TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Sikap Percaya Diri yang Bikin Seseorang Tidak Mudah Dimanipulasi

Harus memiliki kendali diri secara penuh

ilustrasi seseorang bersikap percaya diri (pexels.com/Mikhail Nilov)

Manipulasi termasuk tindakan yang berusaha mengendalikan dan memanfaatkan orang lain. Hal itu biasanya dilakukan dengan cara mempengaruhi emosi orang lain guna mencapai kepentingan pribadi.

Kepercayaan dalam diri menjadi salah satu kualitas diri yang penting dimiliki oleh setiap orang. Hal tersebut dapat membantu kita supaya tidak mudah dimanipulasi oleh orang lain. Sehingga kita bisa memiliki kendali penuh atas diri sendiri tanpa perasaan takut dimanfaatkan oleh orang lain.

Berikut beberapa sikap percaya diri yang bikin kita tidak mudah dimanipulasi. Pastikan kita menerapkan kelima sikap berikut supaya kehidupan yang dijalani terasa lebih menyenangkan.

 

1. Memahami batasan diri dengan jelas

ilustrasi tegas pada diri sendiri (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Bentuk sikap percaya diri yang perlu kita miliki yakni memahami batasan diri dengan jelas. Dengan memahami batasan, membuat kita berani bertindak apabila didapati sikap orang lain yang tidak selaras dengan prinsip dan nilai yang diyakini. Dengan begitu, kita tidak akan mudah terpengaruh orang lain lantaran memiliki limit yang perlu ditaati.

Personal boundaries menjadi batasan yang ditentukan oleh diri sendiri dalam berinteraksi dengan orang lain. Hal tersebut meliputi batasan secara fisik maupun emosional. Tindakan demikian dilakukan guna mencegah terciptanya relasi yang toxic di sekitar kita yang bisa menghambat proses pengembangan diri.

2. Kerap berpikir kritis guna menganalisis kebenaran

ilustrasi berpikir kritis (pexels.com/Polina Zimmerman)

Sikap percaya diri juga ditunjukkan melalui proses berpikir. Membiasakan diri untuk berpikir kritis sangat membantu dalam mengidentifikasi setiap kondisi. Imbasnya kita bisa menganalisis kebenaran dari setiap keadaan yang terjadi.

Sikap demikian dapat membantu kita untuk tidak mudah dimanipulasi oleh orang lain. Hal tersebut berkaitan dengan sikap yang cenderung mengolah setiap informasi dengan mendalam. Dengan kemampuan berpikir kritis, maka kita mampu mengenali tanda-tanda pihak yang hendak memanipulasi kita.

Baca Juga: 5 Tanda Kalian Tidak Mudah Dimanipulasi Orang

3. Berkomunikasi dengan sikap yang tegas

ilustrasi berbincang dengan orang lain (pexels.com/RDNE Stock project)

Berkomunikasi dengan menunjukkan ketegasan adalah bagian dari rasa percaya diri. Hal itu berarti kita tidak merasa takut atau khawatir ketika menyampaikan pikiran dan perasaan secara langsung. Sikap yang tegas dalam berkomunikasi mampu mencegah kemungkinan untuk dimanipulasi.

Sehingga sudah semestinya kita bersikap tegas saat berinteraksi dengan orang lain. Dengan begitu, kemandirian dalam diri perlahan bisa saja muncul. Kemudian kita bisa menentukan langkah ke depannya dengan lebih spesifik.

4. Mampu menghargai diri sendiri

ilustrasi tersenyum (pexels.com/Phil Nguyen)

Rasa percaya diri sejatinya dapat tumbuh dengan mudah apabila kita mampu menghargai diri sendiri. Tindakan demikian menjadi fondasi guna memupuk kepercayaan dalam diri. Apabila kita telah menghargai diri sendiri, maka kita tak akan membiarkan orang lain merendahkan atau membohongi diri sendiri.

Hal tersebut dapat membantu kita untuk membentengi diri dari tindakan orang lain yang berusaha memanipulasi. Menghargai diri sendiri membuat kita memiliki standar yang tinggi atas perlakuan orang lain kepada kita. Dengan begitu, kita tak akan menerima perlakuan orang lain yang dirasa kurang pantas untuk dilakukan.

Verified Writer

Izah Cahya

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya