TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Bersyukur Bisa Bantu Kamu Melihat Hal Baik dalam Hidup

Yuk, belajar memupuk rasa syukur mulai dari saat ini!

ilustrasi perempuan bersyukur (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tidak ada yang menjamin bahwa hidup yang kita jalani akan baik-baik saja. Pasalnya selalu ada tantangan, persoalan, maupun kegagalan yang kerap membuat kita hampir menyerah. Di kondisi demikian, tak jarang kita akan bertindak secara impulsif apabila perasaan putus asa telah mendominasi.

Untuk bisa bertahan dalam situasi sulit seperti demikian, sejatinya kita perlu belajar membiasakan diri untuk selalu bersyukur. Saat dihadapkan dengan kondisi yang tidak nyaman, maka tetaplah bersyukur. Sebab kesadaran untuk bersyukur membantu kita untuk bangkit dari kegelapan dengan cara mampu melihat hal-hal baik yang terjadi dalam hidup.

1. Bersyukur membuat kita terbebas dari penyakit hati

ilustrasi tersenyum (pexels.com/Nothing Ahead)

Kebiasaan bersyukur sejatinya mendatangkan beragam manfaat. Salah satunya yakni membuat kita terbebas dari penyakit hati. Penyakit hati kerap dialami banyak orang lantaran tidak terbiasa berpikir positif terhadap segala sesuatu yang terjadi.

Kegiatan bersyukur mendorong kita untuk terbiasa berpikir positif. Sehingga kita bisa melihat hal-hal baik dari setiap kejadian. Kondisi tersebut tentu membantu kita dalam proses pengembangan diri untuk fokus pada diri sendiri, alih-alih kehidupan orang lain yang bisa mengundang penyakit hati.

2. Bersyukur membantu kita menciptakan emosi yang positif

ilustrasi perempuan bahagia (pexels.com/Fabricio Abdon)

Manfaat lain saat kita terbiasa bersukur yakni membantu kita menciptakan emosi yang positif. Hal tersebut berkaitan dengan beragam perasaan yang identik dengan hal menyenangkan. Terbiasa bersyukur membuat kita mudah dalam merasakan emosi-emosi positif, seperti bahagia, cinta, harapan, dan masih banyak lagi.

Dengan begitu, kehidupan yang kita jalani akan terasa lebih mudah. Pasalnya tidak ada lagi hambatan yang berarti lantaran dengan bersyukur kita bisa mengubah setiap hambatan menjadi tantangan untuk proses pengembangan diri.

Emosi positif dalam dirilah yang berperan untuk menentukan respons yang kita pilih dalam menghadapi setiap kondisi.

Baca Juga: 5 Keajaiban Menjalani Hidup dengan Rasa Syukur

3. Bersyukur melatih kita untuk melihat segala sesuatu dengan beragam perspektif

ilustrasi seseorang berpikiran terbuka (pexels.com/Karolina Grabowska)

Kebiasaan bersyukur sejatinya mampu mendatangkan beragam manfaat untuk diri sendiri. Dengan bersyukur kita bisa belajar untuk lebih tenang dan bijak dalam bersikap. Hal tersebut mendorong kita untuk melihat segala sesuatu berdasarkan beragam sudut pandang.

Sikap demikian akan membantu kita untuk melihat hal baik dalam hidup sehingga pikiran dan tenaga kita tidak dihabiskan dengan persoalan yang sia-sia. Bahkan segala kebaikan cenderung datang ke dalam hidup kita apabila kita selalu berpikir terbuka dan membiasakan diri untuk bersyukur.

4. Bersyukur membuat kita mampu fokus pada diri sendiri dan kondisi saat ini

ilustrasi bersyukur (pexels.com/PNW Production)

Bersyukur menjadi sikap yang bisa membawa kita pada kedamaian batin. Bukan tanpa alasan, dengan bersyukur kita akan terpacu untuk mengembangkan diri. Sebab kebiasaan bersyukur membuat kita mampu melihat potensi diri yang barangkali selama ini terabaikan.

Tindakan demikian mendorong kita untuk mampu fokus pada diri sendiri dan kondisi yang terjadi saat ini. Dengan bersyukur kita tak lagi merasa iri dengan kehidupan orang lain. Pasalnya kita memahami letak kelebihan dan kebaikan dari kehidupan yang kita jalani yang tentu berbeda dari setiap orang.

Verified Writer

Izah Cahya

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya