TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Tips Menjinakkan Emosi Negatif untuk Capai Kedamaian Batin

Yuk, ciptakan kedamaian untuk dirimu!

Ilustrasi menenangkan emosi (pexels.com/Monstera Production)

Siapa yang tak ingin hidup dengan tenang dan damai? Pastinya ketenangan dan kedamaian adalah suatu hal yang diimpikan banyak orang demi menjaga kestabilan emosi dan kebahagiaan mereka. Hidup juga akan terasa menyenangkan jika hal-hal positif mengitari kita, kan. 

Terjalnya kehidupan yang kita jalani tentunya terasa penuh dengan tantangan dan tekanan. Namun, nyatanya emosi negatif bisa dijinakkan kalau kamu punya tiga pemikiran seperti ini. Simak dan terapkan!

1. Jangan terburu-buru untuk membenci

Ilustrasi memiliki hati tulus (pexels.com/William Fortunato)

Tak bisa dipungkiri pasti ada saja hal menyakitkan yang akan kamu terima dari orang lain. Wajar jika kita merespon hal tersebut dengan amarah dan kekecewaan. Tapi, tahukah kamu, kalau hal itu justru akan ber-impact buruk pada kesehatan mentalmu. 

Hal ini dikarenakan perasaanmu terus menopang emosi negatif berupa kebencian tadi. Lama kelamaan pun emosi tersebut akan menjadi racun bagi kesehatan mental bahkan fisikmu. Fokus pikiranmu pun hanya akan tertuju pada hal negatif tersebut kan?

Jadi, yuk, coba belajar sedikit demi sedikit untuk melepaskan beban emosional tersebut. Sebab yang rugi bukan di mereka yang menyakitimu, tapi pada kesehatan mentalmu. 

2. Jangan mudah mencela orang lain

Ilustrasi mencela orang lain (pexels.com/cottonbro studio)

Kalau saja kebencian tadi berhasil kamu redam dan ikhlas untuk melepaskan, maka selamat, pemikiranmu itu berhasil menyelamatkan dirimu. Namun, jika masih saja terpendam bahkan sampai pada tahap mencelanya dihadapan orang lain. Maka kamu, mengambil keputusan yang kurang tepat, nih. 

Sebab kecemasan yang ada di dirimu akan semakin memburuk karenanya. Tak hanya itu, kamu pun akan dicap buruk oleh orang-orang disekitarmu. Karena sikap yang tak terpuji itu pun, hidupmu bisa jadi gak tenang karenanya.

Masalahmu dengan dia juga gak bakalan selesai dengan cara mencela kan? Dengan reaksi bijak kepada orang lain bisa menjadi cerminan bagaimana kita menghargai diri sendiri.

Baca Juga: 5 Tips agar Gak Mudah Terbawa Emosi Negatif Orang Lain

Verified Writer

Angela Aini

Just an introvert

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya