TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Hidup yang Gak Sesuai Impian Bukan Berarti Gagal

Kita perlu memaknai sebuah impian dengan lebih luas

ilustrasi perempuan mencoba menikmati hidup (pexels.com/Claud Lina)

Ketika masih kecil, kita tentu memiliki impian yang ingin dicapai di masa depan. Namun seiring bertambahnya usia, impian tersebut kerap terasa sangat jauh untuk digapai. Hal demikian terjadi lantaran ada beberapa kondisi yang mengharuskan kita untuk mengejar hal lain yang sebenarnya tidak pernah kita pikirkan atau bukan menjadi tujuan.

Namun begitulah momen yang akan kita hadapi saat dewasa. Ada beragam hal yang terjadi di luar ekspektasi. Ada beragam momen yang terjadi di luar kendali. Ada pula impian yang harus dikorbankan lantaran berbagai alasan. Meskipun hidup yang kita jalani tidak sesuai dengan impian, jangan pernah menganggap hal itu sebagai kegagalan lantaran beberapa alasan seperti berikut.

Baca Juga: Kenapa Impian Terasa Sulit untuk Diraih? Ini 5 Penyebabnya

1. Sejatinya apa yang terjadi hari ini bukan akhir dari segalanya

ilustrasi perempuan tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kenyataan yang terjadi hari ini adalah bukan sepenuhnya kendali kita. Terkadang kita bisa dihadapkan dengan impian-impian yang tidak sesuai harapan. Dalam sudut pandang kehidupan, sejatinya fenomena tersebut wajar terjadi dalam hidup setiap manusia.

Sehingga penting bagi kita untuk memaknai keadaan tersebut sebagai sesuatu yang akan terus berkembang. Apabila hari ini hidup yang kita jalani tidak sesuai impian, maka hal itu bukan berarti kegagalan. Dunia tidak berhenti di hari ini selama kita masih diberi kesempatan untuk hidup. Maka, hasil hari ini bisa saja berubah selama kita bersedia untuk terus mengupayakannya.

2. Terkadang impian yang kita harapkan belum tentu yang terbaik

ilustrasi seorang perempuan (pexels.com/Ivan Mudruk)

Hudup yang tidak sesuai dengan impian tidak bisa kita katakan sebagai kegagalan. Pasalnya, tidak ada kegagalan bagi orang-orang yang berusaha untuk berkembang. Kita bisa memaknai kondisi hari ini sebagai hasil terbaik dari upaya yang telah kita lakukan.

Sebab boleh jadi impian yang kita harapkan belum tentu yang terbaik bagi hidup kita. Boleh jadi ada takdir lebih indah yang telah disiapkan oleh semesta. Terkadang, dalam menjalani hidup, kita hanya perlu berdamai dengan segala hal yang telah digariskan untuk kita jalani. Percayalah, selalu ada hal baik di balik takdir yang kita terima dengan keikhlasan.

Baca Juga: 5 Alasan Bijak Kenapa Kamu Tidak Perlu Terburu-buru Mengejar Impian

3. Hidup yang tak sesuai impian bukan berarti kita tak mampu mencapai keberhasilan

ilustrasi seseorang menikmati hidup (pexels.com/Kevin Malik)

Jangan pernah berpikir bahwa hidup yang tak sesuai impian artinya kita gagal. Sejatinya kegagalan hanya milik mereka yang tak punya pilihan selain menyerah. Sehingga mereka menganggap kenyataan yang tidak sesuai dengan yang diharapkan menjadi sebuah kegagalan.

Padahal apabila kita bersedia terbuka pada kenyataan hari ini, maka kita akan memperoleh hal positif di baliknya. Di mana kita tidak akan berhenti, terlepas dari kenyataan yang terjadi hari ini. Bahwa kita akan terus berupaya untuk sampai pada titik keberhasilan suatu saat nanti.

4. Pahami bahwa tidak semua harapan bisa menjadi kenyataan

ilustrasi menikmati momen (pexels.com/Karolina Kaboompics)

Hidup yang berjalan tidak sesuai impian bukan berarti kita menganggapnya sebagai kegagalan. Terkadang kita perlu memahami bahwa tidak semua yang kita harapkan bisa menjadi kenyataan. Sehingga apa yang terjadi hari ini boleh jadi adalah sesuatu yang memang terbaik untuk dijalani.

Hidup yang berjalan tidak sesuai impian juga bukan artinya tidak adil. Kita hanya perlu belajar memandang segala sesuatu melalui perspektif yang lebih membangun. Kita akan sampai pada titik bersyukur terhadap kondisi saat ini apabila bersedia mencari makna yang tersembunyi di balik ketetapan.

Verified Writer

Izah Cahya

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya