TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kalimat Ini Bantu Tingkatkan Percaya Diri saat Mengambil Keputusan

Mulai sekarang, jangan ragu lagi, ya

ilustrasi belajar percaya diri saat menentukan pilihan (pexels.com/)

Dalam menjalani hidup, kita akan selalu dihadapkan dengan beragam pilihan. Tak jarang, momen mengambil keputusan kerap mendebarkan lantaran adanya keraguan dalam diri terhadap pilihan yang hendak diambil. Keraguan tersebut dapat terjadi lantaran dipengaruhi oleh hal-hal menyakitkan yang pernah terjadi maupun ketakutan akan hal yang bisa saja terjadi di masa depan.

Sejatinya, mengalami keraguan dalam pengambilan keputusan adalah hal yang wajar. Manusiawi apabila kita mengalami kondisi demikian. Hanya saja kita perlu lebih bijak dalam menyikapi keraguan dalam tersebut. Mari biasakan untuk mengatakan beberapa kalimat seperti berikut saat hendak mengambil keputusan sebagai dorongan memperoleh rasa percaya diri.

Baca Juga: 7 Bukti Kamu Tipe Orang yang Berani Mengambil Risiko dalam Hidup

1. "Sesekali, cobalah percaya pada diri sendiri mengenai apa yang kamu putuskan"

ilustrasi perempuan fokua dengan diri sendiri (pexels.com/David Escala de Almeida)

Saat mengambil keputusan dalam hidup, sejatinya kita hanya perlu dorongan dari dalam diri. Dorongan itulah yang akan membuat kita merasa yakin untuk melangkah. Namun, tidak semua orang berani menciptakan dorongan tersebut lantaran diliputi keraguan.

Sehingga kita perlu strategi untuk bisa berani mengambil keputusan. Ciptakan rasa percaya diri dengan mengucapkan afirmasi positif. Salah satunya berbisik pada diri sendiri untuk mencoba percaya mengenai hal yang sudah dilakukan. Jika bukan kita sendiri yang merasa yakin, lantas mau siapa lagi?

2. "Tidak apa-apa, selama kamu sudah mempertimbangkannya sebelum memutuskan sesuatu"

ilustrasi perempuan tersenyum (pexels.com/Amdrea Piacquadio)

Manusiawi apabila kita merasa ragu dalam pengambilan keputusan. Tapi jangan sampai hal tersebut berangsur terus-menerus hingga menjadi kebiasaan. Sebab hidup adalah tentang pilihan, sehingga kita perlu yakin pada diri sendiri dalam melangkah supaya mampu menjalani hidup dengan semestinya.

Hal yang perlu kita lakukan yakni dengan memberikan suntikan motivasi pada diri sendiri. Sesekali coba katakan pada diri sendiri bahwa semuanya akan baik-baik saja selama kita telah mempertimbangkan segala sesuatu sebelum memilih. Hal tersebut sejatinya bisa menjadi modal untuk meningkatkan kepercayaan diri.

Baca Juga: 6 Langkah untuk Menemukan Personal Outfit, Tumbuhkan Percaya Diri

3. "Keputusan yang tepat adalah ketika kamu siap dengan segala risiko yang bisa saja terjadi"

iustrasi seorang perempuan (pexels.com/Nicholas Swatz)

Kesulitan saat mengambil keputusan dalam hidup kerap disebabkan oleh rasa takut salah langkah. Hal demikian sering terjadi lantaran banyak orang kerap memaknai sebuah keputusan dengan kebenaran atau kesalahan. Sehingga, hal itu membuat kita khawatir apabila keliru memilih.

Namun pada kenyataannya, tidak ada keputusan yang benar atau salah. Yakinkan pada diri sendiri bahwa semua keputusan adalah tepat selama kita mau bertanggung jawab terhadap segala risikonya. Maka, pastikan kita mempertimbangkan konsekuensi sebelum menentukan langkah.

4. "Pengambilan putusan adalah proses yang menantang untuk pertumbuhan diri sendiri"

ilustrasi mengalami kemajuan dalam hidup (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jangan pernah ragu untuk mengambil beragam keputusan dalam hidup. Sebab perasaan ragu hanya akan membuat kita terbelenggu dalam ketakutan. Pastikan kita mendorong diri sendiri untuk mencoba mengambil sebuah keputusan dengan rasa percaya diri.

Caranya yakni dengan memberikan suntikkan semangat dalam diri. Sampaikan pada diri kita bahwa proses pengambilan keputusan adalah kesempatan bagi kita untuk bertumbuh. Maka, pastikan kita memanfaatkan peluang tersebut demi kebaikan diri sendiri untuk jangka panjang.

Verified Writer

Izah Cahya

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya