TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Mengecat Langit-langit agar Tampilan Ruangan Tampak Baru

Pastikan untuk mengamankan furnitur terlebih dahulu

ilustrasi persiapan mengecat ruangan (pexels.com/Blue Bird)

Mengecat langit-langit adalah salah satu keputusan yang bisa membawa tampilan ruangan ke tingkat yang benar-benar baru. Langit-langit yang dicat dengan baik dapat mencerahkan ruangan, membuatnya terasa lebih luas, hingga menambahkan sentuhan yang elegan. 

Pekerjaan mengecat langit-langit ruangan mungkin tampak menakutkan karena hal itu melibatkan kerja melawan gravitasi. Namun, dengan produk, alat, dan teknik yang tepat, maka akan mendapatkan hasil yang diinginkan. 

Untuk memastikan prosesnya semudah dan senyaman mungkin, ikuti kiat-kiat berikut untuk menyelesaikan pekerjaan mengecat langit-langit dengan cepat dan efisien.

1. Beli cat yang tepat

ilustrasi ember cat (pexels.com/Airam Dato-on)

Saat mengecat langit-langit, kamu tidak bisa menggunakan sembarang cat. Cat dinding umumnya terlalu encer untuk langit-langit, sehingga dapat menetes ke seluruh lantai, furnitur, dan tubuh. Sementara itu, cat langit-langit diformulasikan secara khusus untuk meminimalkan noda dan percikan, sehingga membuat pekerjaan pengecatan lebih mudah dan rapi.

Cat langit-langit sering kali lebih tebal daripada cat dinding dan biasanya memiliki hasil akhir matte untuk membantu menyembunyikan ketidaksempurnaan. Selain itu, beberapa cat langit-langit memiliki aditif yang membuatnya lebih tahan terhadap jamur.

2. Perbaiki masalah terlebih dahulu

ilustrasi persiapan mengecat (pexels.com/Blue Bird)

Pengecatan langit-langit terkadang bukan hanya bertujuan untuk meningkatkan estetika, tetapi juga untuk menutupi langit-langit yang rusak. Oleh karena itu, pastikan bahwa masalahnya sudah teratasi sebelum mulai mengecat. Beberapa penyebab langit-langit rusak di antaranya:

  • Atap bocor
  • Retak akibat tekanan
  • Paku menonjol
  • Hasil pertukangan yang buruk
  • Kerusakan pondasi
  • Noda pada tekstur langit-langit

Jika kamu berencana untuk mengecat langit-langit dan dinding, catlah langit-langit terlebih dahulu. Dengan begitu, jika terjadi tetesan, kamu akan dapat memperbaikinya. 

Baca Juga: 14 Tips agar Langit-Langit Kamar Gak Polos dan Monoton, bak di Hotel!

3. Jangan abaikan persiapan

ilustrasi menutup furnitur dengan kain penutup (pexels.com/Blue Bird)

Sebelum memulai pengecatan, sebaiknya kosongkan ruangan terlebih dahulu. Lindungi lantai dengan kain penutup kanvas atau lembaran plastik. Singkirkan juga semua lampu gantung atau perlengkapan penerangan. Jika ruangan tidak memungkinkan untuk dikosongkan, pindahkan furnitur ke tengah ruangan dan tutupi dengan kain penutup.

4. Pilih warna yang sesuai

ilustrasi mengaplikasikan cat pada dinding (unsplash.com/David Pisnoy)

Memilih warna untuk mengecat langit-langit merupakan bagian yang menyenangkan. Namun, kamu perlu mempertimbangkan lebih dari sekadar warna favorit tetapi juga tentang warna apa yang dapat membuat ruangan terasa lebih nyaman atau lebih megah.

Meskipun putih merupakan pilihan klasik untuk langit-langit karena kemampuannya membuat ruangan tampak lebih besar dan cerah, jangan takut untuk memilih warna lain. Berikut adalah beberapa warna yang bisa kamu pertimbangkan. 

  • Cat putih memantulkan cahaya dan mencerahkan ruangan sehingga dapat membuat dinding tampak lebih tinggi dan ruangan tampak lebih besar.
  • Cat gelap membuat langit-langit yang tinggi terasa lebih pendek dan menambah kesan dramatis pada ruangan.
  • Cat terang seperti abu-abu, krem, dan pastel dapat menambahkan kontras yang halus dan bergaya. 

Jika kamu merasa berani, warna yang mencolok atau bahkan pola dapat mengubah langit-langit menjadi sesuatu yang menonjol. Ingatlah untuk mempertimbangkan cahaya alami ruangan saat memilih warna karena hal ini dapat memengaruhi tampilan warna secara signifikan.

Verified Writer

Sharma Khan

Cukup baca tulisanku tanpa harus tahu siapa aku

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya