TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Langkah Efektif Berbelanja Bahan Masak untuk Anak Kos

Bisa bantu menghindari pemborosan

ilustrasi bahan masak (pexels.com/Karolina Kaboompics)

Sebagai seseorang yang tinggal di perantauan dan menetap di rumah kos, pasti mempersiapkan segala sesuatu tidak bisa seleluasa di rumah. Misalnya dalam hal berbelanja dan memasak. Banyak pertimbangan yang perlu dipikirkan supaya bahan-bahan termasak semua dan tidak terbuang sia-sia karena beberapa hal.

Untuk memaksimalkan berbelanja keperluan memasak, di bawah ini ada lima langkah efektif berbelanja bahan masak bagi anak kos. Dengan demikian, belanja lebih teratur dan bisa menghindari keborosan.

1. Buat perencanaan menu untuk beberapa hari

ilustrasi buku resep (unsplash.com/S O C I A L . C U T)

Sebelum keluar membeli bahan masak, kamu bisa membuat perencanaan menu selama seminggu atau beberapa hari ke depan. Cara ini akan membuat kamu lebih terorganisir dalam menentukan bahan-bahan yang perlu dibeli. Bahkan merencanakan menu juga bisa menghindari pembelian impulsif.

Setiap merencanakan menu sebaiknya tuliskan hidangan variatif supaya tidak cepat bosan. Sesuaikan dengan selera masing-masing dan eksplorasi resep baru jika diperlukan. Cara ini pun akan mengurangi kebingungan dalam memasak dan berujung membeli makanan cepat saji yang sebenarnya bisa dikurangi.

2. Tuliskan daftar bahan belanjaan dengan cermat

ilustrasi mencatat bahan (unsplash.com/WebFactory Ltd)

Dari menu yang sudah kamu tentukan, mulai tuliskan daftar bahan yang dibutuhkan dengan cermat. Setelah semua komponen ditulis, lakukan pemeriksaan di dapur dan contreng apa saja yang perlu dibeli. Buat kategori secara rapi, mulai dari bahan utama sampai bumbu-bumbu simpel supaya tidak terlewatkan.

Prioritaskan bahan-bahan yang diperlukan dan masukkan opsi lain jika seandainya bahan tersebut tidak bisa ditemukan. Hindari memasukkan belanjaan yang tidak terlalu diperlukan untuk menghemat biaya berbelanja. Dengan demikian, berbelanja akan semakin efisien.

Baca Juga: 9 Sikap Pemilik Kos yang Dibenci, Jangan Ditiru jika Berinvestasi

3. Sesuaikan jumlah bahan dengan kebutuhan

ilustrasi sayuran dalam box (pexels.com/Lisa Fotios)

Membeli bahan masak itu harus diukur juga dengan kebutuhan masing-masing. Cara ini perlu diterapkan untuk menghindari pemborosan. Kalau kamu tinggal sendirian, beli barang-barang dalam jumlah secukupnya untuk makan beberapa hari atau seminggu.

Jangan berlebihan dalam membeli suatu bahan yang tak begitu diperlukan. Terkadang jumlah bahan masak yang terlalu banyak bisa membuat kamu kepalang bosan. Jadi, sesuaikan bahan masak dengan porsi yang diperlukan biar efektif dan tidak mubazir.

4. Pilih bahan yang cocok dengan situasi dapur

ilustrasi bahan masak (pexels.com/ready made)

Menyeleksi bahan apa saja yang perlu dibeli dapat kamu sesuaikan dengan situasi dapur. Seandainya kos menyediakan fasilitas kulkas—baik itu untuk umum ataupun sendiri, kamu bisa lebih banyak memilih bahan. Begitu juga sebaliknya, jika tak ada kulkas maka sebaiknya pilih bahan-bahan yang aman saja.

Penyeleksian ini perlu diperhatikan untuk mencegah adanya bahan yang mudah membusuk sebelum dimasak. Terutama bahan segar seperti beberapa sayuran, daging, dan buah. Jadi, kamu harus selektif memilih bahan agar jangan sampai rugi dan capek dua kali karena harus mengatur pembelian bahan masak dari awal.

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya