TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Sikap agar Semangat Hidup Tetap Terjaga dan Tidak Mudah Padam

Dijamin termovitasi untuk menjalani hari-hari!

ilustrasi perempuan bersemangat dalam menyelesaikan pekerjaan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Menghadapi kehidupan yang berdinamika ini tentu kerap menguras energi dalam diri. Maka tak jarang apabila semangat hidup kita selalu mengalami kondisi yang pasang surut.

Kita mudah bersemangat apabila dihadapkan dengan kenyataan yang menyenangkan. Sebaliknya, semangat dalam diri mudah redup apabila sedang menghadapi tekanan, tantangan, rasa lelah, serta beragam hal lain yang bisa menurunkan motivasi.

Lantas, bagaimana cara kita supaya bisa menjaga semangat hidup agar tidak mudah padam di tengah hiruk pikuk kehidupan? Berikut beberapa sikap yang perlu dilakukan sebagai upaya menjalani hari-hari dengan perasaan positif.

1. Memiliki tujuan hidup yang jelas

ilustrasi perempuan memiliki tujuan jelas (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setiap orang perlu memiliki tujuan hidup yang jelas. Hal tersebut diperlukan guna memberikan kita arah supaya tetap fokus dalam menjalani hidup. Tindakan demikian akan mendorong kita untuk tetap bersemangat lantaran terdapat kejelasan tujuan yang hendak dicapai.

Adapun cara menetapkan tujuan yang spesifik tentu tidak sulit dilakukan. Hal tersebut dapat dimulai dengan menetapkan tujuan kecil yang realistis untuk dicapai dalam waktu dekat guna mencapai tujuan yang lebih besar. Dengan strategi demikian semangat dalam diri tetap terjaga lantaran kita termotivasi dengan beragam pencapaian kecil yang berhasil ditaklukkan.

2. Membiasakan diri untuk selalu bersyukur

ilustrasi perempuan bersyukur (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sikap bersyukur mendorong kita untuk menghargai segala sesuatu yang dimiliki tanpa melihat nilai besar atau kecilnya. Rasa syukur akan membuat kita lebih mudah melihat hal positif dalam setiap situasi yang dihadapi. Dengan rasa syukur pun kita akan selalu merasa dicukupkan terhadap segala sesuatu.

Sikap positif demikian apabila dirawat dengan baik tentu akan menciptakan semangat dalam diri. Sehingga pikiran kita akan selalu terjaga pada kebaikan. Dengan begitu, kita lebih mudah menjalani hidup lantaran terciptanya semangat dalam diri untuk terus menjaga sikap positif.

Baca Juga: 5 Mindset yang Bikin Kamu Mudah Kehilangan Semangat Hidup

3. Membebaskan diri melakukan hal yang disukai

ilustrasi berani mencoba hal baru (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Melakukan hal yang kita sukai sejatinya menjadi seni membebaskan diri untuk menggunakan kemampuan kita dalam mencapai hal yang diinginkan. Artinya kita tidak membatasi diri untuk mencoba beragam hal yang bisa dilakukan dan diinginkan.

Tindakan demikian dapat mendorong diri untuk tetap semangat dalam menjalani hidup. Sebab kita selalu memiliki harapan positif saat melakukan sesuatu yang kita sukai.

Untuk melakukannya, kita hanya perlu mencoba beragam hal baru guna meningkatkan kemampuan diri. Dimulai dari menekuni hobi, mengikuti beragam komunitas, mengikuti pelatihan, atau hal lainnya yang bisa memberikan dampak positif.

4. Memilih lingkungan yang positif dan membangun

ilustrasi saling mendukung (pexels.com/Hoàng Chương)

Selain dari faktor internal, menjaga semangat hidup juga bisa dipengaruhi oleh faktor eksternal. Hal tersebut berkaitan dengan bagaimana cara kita menciptakan suasana positif di lingkungan terdekat. Pastikan bahwa orang-orang di sekitar kita adalah mereka yang bersikap positif dan mendorong kita untuk terus maju.

Lingkungan yang demikian akan memudahkan kita dalam menjaga semangat. Sebab, lingkungan menjadi salah satu faktor penting dalam membentuk karakter setiap individu. Lingkungan yang positif akan meningkatkan energi dalam diri untuk membantu kita tetap termotivasi dalam menghadapi setiap tantangan.

Verified Writer

Izah Cahya

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya