TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Hal yang Gak Bisa Dilakukan Orang Lain untukmu

Jangan terbiasa bergantung pada orang lain

ilustrasi orang sukses (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Hidup adalah perjuangan dan untuk menghadapi perjuangan tersebut, seseorang perlu percaya diri dan mandiri. Kamu mungkin merasa mempunyai teman yang selalu mendukungmu dan keluarga yang siap membantu kapan pun. Namun, seseorang yang selalu mencari bahu orang lain untuk diandalkan tidak akan pernah bisa menghadapi "perlombaan" hidup yang begitu cepat. 

Kamu tidak boleh terbiasa selalu bergantung pada siapa pun. Apalagi kenyataannya bahwa tidak semua hal bisa dilakukan orang lain untukmu karena hanya kamulah satu-satunya yang bisa melakukannya. 

Berikut empat hal yang perlu kamu lakukan sendiri agar bisa menjalani hidup yang lebih baik.

1. Menjaga kesehatan

ilustrasi seorang pria sedang berolahraga (unsplash.com/Alora Griffiths)

Dengan begitu banyak hal yang terjadi dalam hidup, baik itu deadline, rapat, ataupun pertemuan menjadi sangat mudah bagi kita untuk melupakan diri sendiri. Di masa seperti ini, sangat penting untuk tetap menjaga kesehatan fisik dan mental.

Dokter hanya bisa membantu menyembuhkan rasa sakitmu tetapi hanya kamu yang bisa menjaga kesehatan diri sendiri. Jika kamu makan makanan yang buruk atau kurang istirahat, hanya kamu yang benar-benar merasakan dampaknya. 

Baca Juga: 5 Dampak Positif jika Hidupmu Gak Terkontrol oleh Orang Lain

2. Menemukan tujuan hidup

ilustrasi orang sukses (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sama seperti sidik jari, setiap orang memiliki tujuan hidup yang tidak sama satu sama lainnya. Kamu tidak dapat menyalin tujuan hidup orang lain dan berharap bahagia dengan melakukan hal yang sama. Ini justru hanya akan membuat tidak bahagia dan tidak puas. 

Kamu memiliki serangkaian bakat, pengalaman, keahlian, dan minat tertentu, maka tujuan hidupmu dapat berhubungan dengan ini. Dengan mengetahui tujuan hidup sendiri, kamu akan mendapatkan makna dari segala sesuatu dan semua orang di sekitarmu. Tujuan hidup juga akan memberikanmu alasan untuk lebih semangat menghadapi hari. 

3. Mengelola emosi

ilustrasi ekpresi kesal (pexels.com/@olly)

Emosi adalah bagian normal dari kehidupan sehari-hari. Setiap hari, otak terus memproses informasi dan bereaksi terhadap apa yang dipelajarinya baik itu objek, orang, ide, atau peristiwa yang terjadi di sekitar. Terkadang emosi dapat berupa rasa kesal, frustrasi, sedih, bahagia, kagum atau bahkan marah. 

Mengelola emosi adalah hal penting karena jika emosi negatif dibiarkan, maka dapat menyebabkan masalah lain dalam dirimu sendiri atau orang di sekitarmu. Dalam hal ini, hanya dirimu sendirilah yang mampu melakukannya. Perasaan dan pikiran adalah milikmu, jadi hanya kamu yang bisa mengendalikannya.

Baca Juga: 5 Penyebab Obrolanmu Suka Diabaikan oleh Orang Lain

Verified Writer

Sharma Khan

Cukup baca tulisanku tanpa harus tahu siapa aku

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya