TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Jangan Berusaha Mati Rasa terhadap Kesedihan

Sebab kesedihan juga perlu dirayakan

ilustrasi seorang perempuan (pexels.com/Ivan Mudruk)

Banyak orang yang berusaha terlihat baik-baik saja saat tengah menghadapi kesedihan. Banyak orang yang masih menganggap bahwa perasaan sedih adalah hal yang harus dihindari. Hal demikian tak lepas dari kehadiran rasa sedih yang tidak diharapkan lantaran kerap menyiksa, menyakitkan, bahkan membuat ingin terus menangis.

Namun pada kenyataannya, semakin kita menghindari kesedihan, justru perasan itu akan terasa semakin menyiksa. Kita tidak akan pernah bisa pulih apabila terus mencoba menghindarinya. Maka, jangan berusaha mati rasa terhadap kesedihan lantaran beberapa alasan berikut. Pastikan kita memahaminya dengan cermat, ya!

1. Bagaimanapun juga kesedihan menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam hidup

ilustrasi merenung (pexels.com/Thirdman)

Menghindari kesedihan sejatinya bukan solusi yang tepat untuk keluar dari ketidaknyamanan. Justru kita perlu belajar untuk menerima kehadiran perasaan tersebut dalam kehidupan kita. Pasalnya, kesedihan menjadi bagian dari pasang-surut kehidupan yang tak dapat terpisahkan.

Sehingga, tak ada alasan bagi kita untuk berusaha mati rasa terhadapnya. Sejatinya, kita hanya perlu berusaha menghadapinya sama seperti cara kita ketika berusaha menghadapi kebahagiaan. Bagaimanapun juga rasa sedih perlu kita hargai kehadirannya supaya kita mampu memaknai kehidupan dengan lebih luas.

2. Kesedihan terkadang membantu kita untuk benar-benar merenungi arti hidup

ilustrasi perempuan merenung (pexels.com/Rio Kuncoro)

Jangan pernah sekali-kali kita menghindar dari rasa sedih. Apabila kita sedang merasa sedih, maka sudah semestinya bagi kita untuk belajar menerimanya. Memang tidak nyaman, namun ketahuilah bahwa perasaan sedih tersebut dapat membuat kita benar-benar merenungi arti hidup.

Dalam kondisi yang tidak menyenangkan, setidaknya membuat kita berpikir bahwa kehidupan tak melulu tentang kebahagiaan. Maka, pastikan bahwa kita bersedia menerima kesedihan sebagai bagian dari hidup yang dijalani. Pasalnya, kita akan bisa menghargai setiap momen apabila sebelumnya pernah mengalami kesedihan.

Baca Juga: 6 Hal yang Perlu Kamu Lakukan saat Mengalami Kesedihan

3. Rasa sedih diperlukan untuk menjaga keseimbangan dalam hidup

ilustrasi seorang perempuan (pexels.com/Harun)

Banyak orang yang masih keliru dalam memaknai kehidupan sebagai sesuatu yang membahagiakan. Sehingga bagi mereka, perasaan sedih tidak seharusnya hadir. Imbasnya, mereka akan meremehkan kesedihan dengan tidak bersedia untuk menerimanya maupun berusaha untuk merasakannya.

Konsep berpikir demikian tentu perlu kita benahi dengan segera. Pasalnya, dalam kehidupan yang dinamis ini, diperlukan keseimbangan bagi kita dalam menikmati setiap momen. Ada momen yang menyenangkan, menyedihkan, mengharukan, menakutkan, dan masih banyak lagi. Keseimbangan itulah yang akan membuat hidup yang kita jalani terasa lebih bermakna.

4. Kesedihan yang tidak disalurkan dengan tepat hanya akan menyiksa diri sendiri

ilustrasi seorang perempuan (pexels.com/Sam Lion)

Sejatinya, perasaan sedih sama halnya dengan kebahagiaan yang kerap kita alami. Bahwa kesedihan juga membutuhkan ruang untuk diekspresikan sebagaimana mestinya. Apabila kita sedang sedih, maka jangan ragu untuk menangis ataupun mengungkapkan segala hal yang membuat kita merasa menderita.

Pasalnya, rasa sedih juga perlu diobati dengan cara menerima kehadirannya. Maka berhentilah untuk memendam perasaan tersebut hanya karena kita tak ingin terlihat lemah. Sebab kesedihan yang tidak tersalurkan dengan tepat hanya akan menyiksa diri sendiri dan memberikan dampak buruk bagi kesehatan mental kita dalam jangka waktu panjang.

Verified Writer

Izah Cahya

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya