TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal Sering Gak Disadari yang Mencerminkan Kamu Toksik

Apakah kamu kerap melakukan hal-hal ini?

ilustrasi orang menatap gawai (pexels.com/Alex Green)

Kita barangkali mengetahui dengan pasti bagaimana orang toksik itu dan berusaha menjauhinya. Kita tahu bahwa toxic people adalah orang yang menyebarkan sesuatu hal negatif ke lingkungan sekitarnya.

Namun, pernahkah kamu berpikir bahwa mungkin kamu juga termasuk orang yang toksik? Pernahkah kamu merasa bahwa orang-orang di sekelilingmu menghindarimu. Jika demikian, bisa jadi kamu menunjukkan perilaku toksik yang membuat orang lain merasa gak nyaman. Berikut merupakan lima hal tidak disadari yang mencerminkan bahwa kamu toksik.

Baca Juga: 6 Ciri Teman Toxic yang Harus Dihindari, Pahami Bahayanya 

1. Suka mengontrol orang lain

ilustrasi orang mengobrol (pexels.com/Christina Morillo)

Kebiasaan mengontrol orang lain jadi salah satu kebiasaan orang yang toksik. Mereka senang membuat orang lain melakukan apa yang mereka inginkan. Apakah kamu kerap melakukan hal ini, sadar atau tanpa sadar?

Tidak hanya memanipulasi orang lain, jika kamu termasuk orang toksik, kamu juga tidak segan berbohong dan menyembunyikan kebenaran demi menguntungkanmu. Beberapa orang barangkali menganggap bahwa kamu hanya memikirkan diri sendiri. Mereka juga mungkin beranggapan bahwa kamu orang yang tidak peduli dengan sesamamu.

2. Selalu ingin menjadi pusat perhatian

ilustrasi orang melakukan presentasi (pexels.com/Christina Morillo)

Mendapatkan perhatian dari orang lain tentu membuat hati senang. Namun, menjadi tidak dibenarkan ketika kamu terus menerus mencari perhatian orang lain. Orang yang toksik dapat menunjukkan sikap selalu ingin diperhatikan oleh lingkungan sekitarnya. Mereka bahkan merasa iri saat orang lain memperoleh perhatian lebih banyak darinya.

Tanpa disadari, kamu mungkin kerap kali menyela percakapan orang lain dan mengalihkan topik pembicaraan pada diri sendiri. Perilaku tersebut membuat orang lain menganggap bahwa kamu egois.

3. Drama queen atau drama king

ilustrasi orang bercakap-cakap (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Drama queen merupakan istilah yang menggambarkan kondisi seseorang yang kehidupannya dramatis. Drama queen merujuk pada perempuan, sedangkan drama king merujuk pada laki-laki. Seorang drama queen cenderung menjalani hidup yang didramatisasi. Tanpa sadar, kamu barangkali hidup sebagai drama queen.

Kamu senang membuat drama dan membesar-besarkan masalah kecil. Kamu selalu ingin memperoleh simpati dan perhatian orang lain. Kamu selalu membuat dirimu terlihat seperti korban dalam situasi tertentu. Kamu kerap menyimpan dendam yang merusak diri.

Baca Juga: 6 Tips Menghadapi Anggota Keluarga yang Toxic saat Liburan

4. Sulit untuk memaafkan

ilustrasi orang bertengkar (pexels.com/Liza Summer)

Poin ini berkaitan dengan poin sebelumnya. Karena kamu kerap menyimpan dendam untuk kepentingan diri sendiri, kamu menjadi sosok pribadi yang sulit untuk memaafkan. Hal ini membuat kamu terus menerus memikirkan masa lalu dan sulit move on.

Kamu tidak bisa melepaskan masa lalu ataupun menerimanya. Dendam yang terus terpelihara dalam diri tentu tidak baik bagi kesehatan fisik maupun mentalmu. Kondisi tersebut membuat kamu mudah marah, stres, dan tidak bahagia.

Verified Writer

Riani Shr

Writing for healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya