TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Ide Lomba 17 Agustus di Kolam Renang yang Seru dan Meriah

Bisa dilakukan perseorangan atau kelompok

ilustrasi inspirasi lomba di kolam renang (pexels.com/Luis Quintero)

Perlombaan di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus sudah menjadi tradisi bagi masyarakat. Momen tersebut sering dijadikan kesempatan untuk berkumpul dan melaksanakan keseruan. Mulai dari anak-anak sampai orang tua hadir memeriahkan.

Berbagai perlombaan biasanya sudah direncanakan sejak jauh-jauh hari supaya lebih terorganisir dan optimal. Salah satu yang paling ditunggu biasanya adalah perlombaan di air. Basah-basahan saat lomba bakal seru banget, sih!

Untuk menambah euforia tersebut, kali ini ada beberpaa ide lomba 17 Agustus di kolam renang yang bisa ditambahkan. Coba kamu terapkan!

Baca Juga: 6 Ide Lomba 17 Agustus Berkelompok, Melatih Kekompakan Tim!

1. Perlombaan balap renang

ilustrasi perlombaan berenang (pexels.com/Jim De Ramos)

Perlombaan di kolam bisa dimulai dengan melaksanakan balap renang. Salah satu kompetisi yang bisa dilakukan oleh anak-anak sampai orang dewasa. Model perlombaan ini bisa dilakukan perseorangan ataupun estafet, tergantung fasilitas kolam yang dipakai.

Lomba balap renang bisa menjadi salah satu cara untuk mengenalkan aktivitas olahraga air tersebut ke khalayak. Pastikan panitia membuat peraturan sejelas mungkin dan awasi perlombaan untuk keselamatan para peserta. Selain itu, informasi kedalaman dan luas kolam juga perlu dipertimbangkan saat hendak mengadakan lomba ini.

2. Lomba gebuk bantal

ilustrasi kolam renang (pexels.com/Pixabay)

Gebuk bantal menjadi salah satu lomba tradisional yang cukup dinanti saat perayaan Hari Kemerdekaan. Perlengkapan lomba ini memerlukan kolam dan bambu untuk diletakkan melintang. Setiap peserta diharuskan memegang bantal untuk menjatuhkan lawan.

Selain mengandalkan kolam buatan, panitia bisa mempertimbangkan kolam renang sebagai lokasi andalan. Biar optimal, jangan lupa memeriksa kolam, kualitas bambu, dan bantal yang dipakai. Hal ini untuk memastikan acara lancar dan meminimalisir cidera.

3. Lomba memindahkan bendera

ilustrasi membawa bendera Indonesia (freepik.com/rawpixel.com)

Lomba memindahkan bendera cukup sering dilakukan di lapangan. Namun, kali ini kamu bisa mencoba memindahkan lokasi perlombaan ke kolam renang, sehingga setiap peserta akan berjalan penuh rintangan untuk memindahkan bendera dari satu sisi ke sisi kolam lain.

Supaya nyaman, gunakan kolam dengan kedalaman setengah badan rata-rata peserta. Lomba ini dapat diselenggarakan untuk perseorangan ataupun estafet supaya bertambah seru. Pastikan perlombaan selalu diawasi untuk keamanan dan kenyamanan para peserta.

Baca Juga: 5 Tips Bikin Nasi Tumpeng untuk Lomba Agustusan, Auto Menang!

4. Lomba mengambil barang

ilustrasi seseorang yang berenang (pexels.com/Jamal Yahyayev)

Kegiatan kompetitif yang dapat dilakukan di kolam renang juga bisa berupa lomba mengambil barang. Tipe perlombaan seperti ini cocok untuk perseorangan ataupun kelompok. Peserta bisa mengambil suatu objek sebanyak-banyaknya dalam kurun waktu tertentu.

Benda yang dipilih bisa berupa barang-barang mengapung ataupun benda tenggelam di dasar kolam. Untuk opsi kedua, pastikan benda yang dipakai aman dan gampang diidentifikasi agar tidak menyulitkan para peserta. Buat aturan sejelas mungkin supaya mudah dimengerti para peserta.

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya