TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal Kecil yang Sering Membuat Kamu Merasa Kesepian

Kamu gak sendiri, kok!

ilustrasi orang menyendiri (unsplash.com/Myles Tan)

Dilansir Universitas Sanata Dharma, Beck dkk, menyebutkan bahwa kesepian merupakan adanya perasaan terasing dari sebuah kelompok, perasaan tidak dicintai, ketidakmampuan untuk membagikan kekhawatiran pribadi, dan terpisah dari orang-orang sekitar.

Kesepian juga umumnya menjadi tanda adanya perasaan sakit karena merasa sendirian. Merasa kesepian merupakan hal wajar yang dialami oleh setiap orang. Meski terdengar sepele, tetapi perasaan kesepian bisa memberikan dampak yang cukup signifikan lho terhadap kesehatan mental. Lantas, apa saja hal-hal kecil yang kerap membuat kamu merasa kesepian? Simak ulasan berikut!

Baca Juga: 5 Cara Mengusir Kesepian dan Menjalani Hari dengan Ceria

1. Kurangnya koneksi sosial yang bermakna

ilustrasi orang memeluk diri sendiri (pexels.com/Pixabay)

Manusia pada dasarnya merupakan makhluk sosial. Sehingga berelasi dengan orang lain merupakan kebutuhan dasar psikologis manusia yang harus terpenuhi agar bisa bertahan hidup. Saat kebutuhan ini tidak terpenuhi, seseorang akan merasa sendiri dan terisolasi.

Inilah mengapa merasa kesepian kerap dihubungkan dengan kurangnya koneksi sosial yang bermakna. Hal ini tidak semata-mata merujuk pada jumlah teman, tetapi lebih kepada kualitas dari hubungan yang kamu miliki dengan orang lain. Ketika kamu merasa tidak didengarkan, dipahami, atau didukung oleh orang-orang sekelilingmu, perasaan kesepian pun bisa muncul.

2. Perbandingan diri dengan orang lain secara negatif di media sosial

ilustrasi orang bermain ponsel (pexels.com/cottonbro studio)

Apakah kamu kerap membandingkan dirimu sendiri dengan orang lain di media sosial? Tidak dapat dimungkiri, era digital saat ini membuat kita mudah terpapar kehidupan orang lain melalui media sosial. Kita bisa dengan mudah melihat kebahagiaan orang lain.

Melihat unggahan teman yang tampak bahagia dan sukses dapat memicu perasaan iri dan merasa tidak cukup. Padahal, apa yang tampak di media sosial belum tentu menggambarkan keadaan sebenarnya. Nah, perbandingan inilah yang bisa memicu perasaan kesepian dalam diri.

Baca Juga: Strategi Mandiri Mengatasi 8 Jenis Kesepian

3. Takut akan penolakan

ilustrasi orang bimbang (unsplash.com/Nik Shuliahin 💛💙)

Takut akan penolakan merupakan ketakutan alami yang muncul ketika kamu membuka diri terhadap kemungkinan tidak diterima oleh orang lain. Perasaan ini umum dialami oleh banyak orang karena bisa jadi sebagai bentuk dari pertahanan diri. Yakni mekanisme untuk melindungi diri dari rasa sakit emosional.

Meskipun demikian, ketakutan akan penolakan juga bisa menghalangi kamu untuk berkembang. Salah satu dampak negatif dari takut akan penolakan adalah adanya rasa kesepian. Kamu barangkali merasa tidak layak untuk dicintai atau diterima oleh orang lain, sehingga memilih untuk menyendiri.

4. Adanya perasaan tidak berharga

Ilustrasi orang merasa sedih (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Apakah kamu pernah atau seringkali merasa tidak berharga? Tidak layak untuk menjalani hidup, tidak punya tujuan, dan hanya mengurung diri? Saat kamu merasa tidak berharga atau tidak punya kontribusi yang berarti, perasaan kesepian pun akan mudah muncul.

Ketidakberhargaan membuat kamu merasa tidak dibutuhkan oleh orang lain. Kamu pun merasa kehidupanmu amatlah sunyi. Ada sejumlah kondisi yang membuat seseorang merasa tidak berharga, seperti sulit mengelola stres, punya luka masa lalu, dan banyak menerima kritik negatif.

Verified Writer

Riani Shr

Writing for healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya