TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Investasi Diri yang Bisa Kamu Lakukan saat Single 

Momentum yang tepat untuk berinvestasi terhadap diri sendiri

ilustrasi orang tersenyum (pexels.com/Pixabay)

Orang yang punya status single biasanya digambarkan sebagai orang yang sedih dan merasa kesepian. Sebab, lingkungan sosial kita banyak melantamkan hidup berpasangan maupun berkeluarga. Padahal, orang yang punya status single bukan berarti orang yang sedih dan merasa kesepian.

Masa-masa single justru merupakan momentum yang tepat untuk berinvestasi terhadap diri sendiri. Masa-masa single menjadikan kamu bebas, sehingga kamu cenderung punya lebih banyak waktu untuk diri sendiri, tanpa banyak memikirkan orang lain yang menjadi pasanganmu.

Pertanyaannya, sudahkah kamu berinvestasi terhadap diri sendiri ketika single? Ada berbagai macam cara berinvestasi terhadap diri sendiri yang bisa kamu lakukan selama masa single-mu.

1. Mencari banyak pengalaman

ilustrasi perempuan berdiri di samping kereta (pexels.com/Life Of Pix)

Kamu bisa memanfaatkan masa-masa single-mu untuk mencari dan memperoleh banyak pengalaman. Mengisi masa-masa single dengan banyak pengalaman adalah salah satu cara berinvestasi terhadap diri sendiri. Pengalaman membuat kamu dapat berkembang dan belajar.

Terlebih di era digital sekarang, pasti ada banyak pengalaman yang menarik untuk kamu coba. Bebaskan dirimu untuk mengeksplorasi banyak hal. Jangan takut mencoba hal-hal baru dalam hidupmu. Pengalaman yang kamu dapatkan akan membuat kehidupanmu semakin seru dan menyenangkan.

2. Menaruh fokus pada karier

ilustrasi orang bekerja (pexels.com/fauxels)

Tidak sedikit orang yang memilih untuk single karena fokus pada karier. Tidak masalah jika kamu melakukannya. Menaruh fokus pada karier jadi salah satu investasi terhadap diri sendiri karena kamu akan memperoleh hasil yang menguntungkan di kemudian hari.

Apalagi jika karier yang kamu pegang saat ini merupakan pekerjaan yang kamu impikan dan cita-citakan. Maka, teruslah berprogres dan berproses dalam kariermu. Tidak hanya membawamu pada jabatan maupun peran tertentu, menaruh fokus pada karier juga membuat kamu dapat terus mengasah serta meningkatkan hard skill maupun soft skill-mu.

Baca Juga: 7 Tips Jadi High Value Single, Resolusi Tahun Baru Naikkan Value!

3. Menekuni hobi maupun minat pribadi

ilustrasi orang memotret (pexels.com/David Bartus)

Selain dua cara yang telah disebutkan sebelumnya, kamu juga bisa berinvestasi dengan menekuni hobi maupun minat pribadi. Penting lho punya hobi. Hobi bukan sekadar kegiatan yang kamu lakukan di waktu senggang. Lebih dari itu, hobi adalah kesenangan istimewa yang kamu miliki yang dapat membawamu pada dampak berarti.

Menekuni hobi membuatmu tidak terjebak dalam aktivitas yang monoton. Menekuni hobi membuat kamu dapat mengatur waktu untuk work-life balance. Dari hobi yang kamu tekuni itu, kamu bahkan bisa membuat prestasi.

4. Menjalankan dan mempertahankan gaya hidup yang berkualitas

ilustrasi orang bahagia (pexels.com/Daniel Xavier)

Seperti yang dikatakan di awal, masa-masa single membuat kamu punya lebih banyak waktu untuk diri sendiri. Kesempatan berharga ini bisa kamu gunakan untuk menjalankan dan mempertahankan gaya hidup yang berkualitas. Kamu bisa memperbaiki banyak hal dalam hidupmu, melalui pengalaman, percakapan berarti, maupun melalui membaca.

Kamu bisa mengubah kebiasaan buruk, mengubah pola pikir yang usang, mengendalikan emosimu, dan lain sebagainya. Kamu bisa terus berusaha untuk memantaskan diri sebelum bertemu jodohmu. Pernah mendengar pertanyaan bahwa value yang kamu miliki menunjukkan bagaimana pasanganmu di kemudian hari, kan.

Verified Writer

Riani Shr

Writing for healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya