TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal Kreatif yang Bisa Dilakukan dengan Bunga Potong, Banyak Ragam!

Kamu bisa belajar merangkai bunga

ilustrasi merangkai bunga potong (freepik.com/freepik)

Keindahan bunga selalu bikin siapa saja terpikat. Kadang-kadang bunga yang sudah mekar malah akan dipotong untuk berbagai alasan dan keperluan. Kecantikan bunga tidak berhenti dinikmati setelah dipangkas dari tangkainya.

Kalau kamu sedang panen bunga potong dan bingung hendak diapakan, maka di bawah ini ada lima hal yang bisa dilakukan dengan bunga potong biar makin kreatif.

1. Dijadikan buket bunga

ilustrasi buket bunga (pexels.com/Lina Kivaka)

Kalau kamu punya banyak bunga potong, maka sebagian dari itu bisa dibuat jadi buket. Nantinya, bunga dapat dipajang atau diberikan kepada orang tersayang. Bentuknya cantik dan otentik karena memakai bunga segar.

Cara membuat buket dari bunga segar cukup variatif. Tapi kamu perlu bantuan kertas cellpohene atau kertas khusus buket untuk membungkus bunga dengan rapi. Imbangi pakai pita atau tali temali supaya bentuk buket jadi semakin cantik setelah dirangkai.

2. Disimpan dalam vas bunga

ilustrasi bunga potong dalam vas (pexels.com/Melike Baran)

Cara memanfaatkan bunga potong juga dapat dimaksimalkan dengan menyimpannya dalam vas bunga. Langkah ini dapat membantu bunga tetap segar selama beberapa hari ke depan. Cocok sekali dijadikan pajangan di dalam ataupun luar rumah.

Biar bunga potong tahan lama, jangan lupa sediakan air bersih dan berikan flower food secukupnya. Kemudian iris ujung batang bunga secara menyerong biar penyerapan air semakin maksimal. Dengan begitu, bunga potong siap dirangkai dan disimpan.

Baca Juga: 8 Ide Dekorasi Interior Rumah Bergaya Natural dan Alami

3. Keringkan bunga agar tahan lama

ilustrasi bunga kering (pixabay.com/CathDu)

Kalau kamu ingin menyimpan bunga potong lebih lama, pilih opsi pengeringan. Bunga potong pun bisa dikeringkan supaya tahan disimpan berbulan-bulan lamanya. Memang warnanya akan jadi pudar, tapi cenderung cantik.

Cara mengeringkan bunga pun banyak metodenya. Salah satu yang populer adalah dikeringkan secara alami dalam posisi menggantung terbalik. Tapi, dibutuhkan waktu berhari-hari sampai bunga siap digunakan.

4. Bunga dapat dijadikan wewangian

ilustrasi potpourri (pexels.com/Alfredo Marco Pradil)

Tahu gak sih, kalau bunga potong juga bisa diubah jadi wewangian untuk ruangan. Salah satu yang populer adalah potpourri. Biar makin sedap, pilih bunga dengan wangi semerbak dan campur bersama rempah-rempah.

Untuk membuat potpourri diperlukan proses yang agak panjang. Pasalnya bunga perlu dikeringkan dulu. Kemudian setelah dicampur bahan lain, potpourri harus disimpan dalam keadaan tertutup sampai berminggu-minggu lamanya sebelum digunakan.

Verified Writer

Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya