TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kegiatan Produktif saat Weekend di Ramadan, Momen Tingkatkan Ibadah

Yuk, jadikan momentum ini untuk melakukan kegiatan baik

ilustrasi menyiapkan makanan berbuka (pexels.com/Thirdman)

Di bulan-bulan biasa, akhir pekan kerap dimanfaatkan untuk bermain seperti jalan-jalan, berbelanja, atau melakukan kuliner. Namun, saat Ramadan tiba, ada banyak sekali kegiatan positif yang dapat dilakukan sehingga bisa bermanfaat bagi kamu.

Berikut ini terdapat lima kegiatan yang bisa dilakukan selama menghabiskan waktu weekend di bulan Ramadan. Kamu pun jadi produktif dan bisa memanfaatkan waktu lebih baik lagi.

1. Meningkatkan ibadah

ilustrasi orang yang tengah beribadah (pexels.com/Thirdman)

Ramadan menjadi salah satu momentum yang tepat untuk meningkatkan ibadah. Oleh sebab itu, kamu bisa memperbanyak waktu ibadah pada saat akhir pekan sebagai bentuk pendekatan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Beribadah dengan khusyuk akan membuat kamu merasa tenang setelah berkegiatan yang panjang dan padat di hari-hari biasa. Makanya, jangan sungkan untuk meluangkan waktu akhir pekanmu dengan melakukan banyak kegiatan yang berkaitan dengan ibadah.

Baca Juga: 5 Ide Kegiatan Seru di Bulan Ramadan bareng Teman Seperantauan

2. Melakukan wisata religi

ilustrasi halaman masjid (pexels.com/Adnan Uddin)

Wisata religi menjadi salah satu kegiatan yang bisa kamu lakukan selama berakhir pekan di bulan Ramadan. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan mengunjungi tempat-tempat bersejarah maupun yang berkaitan dengan agama Islam.

Melakukan wisata religi sangat bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan agama Islam. Selain itu, kamu juga bisa menenangkan pikiran dari kegiatan yang padat sehari-hari dengan cara mencari aktivitas baru melalui wisata religi ini.

3. Memasak untuk menu berbuka

ilustrasi tengah memasak (pexels.com/Elina Fairytale)

Kalau kamu hobi memasak, maka akhir pekan bisa disalurkan dengan melakukan kegiatan positif seperti mencoba resep baru untuk berbuka. Kamu bisa berbelanja sendiri dan memilih bahan-bahan dengan santai di akhir pekan.

Setelah itu, kamu bisa memasak untuk mempersiapkan hidangan terbaik pada saat berbuka agar hati senang, pikiran fresh, dan produktif. Selain dilakukan sendiri, kegiatan ini juga dapat dilakukan bersama-sama dengan keluarga tersayang.

4. Mengikuti kajian

ilustrasi mengikuti kajian di dalam masjid (pexels.com/Alena Darmel)

Selain beribadah di rumah, kamu juga bisa mengikuti kajian di lingkungan sekitar pada saat memasuki akhir pekan. Bulan Ramadan menjadi salah satu momentum adanya banyak kajian yang bisa kamu ikuti.

Jika biasanya kamu menggunakan waktu istirahat untuk sekadar berdiam diri di rumah tanpa kegiatan, maka pergi ke kajian akan sangat bermanfaat lantaran kamu bisa mendapatkan banyak pengetahuan baru seputar keagamaan.

Baca Juga: 5 Kegiatan untuk Mengisi Waktu Luangmu Selama Ramadan

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya