TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Memberikan Pujian pada Diri Sendiri Terasa Lebih Membanggakan

Daripada berharap pujian dari orang lain

ilustrasi memberikan pujian pada diri sendiri (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Manusia sejatinya memiliki kebutuhan psikologis untuk dihormati dan diterima oleh orang lain. Manusia juga menginginkan pujian agar mereka merasa dihargai. Melalui pujian, dapat membuat setiap individu merasa termotivasi untuk berusaha melakukan hal lebih baik lagi.

Namun, berharap pujian dari orang lain pun sebenarnya tidak dianjurkan. Pasalnya kita rentan mengalami kekecewaan apabila bersandar pada hal di luar kendali. Lebih baik kita berikan pujian kepada diri sendiri tanpa menunggunya dari orang lain. Hal demikian akan terasa jauh lebih membanggakan lantaran beberapa hal berikut.

1. Orang yang paling tahu mengenai proses kita adalah diri sendiri

ilustrasi perempuan fokua dengan diri sendiri (pexels.com/David Escala de Almeida)

Pada dasarnya, tak ada orang yang lebih mengenal kita selain diri sendiri. Ia hadir setiap saat membersamai dalam proses demi proses kehidupan yang kita tempuh. Ia selalu berusaha mendukung apapun keadaan yang telah kita lalui atau yang akan kita hadapi berikutnya.

Maka penting bagi kita untuk memberikan pujian pada diri sendiri. Pujian atas segala upaya dan kerja keras yang selama ini telah dilakukan. Pujian kepada diri sendiri akan terasa membanggakan lantaran kita menjadi saksi betapa kerasnya kita berjuang untuk sampai di titik saat ini.

2. Pujian kepada diri sendiri untuk mengingatkan kualitas diri yang dimiliki

ilustrasi belajar percaya diri saat menentukan pilihan (pexels.com/)

Tak bisa dimungkiri bahwa keadaan kita tak selalu berada di kondisi terbaik. Ada saatnya kita merasa tidak percaya diri lantaran beberapa alasan. Justru di kondisi demikian, kita perlu hadir sepenuhnya untuk diri sendiri dengan memberikan pujian.

Pujian tersebut akan kembali mengingatkan kita pada kualitas diri yang dimiliki. Bahwa kita masih mempunyai potensi yang bisa dikembangkan. Bahwa selalu ada jalan bagi kita apabila memilih untuk tetap bertahan. Pujian tersebut membantu kita untuk melihat kembali kekuatan-kekuatan yang mungkin tertutup oleh perasaan insecure.

Baca Juga: 5 Alasan Menerima Pujian Itu Penting Meski Kamu Merasa Gak Layak

3. Kita mampu menghargai usaha yang dilakukan oleh diri sendiri

ilustrasi perempuan bersemangat dalam menyelesaikan pekerjaan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sudah semestinya kita memberikan pujian kepada diri sendiri. Tindakan tersebut dilakukan sebagai bentuk apresiasi kepada diri sendiri. Pasalnya kita adalah orang yang paling tahu terhadap diri sendiri mengenai usaha yang telah dilakukan selama ini.

Pujian tersebut memiliki arti bahwa kita mampu memperlakukan diri sendiri dengan penuh kasih. Hal demikian tentu terasa lebih membanggakan lantaran kita memberikan dukungan positif kepada diri sendiri. Hal tersebut sebanding dengan upaya yang sudah kita lakukan dengan maksimal.

4. Kita terbebas dari harapan akan validasi eksternal

ilustrasi menerima diri sendiri (pexels.com/Pragyan Bezbaruah)

Manusia kerap merasa ingin diakui dan diterima oleh orang lain. Hal tersebut berkaitan dengan validasi eksternal yang sejatinya tidak boleh diharapkan. Kita bisa kehilangan identitas pribadi apabila masih bergantung pada hal di luar kendali.

Tindakan memuji diri sendiri dapat menjadi alternatif bagi kita untuk terbebas dari harapan akan validasi eksternal. Kita cenderung mudah merasa cukup apabila mampu mengakui, menerima, dan menghargai perasaan serta pemikiran diri sendiri tanpa perlu melibatkan orang lain. Hal tersebut dapat dilakukan dengan sebuah pujian tulus untuk mengapresiasi segala pencapaian diri sendiri hingga titik sekarang.

5. Pujian yang dilontarkan untuk diri sendiri cenderung lebih tulus

ilustrasi seorang perempuan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Dalam hal memuji diri sendiri, tentu setiap orang akan mengusahakan yang terbaik. Misalnya dengan pemilihan kalimat yang positif untuk menciptakan rasa percaya diri. Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa pujian yang dilontarkan pada diri sendiri cenderung mengandung ketulusan lantaran ingin memberikan hal yang terbaik.

Memuji diri sendiri penting untuk dilakukan sebagai upaya menjaga kesehatan secara mental. Hal tersebut berkaitan dengan penerapan sikap bermurah hati kepada diri sendiri. Sebab jika bukan kita yang menyayangi diri sendiri, lantas siapa lagi?

Memberikan pujian pada diri sendiri juga membantu kita untuk menemukan keseimbangan dalam hidup. Sebab dalam menjalani hidup terkadang kita bisa terjebak dalam pusaran kritik, keraguan, bahkan penghakiman. Dengan memuji diri sendiri akan menciptakan kebanggaan dan kesadaran bahwa ternyata kita masih memiliki potensi diri yang bisa dikembangkan.

Baca Juga: 5 Pola Pikir Keliru tentang Pujian, Kadang Bikin Insecure

Verified Writer

Izah Cahya

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya