TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Buku Teach Like Finland Karya Walker Layak Kamu Baca

Ada yang udah baca bukunya?

sampul buku Teach Like Finland (pangobooks.com)

Banyak dari kita mengetahui bahwa Finlandia merupakan negara yang siswa-siswinya mencetak skor tertinggi di PISA atau Programme for International Student Assessment. Berdasarkan fakta tersebut, kita menyimpulkan bahwa Finlandia memiliki sistem pendidikan yang terbaik di dunia. Sistem pendidikannya menggunakan kurikulum yang berfokus pada perkembangan anak sebagai pemelajar seumur hidup.

Ada lho, sebuah buku yang mengupas tentang pendidikan di Finlandia. Buku tersebut berjudul Teach Like Finland karya Timothy D. Walker. Ia adalah seorang guru berkebangsaan Amerika yang tinggal di Finlandia dan mengajar di sana. Berikut lima alasan kenapa buku tersebut layak kamu baca!

Baca Juga: 4 Rekomendasi Drakor tentang Anak Pertama Perempuan Terbaru 2024

1. Diperuntukkan untuk semua kalangan yang peduli dengan pendidikan

ilustrasi pelajar di kelas (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Meski judulnya Teach Like Finland, buku ini tidak hanya diperuntukkan bagi guru atau pendidik. Buku ini juga cocok untuk pemerhati dan pengambil kebijakan dalam bidang pendidikan. Pun untuk mahasiswa yang sedang berkuliah di jurusan pendidikan. Bisa pula untuk orang tua dan semua kalangan yang peduli dengan masa depan pendidikan anak.

Sebab, ada banyak pengetahuan menarik yang bisa kamu peroleh dari buku ini. Timothy D. Walker menuliskan hal-hal menarik dari sistem pendidikan di Finlandia yang dapat kamu pelajari dan praktekkan.

2. Memahami rahasia kesuksesan pendidikan di Finlandia

ilustrasi pelajar di kelas (pexels.com/Max Fischer)

Sebagaimana telah disinggung di awal, siswa-siswi di Finlandia berhasil mencetak skor tertinggi di PISA. Finlandia konsisten menduduki peringat teratas dalam berbagai macam penilaian pendidikan internasional. Apa alasannya? Bagaimana negara tersebut bisa dikenal sebagai negara yang punya sistem pendidikan terbaik di dunia?

Buku ini mengungkapkan jawabannya. Walker menjabarkan bagaimana Finlandia menerapkan sistem pendidikan yang unik, tetapi efektif melahirkan siswa-siswi yang cerdas. Melalui buku ini, kamu akan memahami prinsip-prinsip dasar pendidikan Finlandia yang berbeda dari sistem pendidikan konvensional.

Baca Juga: 5 Tips Memahami Isi Buku dengan Cepat, Mahasiswa Wajib Coba!

3. Menantang paradigma pendidikan

ilustrasi orang belajar bersama (pexels.com/Armin Rimoldi)

Bagaimana pemahamanmu mengenai pendidikan selama ini? Sejumlah poin dalam buku ini akan menantang pemahaman kamu tentang pendidikan yang selama ini kamu yakini. Sebab, Walker sebagai penulis menyajikan perspektif baru tentang cara mengajar dan belajar yang lebih efektif. Cara mengajar dan belajar tersebut merupakan strategi yang telah berjalan lama dalam pendidikan di Finlandia.

Melalui buku ini, kamu akan mengetahui sejumlah fakta menarik, seperti halnya fakta bahwa mayoritas siswa di sekolah Finlandia belajar dalam kelas yang secara sosial bercampur tanpa melihat atau memisah-misahkan kemampuan maupun status ekonomi mereka. Atau fakta bahwa tidak adanya sekolah swasta dan tidak munculnya persaingan antarsekolah membuat semua sekolah harus menjadi sekolah yang baik tanpa menghiraukan di mana mereka berada dan siapa yang mereka layani.

4. Memperoleh inspirasi untuk menjadi guru yang lebih baik

ilustrasi siswa melakukan pembelajaran (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Kalau kamu seorang guru, buku ini amat cocok untuk kamu baca. Sebab, bagi para pendidik, Teach Like Finland adalah sumber inspirasi yang tak ternilai. Walker memberikan contoh-contoh konkret tentang bagaimana seorang guru menerapkan prinsip-prinsip pendidikan Finlandia di kelas mereka. Salah satu prinsip tersebut ialah pentingnya udara segar dalam proses pembelajaran. Hal yang bisa kamu terapkan sebagai guru ialah dengan membuka jendela di kelas untuk memperoleh sirkulasi udara yang baik. Perkara kecil memang, tetapi kenyataannya amat penting dilakukan.

Kemudian, di Finlandia juga, ada sejumlah peraturan yang jelas tentang berapa banyak siswa yang boleh berada di satu ruangan. Hal ini agar siswa benar-benar merasa nyaman di kelas dan memperoleh udara yang segar.

5. Memahami pentingnya kesejahteraan guru

ilustrasi siswa berdiri (pexels.com/Max Fischer)

Buku ini juga menyinggung soal kesejahteraan guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang positif. Ini menjadi isu yang terbilang penting dibahas. Walker berpendapat bahwa guru yang bahagia akan menghasilkan siswa yang sukses.

Maka, guru wajib menyukai profesinya sebagai guru terlebih dahulu. Guru juga perlu merawat dirinya sendiri dengan baik di tengah pekerjaannya mendidik. Saat guru menyukai profesinya dan memiliki hati yang bahagia, pekerjaannya akan membuahkan hasil yang berkualitas.

Rekomendasi buku Teach Like Finland adalah bacaan wajib bagi siapa saja yang tertarik dengan dunia pendidikan, baik itu guru, orang tua, atau pembuat kebijakan. Buku ini menawarkan wawasan maupun pengetahuan yang berharga tentang bagaimana menciptakan sistem pendidikan yang efektif dan berpusat pada siswa. Selamat membaca!

Baca Juga: Sinopsis Film Small Things Like These dan Jadwal Tayangnya

Verified Writer

Riani Shr

Writing for healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya