu membantu kita dalam mengarahkan pikiran agar tetap fokus.

Sehingga, kita mampu mengendalikan pikiran supaya tidak terbebani dengan beragam kesibukan. Bahkan tanggung jawab yang diemban pun dapat terlaksana dengan baik apabila kita mampu mengatur tekanan dalam pikiran. Imbasnya, kedamaian batin akan tercipta dengan sendirinya.

3. Meluangkan waktu untuk melakukan aktvitas yang membuat kita bahagia

ilustrasi perempuan membaca (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Dalam menjalani hidup, kesibukan dan tanggung jawab seolah tiada habisnya. Pada satu titik, kita kerap merasa lelah secara mental dan merasa tertekan. Kondisi demikian wajar dialami lantaran kita sebagai manusia tentu memiliki batasan dalam melakukan banyak hal.

Sehingga kita perlu berusaha menyeimbangkan pikiran supaya aktivitas yang padat tidak membuat kita terbebani. Salah satu caranya dengan meluangkan waktu melakukan aktivitas yang membuat kita merasa bahagia. Hal demikian bisa dimulai dari melakukan hobi yang boleh jadi selama ini terlupakan.

Baca Juga: 5 Cara Menghadapi Konflik yang Timbul dari Kesibukan Kerja Pasangan 

4. Tetap fokus pada tujuan yang ingin dicapai

ilsutrasi fokus pada tujuan (pexels.com/Sam Lion)

Upaya menyeimbangkan pikiran di tengah kesibukan dan tanggung jawab sangat penting untuk dilakukan. Tindakan demikian dapat mencegah terjadinya kelelahan secara mental. Pikiran kita pun akan terasa lebih ringan dan nyaman meskipun banyak hal yang sedang dikerjakan.

Salah satu cara untuk menyeimbangkan pikiran yakni dengan tetap fokus pada tujuan yang ingin dicapai. Artinya, kita tidak perlu berusaha memikirkan sesuatu yang berada di luar kendali atau sesuatu yang datangnya dari aspek eksternal. Melatih fokus pada diri sendiri menjadi kemampuan yang harus dimiliki supaya pikiran kita tidak terasa penuh.

Verified Writer

Izah Cahya

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya