TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Dampak Positif saat Kamu Mulai Terbuka pada Tantangan

Artinya hidup kamu mengalami perkembangan

ilustrasi sikap terbuka pada tantangan (pexels.com/Antoni Shkraba)

Banyak orang yang berusaha untuk menghindari tantangan dalam hidup. Hal demikian terjadi lantaran sifat tantangan yang cenderung membuat tidak nyaman, terlihat menyulitkan, serta membutuhkan usaha dalam menaklukkannya.

Sejatinya hal demikian tergantung dari bagaimana cara kita memaknai dan merespons tantangan tersebut. Tantangan akan terasa mudah dihadapi apabila kita berusaha menerimanya dengan sikap positif, dan sebaliknya. Sehingga penting bagi kita untuk berusaha terbuka pada tantangan.

Bersikap terbuka pada setiap tantangan dalam hidup akan memberikan kita beragam dampak positif layaknya beberapa kebiasaan seperti berikut yang mampu membuat kita menjadi pribadi yang berkualitas.

Baca Juga: 5 Cara Efektif Mengatasi Rasa Takut saat Menghadapi Tantangan

1. Mampu mengalahkan rasa takut dalam diri

ilustrasi seseorang berani menghadapi masalah (pexels.com/RDNE Stock project)

Bersikap terbuka pada tantangan dalam hidup akan memberikan dampak positif bagi kita. Salah satunya kita menjadi bisa mengalahkan rasa takut dalam diri. Seolah tidak ada kecemasan yang berarti ketika menghadapi sebuah tantangan apabila kita telah bersedia menerima kehadirannya.

Sehingga, langkah demi langkah yang kita lalui cenderung terasa lebih mudah. Kita akan fokus pada proses yang dijalani, alih-alih pada hasil yang akan diperoleh. Sikap demikian yang membuat kita mampu menikmati setiap tantangan hidup sebagai proses pembelajaran yang bermakna.

2. Memiliki kekuatan sehingga tidak mudah goyah

ilustrasi perempuan kuat (pexels.com/JohnRae Cayabyab)

Selain hal tersebut, bersikap terbuka pada tantangan juga memberikan kita kekuatan dalam diri. Sehingga kita tidak mudah goyah dalam menghadapi setiap tantangan yang terjadi. Kita akan melakukan upaya yang terbaik, alih-alih memilih berhenti atau menyerah pada keadaan.
Sikap demikian membantu kita dalam proses perkembangan diri. Tantangan demi tantangan akan mudah kita hadapi lantaran pola pikir yang tetap terjaga. Bersikap terbuka pada tantangan hidup sama halnya dengan kita memaknai tantangan tersebut melalui sudut pandang yang membangun.

Baca Juga: 5 Kepribadian Positif yang Dimiliki Usai Gagal Move On Berkepanjangan

3. Mendorong diri sendiri untuk terus berjuang

ilustrasi tetap berusaha (pexels.com/Ron Lach)

Tantangan alam hidup tak jarang membuat banyak orang ingin berhenti berjuang. Hal demikian terjadi ketika mereka berada di titik terendah, seolah tidak ada lagi harapan yang tersisa.

Kondisi demikian wajar dialami. Namun, bagaimana respons kita mengenai hal tersebut yang perlu diperhatikan. Pastikan kita tidak membenarkan segala prasangka negatif dalam diri.

Melihat tantangan dari sudut pandang yang positif akan mendorong kita untuk terus berjuang. Tindakan demikian yang dinamakan dengan sikap terbuka pada tantangan untuk tumbuh jadi lebih baik.

4. Memiliki kesiapan untuk menghadapi perubahan

ilustrasi mengalami kemajuan dalam hidup (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Beragam tantangan dalam hidup yang kita hadapi kerap mendatangkan perubahan dalam hidup yang kita jalani. Hal demikian dapat dikatakan sebagai ketidakpastian dalam hidup. Terkadang kita bisa saja bertemu dengan banyak tantangan dalam satu harinya.

Oleh karena itu, dibutuhkan keterbukaan dalam merespons tantangan tersebut. Artinya, kita berusaha menerima untuk tidak lagi menolak kehadirannya. Tindakan demikian sangat membantu kita untuk menemukan kesiapan dalam menghadapi perubahan yang disebabkan oleh tantangan hidup.

Verified Writer

Izah Cahya

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya